5 Tips Simpel dari IKEA untuk Tampilan Dapur dan Ruang Makan yang Estetis

Oleh Asnida Riani pada 30 Mei 2022, 05:02 WIB
Diperbarui 30 Mei 2022, 05:02 WIB
Ikea Metod Laxarby - Dapur Tradisional Skandinavia 0715 2
Perbesar
Ilustrasi dapur rumah. Foto: Dok. Ikea Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Dapur dan ruang makan jadi area di rumah yang seharusnya tidak luput dari elemen estetis. Melampaui semata tempat memasak dan menyantap hidangan, kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktu di area dapur dan ruang makan.

Kedua area tersebut dapat jadi opsi tempat untuk berbincang bersama anggota keluarga, sekadar bersantai, bahkan bekerja. Fungsi-fungsi tambahan ini tentu harus dibarengi dengan kondisi ruangan yang nyaman.

Penataan ruangan nan rapi dapat mendukung suasana tersebut, yang akhirnya membuat penghuni rumah betah berlama-lama beraktivitas di area dapur dan ruang makan. Menciptakan suasana ruangan yang nyaman nyatanya tidak selalu ribet. Berikut beberapa tips dari IKEA dalam keterangan yang diterima Liputan6.combaru-baru ini.

1. Simpan Bahan Makanan dengan Rapi

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam menciptakan dapur dan ruang makan yang lebih nyaman nan tampak estetis adalah menyimpan bahan-bahan makanan dengan rapi di dalam wadah. Jangan lupa memperhatikan jenis makanan yang disimpan.

Wadah berisi bahan makanan yang rentan basi dapat disimpan di dalam kulkas, sementara wadah bahan makanan yang lebih tahan lama dapat ditaruh di rak atau laci dapur. Dengan menyortir dan menaruh bahan-bahan makanan ke dalam wadah, Anda dapat memaksimalkan ruang penyimpanan, sekaligus membuat bahan makanan tidak tercecer.

Selain tampilan yang lebih rapi, bahan makanan juga lebih mudah ditemukan saat dicari bila penataannya teratur. IKEA 365+, yang merupakan tempat makan produksi IKEA dapat jadi solusi untuk menyimpan bahan makanan agar tidak tercecer.

Di samping bahan makanan segar, kontainer berbentuk segi empat ini juga dapat digunakan menyimpan sisa makanan untuk dikonsumsi kembali. Produk ini juga diklaim aman digunakan untuk memanaskan makanan di microwave.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Menata Meja Makan

Peralatan makan
Perbesar
Bikin suasana rumah lebih nyaman dengan menambahkan aksesori ruang terbuka (IKEA)

Bosan dengan meja makan yang begitu-begitu saja? Anda bisa membuatnya semakin estetis bak restoran bintang lima hanya dengan taplak meja. Catatannya, Anda perlu menyesuaikan corak taplak dengan warna meja dan desain interior area dapur secara keseluruhan.

Pastikan pola taplak tidak bertabrakan dan tetap enak dipandang. Taplak meja polos berwarna monokrom, krem, dan cokelat dapat jadi pilihan yang aman dalam mendekorasi meja makan agar lebih menarik, namun tidak terkesan berlebihan.

Taplak meja IKEA, MÄRIT yang berwarna krem dapat jadi elemen dekorasi yang tepat di meja makan. Warnanya yang netral dapat lebih mudah dipadukan dengan berbagai warna meja. Anda juga dapat memadukan MÄRIT dengan taplak meja besar berwarna putih atau hitam.

Tidak hanya dekoratif, warna taplak meja cantik ini juga tahan lama berkat proses pembuatan yang mencelupkan benang ke dalam warna.


3. Pakai Wadah Cuci

Perabotan dapur
Perbesar
Perabotan dapur dari IKEA. (dok. IKEA)

Apakah Anda sering merasa malas mencuci piring dan membiarkannya tertumpuk di tempat cuci piring? Jika dibiarkan terlalu lama, kebiasaan ini dapat menimbulkan sarang bakteri. Wadah cuci dapat mempermudah aktivitas mencuci piring.

Tidak hanya piring, wadah cuci juga dapat digunakan untuk mencuci bahan makanan saat memasak. GRUNDVATTNET, wadah cuci dari IKEA diklaim dapat membantu menghemat air karena dengan mencuci piring di wadah cuci, Anda tidak membiarkan air terus mengalir.

IKEA
Perbesar
Produk rangkaian mangkuk makan ENTUSIASM dari IKEA. (dok. IKEA)

4. Sajikan dengan Mangkuk Estetis

Mendukung suasana yang lebih anggun, Anda dapat memilih alat makan yang sesuai dengan tema dan warna meja makan. Jika memakai taplak meja makan dengan warna polos, Anda dapat menggunakan mangkuk bermotif dalam menyajikan hidangan berkuah untuk menambah warna di dapur.

Produk ENTUSIASM dari IKEA dapat menambah koleksi mangkuk cantik di ruang makan. Produk ini terbuat dari porselen feldspar, sehingga tidak mudah pecah sekaligus ringan.


5. Lampu Kabinet

IKEA
Perbesar
Lampu kabinet untuk menambah suasana dapur yang estetis. (dok. IKEA)

Pencahayaan jadi salah satu elemen yang perlu diperhatikan dalam mendekorasi area dapur dan ruang makan. Kegiatan memasak membutuhkan pencahayaan yang terang, terutama dalam memotong bahan makanan agar aman.

Selain pencahayaan natural dari sinar matahari, Anda perlu menggunakan pencahayaan arsitektur di malam hari. Dalam hal ini, Anda dapat mengombinasikan lampu sorot dengan lampu dekoratif seperti lampu gantung untuk membuat area dapur lebih terang sekaligus estetis.

Selain itu, Anda bisa menambah pencahayaan pada lemari atau kabinet. Lampu kabinet LED dari IKEA, URSHULT, dapat jadi salah satu pilihan. Teknologi lampu LED yang digunakan cenderung lebih hemat energi dan diklaim tahan lama.

Mid Year Sale IKEA kini diperpanjang dengan harga yang lebih hemat, bahkan hingga 80 persen. Promo ini dapat Anda nikmati dari 19--29 Mei 2022 untuk pembelian berbagai furnitur dan produk dekorasi rumah lain. Produk-produk di atas juga masuk ke dalam kategori promo Mid Year Sale.

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan
Perbesar
Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya