Sukses

5 Penjara di Dunia yang Terlihat Lebih Mewah daripada Kosan Mahasiswa

Penjara kerap kali ditafsirkan sebagai sebuah tempat berlapis jeruji besi yang fasilitasnya ala kadarnya.

Liputan6.com, Jakarta Apa jadinya, jika penjara lebih mewah daripada kosan mahasiswa atau yang kamu tempati sekarang? Punya pikiran buat masuk penjara aja? Jangan deh! Tetap aja kamu akan dicap sebagai pesakitan lho. 

Penjara kerap kali ditafsirkan sebagai sebuah tempat berlapis jeruji besi yang fasilitasnya ala kadarnya. Seolah-olah yang kita lihat, penjara nggak lebih manusiawi dibandingkan kandang ayam. Tapi, ada lho penjara yang masuk dalam kategori mewah. Yang pasti penjara ini bukan di Indonesia ya. Kalaupun ada, itu sebuah anomali!

Dengan adanya fasilitas mewah di dalamnya, negara yang memiliki penjara mewah ini memiliki tujuan untuk merehabilitasi mental narapidana lho! Visioner sekali ya. Nah, apa aja sih penjara mewah tersebut? Langsung dicek di bawah ini ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bastoy Prison, Norwegia

Penjara ini mendapatkan gelar sebagai penjara terbaik di dunia. Selain jadi yang terbaik, penjara ini juga yang paling efektif di dunia. Setiap tahanan dikasih kamar sendiri dan akan berbagi dapur dengan narapidana lainnya.

Para narapidana juga mendapatkan uang saku sekitar 8 dollar sehari untuk berbagai pekerjaan di dalam penjara. Mereka diharuskan bercocok tanam buat bahan makanan, merawat kuda, memperbaiki sepeda, dan memelihara fasilitas yang ada di Pulau Bastoy.

Narapidana di sini juga akan ditawari program pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan keterampilan mereka. Bastoy Prison ini amat menjnjung keadilan dan kemanusiaan dalam penjara. Di sana, kebebasan narapidana nggak terenggut dan perawatan seerta perlindungan yang baik bagi keluarga korban juga dijaga. Keren kan?

3 dari 6 halaman

2. Halden Prison, Norwegia

Kalau kamu lihat dari luar, penjara ini nampak seperti kampus yang mewah. Deretan pohon pinus menghiasi jalanan di Halden Prison. Setiap sel narapidana dilengkapi TV, kulkas, shower, dan furniture yang dijamin di kosan kamu nggak setara dengan yang di sini kualitasnya.

Halden Prison memberikan fasilitas tersebut karena sistem yang ada di sana adalah ingin memberikan kesempatan kedua bagi narapidana buat jadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Penjahat kelas kakap Norwegia terdapat di sini. Tapi, mereka diperhatikan dengan sangat seperti sedang di asrama.

Para narapidana juga diberikan pengetahuan, skill, dan bimbingan. Itu semua memiliki manfaat yang sangat positif supaya ketika mereka bebas, mereka dapat kembali berbaur secara baik di tengah masyarakat.

4 dari 6 halaman

3. JVA Fuhlsbuettel Prison, Jerman

Berlokasi di Hamburg, penjara ini merupakan rumah (bukan sel) bagi narapidana di Jerman. Di dalam sel bagi narapidana, terdapat tempat tidur, sofa, dan kamar mandi pribadi dengan pencahayaan alami yang berlimpah.

Di antara banyaknya fasilitas di JV Fuhlsbuettel, disediakan pula mesin cuci untuk narapidana mencuci pakaian mereka dan akses ruang konferensi dan rekreasi. Wih, yakin deh, pasti berbanding terbalik kan sama kosan kamu yang minim pencahayaan? Kalau pun ada, paling juga cahaya masuk cuma dari lampu yang kurang dari 10 watt.

5 dari 6 halaman

4. HM Prison Addiewell, Skotlandia

Di sini, narapidana akan diberikan 40 jam per minggu untuk membangun keterampilan yang produktif. Penjara yang berlokasi di Addiewel, Skotlandia Selatan ini, merupakan penjara belajar khusus. Penjara ini khusus membantu narapidana agar dapat hidup berdampingan dengan masyarakat dengan cara yang benar dan terarah.

6 dari 6 halaman

5. Champ-Dollon Prison, Swiss

Penjara ini sudah mengalami renovasi total dikarenakan kepadatan narapidana di sana yang berlebihan. Setelah direnovasi, Cham-Dollon menghadirkan sel hunian tiga lapis yang luas dan di dalamnya terdapat kamar mandi pribadi. Tapi, dengan fasilitas yang mewah buat para narapidana, penjara ini juga fokus dalam pengembangan kualitas diri mereka.

Nah, itu dia 5 penjara yang terlihat mewah dan nyaman buat para narapidana. Terlihat lebih mewah dari kosan kamu kan? Ehiya, tapi di Indonesia juga ada lho penjara mewah, cuma ya bukan disediakan dari pemerintah. Tapi dari.... yang empunya uang dan kekuasaan berlebih.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.