Sukses

Di Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II, 3 Anak Kate Middleton dan William Naik Kereta Kuda Bersama

Publik pun menanti penampilan para anggota keluarga kerajaan Inggris, terutama Kate Middleton yang selalu sukses menarik perhatian di Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II selama empat hari, parade militer Trooping the Color tahun 2022 akhirnya kembali digelar dari Istana Buckingham. Acara tersebut dihadiri para anggota keluarga kerajaan Inggris, seperti Kate Middleton, Pangeran William, Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Digelar pada Kamis (2/6/2022) waktu setempat, parade militer Trooping the Colour tahun ini lebih spesial karena bertepatan dengan Platinum Jubilee. Ini adalah perayaan yang menandakan kekuasaan Ratu Elizabeth II genap berusia 70 tahun.

Hal ini menjadikan Ratu Elizabeth II sebagai penguasa Inggris terlama sepanjang sejarah. Trooping the Colour, yang diadakan setiap tahun pada Juni, merupakan parade untuk merayakan hari ulang tahun resmi raja atau ratu Inggris.

Selama dua tahun terakhir, perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth II telah dimodifikasi karena pandemi Covid-19. Hal ini pula yang membuat Trooping the Colour di tahun ini terasa begitu istimewa.

Untuk momen penting ini, seluruh anggota keluarga Kerajaan Inggris tampil spesial. Publik pun menanti penampilan mereka, terutama tampilan Kate Middleton yang selalu sukses menarik perhatian. Melansir Daily Mail, Kamis (2/6/2022) di momen ini, Kate terlihat memukau dalam balutan coat dress rancangan Alexander McQueen.

Untuk melengkapi penampilannya, Kate memadukan coat dress berwarna putih gading itu dengan topi biru laut berornamen putih dari Philip Treacy. Kate Middleton juga memakai anting dan kalung sapphire dan berlian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampil Lengkap

Dalam Trooping the Colour kali ini, Kate naik kereta kuda bersama ketiga anaknya–Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis–didampingi Camilla, Duchess of Cornwall.

Camilla juga terlihat menawan dalam balutan gaun biru muda bergaris. Ia melengkapi penampilannya dengan topi biru mint yang serasi dengan gaunnya. Usai naik kereta kuda, mereka berkumpul bersama di balkon bersama Pangeran William dan Pangeran Charles untuk mendampingi Ratu Elizabeth II.

Ini merupakan kali pertama William dan Kate tampil lengkap bersama ketiga anak nereka di balkon Istana Buckingham. Sang Ratu sendiri terlihat memakai gaun biru muda dan topi berwarna senada. Ia melengkapi penampilannya dengan kacamata, sarung tangan putih dan tongkat warna kuning.

Ratu Ellizabeth II akan menerima penghormatan pasukan di balkon, kemudian muncul kembali kepada khalayak dan menonton parade jet militer.  Penampilan balkon keluarga kerajaan tahun ini dibatasi hanya untuk mereka yang masih memenuhi fungsi kerajaan, yang berarti tidak menampilkan Pangeran Harry dan istrinya Meghan, atau Pangeran Andrew.

3 dari 4 halaman

Kondisi Kesehatan Ratu

Ratu akan terlihat lagi di Istana Windsor, sebelah barat London. Lebih dari 2.800 obor dinyalakan di Istana Buckingham dan di seluruh Inggris, termasuk di atas empat puncak tertinggi, serta di Kepulauan Channel, Pulau Man, dan Wilayah Luar Negeri Inggris lainnya.

Ratu Elizabeth telah merayakan empat tahun Yobel sebelumnya. Pada 1977, ia menandai 25 tahun takhta dengan Silver Jubilee-nya dan merayakan 50 tahun dengan Golden Jubilee-nya pada 2002. Diamond Jubilee pada 2012 menandai 60 tahun dan Yobelnya yang terbaru, Jubilee Sapphire menandai 65 tahun pada 2017.

Acara tahun ini mungkin berbeda dengan Yobel sebelumnya karena mengutamakan kesehatan Ratu. Mengingat usianya yang semakin tua, kemungkinan perayaan kali ini akan sedikit berbeda guna mengutamakan kenyamanan dan kesehatan Ratu.

Belum lagi banyak yang khawatir akan kondisi kesehatan di tengah usianya yang sudah senja, terlebih di tengah pandemi Covid-19. Selama perayaan, pihak kerajaan juga terus berkonsultasi dengan dokter khusus untuk memastikan sang ratu dalam kondisi prima.

 

4 dari 4 halaman

Kebaktian dan Konser

Acara perayaan ini berlangsung selama empat hari mulai 2 Juni hingga 5 Juni 2022 dan menjadi hari libur umum di Inggris. Selama waktu tersebut, Istana Buckingham akan menjadi tuan rumah berbagai acara publik dan pribadi yang akan dihadiri oleh keluarga kerajaan.

Setelah acara Trooping the Colour, agenda dilanjutkan dengan kebaktian Thanksgiving di Katedral St Paul pada 3 Juni 2022. Ada juga Pesta Platinum di Istana dan The Derby di Epsom Downs pada 4 Juni 2022. Terakhir, akan ditutup dengan Kontes Platinum Jubilee dan Makan Siang Jubilee Besar pada 5 Juni 2022.

Selain itu akan digelar konser yang menampilkan beberapa musisi ternama, seperti Queen, band pop Duran Duran, dan penyanyi asal Amerika Serikat, Diana Ross. Selain menghadirkan musisi ternama, perayaan Platinum Jubilee juga akan mengadakan makan siang Jubilee Besar.

Nantinya, ada serangkaian pertemuan yang berfokus pada komunitas dan barbekyu taman. Bahkan, bisa menjadi rekor dunia untuk pesta jalanan terpanjang. Menurut situs web Keluarga Kerajaan, lebih dari 60 ribu orang telah mendaftar untuk mengikuti acara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.