Produk UMKM Dijual Lewat Vending Machine Pintar, Apa Saja yang Ditawarkan?

Oleh Putu Elmira pada 03 Jun 2022, 19:19 WIB
Diperbarui 03 Jun 2022, 19:19 WIB
Smart Vending Machine Sajikan Produk UMKM
Perbesar
CEO Jumpstart Brian Imawan dan Senior Manager Galery Indonesia Blibli Jimmy mencoba membeli produk UMKM pada Smart Vending Machine di East Mall Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (24/05/2022). Blibli dan Jumpstart berkolaborasi meluncurkan vending machine pertama di Indonesia yang menawarkan ragam produk UMKM terbaik binaan Blibli di bawah GDP Ventures. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi berjalan beriringan dengan ragam inovasi yang ditawarkan saat ini. Salah satunya upaya untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang beralih ke bisnis online dengan jumlah besar dalam dua tahun terakhir.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, dukungan pada UMKM ini juga terlihat dari kolaborasi antara platform e-commerce Blibli yang menggandeng Jumsptart. Sinergi keduanya menghadirkan smart vending machine pertama di Indonesia khusus menjual produk UMKM binaan Blibli.

Mesin penjual otomatis tersebut menjadi plarfotm teranyar bagi para pelaku UMKM guna memperluas pemasaran, promosi hingga distribusi produk lebih efisien secara omnichannel. Pelanggan dapat merasakan pengalaman baru dalam membeli produk lokal dengan mengunjungi unit-unit smart vending machine di Grand Indonesia, Jakarta.

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI), jumlah UMKM yang masuk ke ekosistem digital mencapai 19 juta. Jumlah ini meningkat hampir 130 persen setelah pandemi dengan target 30 juta UMKM onboarding digital pada 2024.

Lantas, apa saja produk yang dijual di smart vending machine ini? Pelanggan dapat menemukan produk-produk fesyen, kecantikan, makanan hingga minuman. Kolaborasi ini diapresiasi oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Perluas Akses Produk UMKM

Smart Vending Machine Sajikan Produk UMKM
Perbesar
Pengunjung membeli minuman dengan QRIS pada Smart Vending Machine di East Mall Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (24/05/2022). Blibli dan Jumpstart berkolaborasi meluncurkan vending machine pertama di Indonesia yang menawarkan ragam produk UMKM terbaik binaan Blibli di bawah GDP Ventures. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Teten menyampaikan bahwa kini sinergi lintas industri terkhusus di sektor digital kian dibutuhkan guna meningkatkan kapabilitas UMKM di kanal online. "Maka dari itu, kami mengapresiasi inisiatif dari Blibli dan JumpStart dalam memberikan dukungan peningkatan kapasitas hingga pemasaran terhadap produk-produk UMKM yang kini kian berkualitas," ungkapnya.

Dia berharap sinergi ini dapat memberi manfaat nyata yang berkelanjutan bagi UMKM. "Sekaligus menginspirasi para pelaku industri lainnya untuk bergandengan tangan mendukung kemajuan UMKM yang merupakan agen kebangkitan ekonomi nasional," lanjutnya.

CMO Blibli Edward Kilian S. mengungkapkan bahwa Blibli berkomitmen untuk terus memperluas akses akan produk-produk UMKM terdepan bagi pelanggan. Kolaborasi ini menjadi wujud nyata dari komitmen tersebut.

"Blibli dan JumpStart sebagai perusahaan teknologi memiliki kesamaan visi dalam mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia, dengan ekosistem yang lengkap kolaborasi ini menghadirkan dukungan teknologi, mengakselerasi tingkat adopsi kanal bisnis terkini, khususnya omnichannel yang lebih terintegrasi," jelasnya.


Pengenalan Smart Vending Machine

Smart Vending Machine Sajikan Produk UMKM
Perbesar
Pengunjung membeli kopi dengan QRIS pada Smart Vending Machine di East Mall Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (24/05/2022). Kolaborasi pada gelaran Locale Pop Up merupakan inisiatif mendukung digitalisasi produk lokal dan UMKM Indonesia, termasuk menumbuhkan semangat #BanggaBuatanIndonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Upaya tersebut, dikatakan Edward, sekaligus menegaskan semangat kolaborasi Blibli dalam memajukan UMKM secara berkelanjutan bersama para pemangku kepentingan lainnya. Sedangkan, CEO Jumpstart Brian Imawan menjelaskan JumpStart dan Blibli sama-sama memiliki ekosistem teknologi mumpuni.

Maka dari itu, pihaknya optimis kolaborasi ini diharapkan dapat mendukung digitalisasi produk lokal dan UMKM Indonesia sekaligus menumbuhkan semangat kebanggaan akan produk lokal di hati masyarakat. "Dengan penyebaran 1000 vending machine di Jabodetabek, JumpStart akan mengisi beberapa slot pada tiap vending machine untuk produk UMKM binaan Blibli," terangnya.

Edward berharap vending machine ini dapat dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan awareness, mencapai target pasar, hingga memperkuat product showcase dengan lebih efisien. Blibli telah menggandeng 36 UMKM untuk menghadirkan 180 varian produk lokal terbaik yang bisa langsung didapat pelanggan di vending machine inovatif yang disediakan oleh JumpStart.


Sinergi

Blibli x Jumpstart Vending Machine di Grand Indonesia (Dok. Blibli)
Perbesar
Blibli x Jumpstart Vending Machine di Grand Indonesia (Dok. Blibli)

Blibli juga memaksimalkan jangkauannya yang luas terhadap para pelaku UMKM di Indonesia untuk mengkurasi produk-produk yang ditawarkan untuk menjamin kualitas barang yang diterima oleh pelanggan. Guna memperkenalkan vending machine ini ke masyarakat, Blibli dan JumpStart menggelar Locale Pop Up yang akan berlangsung di Grand Indonesia hingga 12 Juni 2022.

Pengunjung bisa membeli produk-produk UMKM di empat vending machine pertama yang tersedia. Edward menjelaskan ke depannya, Blibli akan mengajak lebih banyak mitra UMKM untuk bergabung dalam inisiatif bersama JumpStart dan menyediakan lebih banyak varian produk terbaik di vending machine inovatif ini.

"Kami pun sangat terbuka untuk menjalin sinergi jangka panjang bersama JumpStart agar manfaat dari inisiatif ini bisa dirasakan oleh UMKM secara lebih luas. Blibli juga berkomitmen untuk terus membuka pintu kolaborasi bersama pemangku kepentingan lainnya dan mengembangkan lebih solusi inovatif bagi UMKM demi memperkuat upaya kami dalam memberdayakan dan memajukan para pelaku UMKM secara berkelanjutan," tutup Edward.

Infografis Nasib Dunia Usaha Diterpa Corona
Perbesar
Infografis Nasib Dunia Usaha Diterpa Corona (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya