10 Fakta Sungai Aare Swiss, Lokasi Anak Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus

Oleh Asnida Riani pada 27 Mei 2022, 08:45 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 15:55 WIB
Foto Emmeril Kahn
Perbesar
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok.instagram@fatih_indonesia/https://www.instagram.com/p/BxU0QrfHTc5/)

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa nahas melanda keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Anak sulung mereka, Emmeril Kahn Mumtadz, dilaporkan terseret arus Sungai Aare di Bern, Swiss ketika berenang pada Kamis siang, 26 Mei 2022, waktu setempat.

Perwakilan keluarga Emil, sapaan akrabnya, Elpi Nazmuzaman, mengungkap bahwa keluarga saat itu sedang berada di Swiss guna mencari sekolah untuk Eril, begitu ia biasa disapa, yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Saat kejadian, mantan Wali Kota Bandung itu sedang berada di Inggris untuk kegiatan pemerintahan bersama delegasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

"Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun, pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi," Elpi mengatakan dalam keterangan yang dilaporkan kanal Global Liputan6.com. Hingga informasi ini disampaikan, pencarian sudah berlangsung selama enam jam, tepatnya pada Kamis, 26 Mei 2022, pukul 23.00 WIB.

"Kronologinya, Eril berenang di Sungai Aare, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya," ia memaparkan, sambil menyebut kondisi cuaca saat itu cerah.

Sungai Aare sendiri bukan lokasi asing bagi warga lokal maupun turis. Mengutip situs web Kota Bern, Jumat (27/5/2022), berikut sederet fakta sungai tersebut.

1. Sungai Terpanjang di Swiss

Dengan panjang 288 kilometer, Aare adalah sungai terpanjang yang mengalir sepenuhnya di Swiss. Sepanjang rutenya, ia bertemu dengan banyak desa dan kota, juga berkelok-kelok melalui berbagai lanskap yang mengesankan.

"Sungai Aare bermuara di gletser Aar Bawah dan Atas di Bernese Oberland, kemudian melintasi tiga kanton Bern, Solothurn, dan Aargau, serta empat danau: Danau Brienz, Thun, Wohlen dan Biel. Rutenya ke utara berakhir di Koblenz, di mana ia memasuki Rhine," begitu keterangan yang tertulis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Catatan Keamanan

Ridwan Kamil
Perbesar
Para pemuda berenang di Sungai Aare, lokasi putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, dilaporkan terseret arus. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Lebih lanjut pihaknya menulis, "Sangat penting untuk memiliki rasa hormat terhadap Sungai Aare dan memberi tahu diri Anda tentang kemungkinan risiko sebelumnya. Berenang di Aare direkomendasikan hanya untuk perenang berpengalaman."

"Swiss Lifesaving Society (SLRG) dan (pemerintah) kota Bern memberi tip penting bagi semua orang yang menghabiskan waktu di Sungai Aare," mereka melanjutkan. "Penduduk Bern dengan senang hati membantu menjawab pertanyaan tentang titik masuk dan keluar, serta tips untuk pengalaman tidak terlupakan di (Sungai) Aare."

3. Warisan Budaya Takbenda Swiss

Sejak 2017, berenang di Sungai Aare telah masuk dalam daftar tradisi UNESCO dan karenanya merupakan bagian dari warisan budaya takbenda Swiss. Kantor Kebudayaan Federal Swiss memutuskan kegiatan mana yang diklasifikasikan sebagai "tradisi hidup." Daftar tersebut mencerminkan keragaman budaya Swiss dan telah secara aktif dipertahankan dan diperluas sejak 2012.

4. Tidak Hanya untuk Berenang

Rekor dunia untuk arung jeram Sungai Aare dibuat di Bern pada 2012, ketika total 1.268 orang secara bersamaan mengarungi sungai tersebut dengan perahu karet, dari Kiesen ke Eichholz. Seluruh operasi diprakarsai portal rekreasi online Gonnado, dan jumlah total peserta melebihi rekor tahun sebelumnya, yaitu 54 orang.


5. Berenang Bersama Anjing Peliharaan

Sungai Aare
Perbesar
Pemuda melompat untuk berenang di Sungai Aare, lokasi putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, dilaporkan terseret arus. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Di Eropa, hari-hari musim panas biasanya disebut sebagai "Hundstage" (hari anjing). Di Bern, istilah ini dipraktikkan secara harfiah. Pasalnya, bukan hanya orang yang menyejukkan diri di air Sungai Aare, tapi juga teman setia mereka yang berkaki empat sering terlihat berenang: anjing dengan jaket pelampung, anjing dengan papan selancar, dan anjing yang digendong.

6. Lokasi Tradisi Zibeleschwümme

Sejak 1986, SLRG telah menyelenggarakan Zibeleschwümme tradisional pada hari Minggu keempat bulan November, tidak lama sebelum Zibelemärit (pasar bawang) tradisional terselenggara. Sekitar 100 perenang berpakaian warna-warni berani ambil bagian, dengan suhu air di Sungai Aare yang sedingin es, mencapai maksimal enam derajat celcius.

Setelah berenang, mereka pun menghangatkan diri dengan suara karnaval "musik Guggen," teh panas, dan sup. Rute dimulai di Schönausteg dan mencakup total 350 meter.

7. Sumber Tenaga Kereta Gantung

Dengan panjang hanya 105 meter, Marzilibhan adalah kereta api kabel umum terpendek di Swiss. Ini menghubungkan distrik Marzili di sebelah Sungai Aare dengan Gedung Parlemen dan pusat kota Bern. Diluncurkan pada 1885, transportasi umum ini ditenagai air sampai tahun 1973.

Di stasiun puncak, satu tangki di bawah kabin diisi air dari aliran kota. Karena beratnya, kereta yang menuju ke bawah menarik kereta yang menunggu di bawah, bersama penumpangnya. Saat ini, listrik menggerakkan kereta gantung hingga ketinggian 31 meter.


8. Kualitas Air Luar Biasa

Foto Emmeril Kahn
Perbesar
Foto Emmeril Kahn (dok.instagram@emmerilkahn/https://www.instagram.com/p/BX1qNO8FN5T/)

Jika secara tidak sengaja menelan air saat berenang di Sungai Aare, pengunjung disebut tidak perlu khawatir, mengingat Aare memiliki kualitas air yang sangat baik. Hal ini telah dikonfirmasi sampel air, yang menempatkan Sungai Aare dalam kategori "kualitas sangat baik” Uni Eropa pada 2016.

9. Ikan Terkenal di Pemandian Sungai Lorraine

Banyak ikan dapat ditemukan berkeliaran di pemandian Sungai Lorraine, yang mana mereka memasuki kolam dari Sungai Aare melalui pintu air. Antara lain ada ikan tenggeran, ikan tombak, dan ikan mas. Tapi, ikan-ikan tersebut dilaporkan tidak menggigit dan lebih suka menjauhi perenang.

10. Aare Loop – Mengambang dalam Lingkaran

Jika sudah tahu rute antara Eichholz dan Marzili, ada sesuatu yang direkomendasikan pada para pengunjung. Setelah melewati pemandian Sungai Lorraine, Sungai Aare mengalir ke Felsenau dan membuat lingkaran di sekitar Semenanjung Bremgarten.

Baik berenang atau mengambang di atas rakit, pantai pasir kecil di Restaurant Zehndermätteli menawarkan tempat yang sempurna untuk memasuki Sungai Aare. Setelah perjalanan 20 menit (durasi tergantung pada ketinggian air dan arus) pengunjung akan mencapai terowongan pejalan kaki sepanjang 200 meter. Hanya lima menit berjalan kaki untuk mencapai titik awal.

Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya