10 Makanan Pengganti Nasi ala Dewi Sandra, Berat Badan Turun sampai 9 Kg

Oleh Henry pada 27 Mei 2022, 05:02 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 05:02 WIB
[Bintang] Dewi Sandra
Perbesar
Syuting film Ayat-Ayat Cinta 2 (Adrian Putra/bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun 2022 jadi momen penting buat Dewi Sandra. Kali ini bukan tentang proyek terbaru di dunia musik maupun akting. Aktris berhijab ini mulai menjalankan program diet demi tubuh lebih sehat dan mendapatkan berat badan ideal.

Tak sendiri, Dewi Sandra mendapat bantuan dari sorang dokter ahli gizi agar dietnya sukses dan berjalan dengan baik. "So im am currently 64 kgs (jadi timbanganku baru-baru ini 64 kg) yang artinya overweight (kelebihan berat badan), menurutku timbangannya yang rusak! the goal is to get to 55 kgs (tujuannya bisa jadi 55 kg) dalam 2 bulan. Insyaa Allah," tulisnya di Instagram Stories miliknya.

Walaupun zaman sekarang cukup mudah mendapatkan katering khusus diet, Dewi lebih memilih memasak sendiri. Menu dietnya bisa dipastikan sehat karena rendah kalori, tinggi nutrisi, dan bebas dari bahan olahan.

Salah satu kunci sukses diet pemain film Air Mata Surga ini adalah dengan menghindari nasi, terutama nasi putih. Ia tidak lagi mengonsumsi nasi selama menjalani diet.

Dewi tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat hariannya dengan mengonsumsi makanan pengganti nasi yang lebih sehat. Tak hanya untuk memenuhi karbohidrat hariannya, makanan-makanan pengganti nasi pilihannya juga membuat tubuh tetap mendapat energi.

Hasilnya sudah mulai terlihat. Berat badannya sudah turun sampai sembilan kilogram sampai saat ini. Lalu, apa saja makanan pengganti nasi yang biasa dikonsumsi pemilik nama lengkap Dewi Sandra Killick ini?

Dilansir dari akun Instagram miliknya, berikut 10 bahan pengganti nasi ala Dewi Sandra yang dikonsumsinya selama menjalani diet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Kentang

Makanan Pengganti Nasi ala Dewi Sandra, Berat Badan Turun sampai 9 Kg
Perbesar
Makanan Pengganti Nasi ala Dewi Sandra, Berat Badan Turun sampai 9 Kg.  foto: Instagram @dewisandra

Dewi Sandra kerap memilih aneka umbi-umbian untuk dijadikan pengganti nasi, salah satunya kentang. Dilansir dari livestrong.com, kentang ini alternatif makanan yang lebih sehat dibanding nasi. Itu karena kentang memiliki berbagai zat gizi makro, rendah kalori, rendah lemak, dan tinggi serat.

Kentang kaya akan senyawa seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik yang bertindak sebagai antioksidan untuk menetralkan zat berbahaya sebagai radikal bebas. Penelitian menemukan bahwa antioksidan yang ada dalam kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

2. Terung

Kita mungkin lebih sering mengonsumsi terung sebagai salah satu lauk yang disantap bersama nasi. Tapi terung ternyata bisa jadi pilihan makanan pengganti nasi terbaik. Karena itu, Dewi juga memilih terung sebagai pengganti nasi.

Terung ini tinggi antioksidan untuk mencegah kerusakan sel tubuh dan proses pembakaran lemak. Selain itu, terung juga punya polifenol buat mencegah kenaikan kadar gula, sehingga tetap aman buat penderita diabetes.

3. Wortel

Dewi biasanya menyantap wortel yang dipotong kecil-kecil buat ditumis bersama telur. Banyak mengonsumsi wortel saat diet terbukti ampuh turunkan bobot tubuh. Pasalnya, makanan ini sangat tinggi nutrisi seperti serat dan vitamin.

Sayuran ini pun terkenal karena khasiatnya yang dapat menjaga kesehatan mata, sebab, di dalam wortel mengandung Beta-Carotene atau senyawa aktif Vitamin A. Wortel juga membantu mengurangi kadar kolesterol, terutama kolesterol LDL dalam darah.


4. Kembang kol

Makanan Pengganti Nasi ala Dewi Sandra, Berat Badan Turun sampai 9 Kg.
Perbesar
Makanan Pengganti Nasi ala Dewi Sandra, Berat Badan Turun sampai 9 Kg. foto: Instagram @dewisandra

Kembang kol sepertinya jadi menu pengganti nasi yang populer di kalangan banyak orang, tak terkecuali Dewi Sandra. Ia suka membuatnya jadi nasi goreng dengan campuran sayur lain dan aneka protein hewani.

Kembang kol sangat rendah kalori dan karbo. Walaupun dikonsumsi buat makan malam pun, kembang kol ini tetap ampuh dukung penurunan berat badan. "Nasi goreng hanya saja nasinya di ganti sama kembang kol," tulis Dewi di Instagram Stories.

5. Ubi Ungu

Dibanding nasi, ubi ungu ini punya serat jauh lebih banyak. Dewi biasa merebusnya jadi makanan sehari-hari saat diet. Selain tinggi serat, ubi ungu juga punya antioksidan yang bisa bantu membakar lemak dan turunkan berat badan secara alami. Manfaat ubi ungu juga bisa didapat dengan mudah. Ubi ungu bisa diolah menjadi beragam makanan lezat. Plus, warna ungu yang dimilikinya memberi tampilan yang menarik.

6. Asparagus

Asparagus juga biasa jadi pengganti nasi dan bisa disantap bareng sumber protein dari jamur dan telur. Asparagus ini cocok jadi pengganti nasi karena tinggi serat, rendah kalori, dan tinggi kandungan air.

Asparagus mengandung asam amino asparagine tingkat tinggi, sehingga menjadikannya diuretik alami.Artinya, dengan mengonsumsinya dapat membantu membuang kelebihan cairan dan garam dari tubuh Anda, yang dapat membantu mencegah ISK (Infeksi Saluran Kemih).


7. Tomat

Tomat
Perbesar
Ilustrasi Tomat Credit: pexels.com/Jess

Tak jarang, Dewi juga memilih tomat buat disantap bareng sayuran lain dan sumber protein. Dilansir dari timesofindia, tomat memiliki serat larut dan tak larut yang keduanya bagus buat menurunkan berat badan. Cara kerjanya yakni dengan memberi makan bakteri baik pada pencernaan dan mencegah nafsu makan berlebih. 

8. Nasi shirataki

Dewi juga mendapat anjuran dari dokternya buat menghindari nasi dan sesekali menggantinya dengan shirataki. Nasi ini terbuat dari akar konnyaku yang mengandung glukomanan, yaitu serat alami yang larut di dalam air.

Bentuknya kecil dan bening sehingga memiliki cita rasa yang berbeda dengan jenis nasi lainnya. Nasi shirataki sendiri terasa seperti jelly yang dicampurkan ke dalam lauk pauk. Nasi ini juga disebut sangat rendah kalori dan rendah karbohidrat. "Nasi diganti ubi-ubian atau shirataki," ucap wanita 42 tahun ini dilansir dari Instagram Stories.

9. Bayam

Selain tomat, Dewi biasa melengkapinya dengan bayam. Bayam ini rendah karbohidrat, sehingga bisa dikonsumsi tanpa takut berat badan naik. Kadar seratnya yang tinggi terbukti ampuh menurunkan berat badan secara sehat.

10. Quinoa

Dewi sesekali mengonsumsi quinoa untuk menggantikan nasi. Quinoa adalah sejenis tanaman biji-bijian yang teksturnya menyerupai kacang, berbentuk pipih dan sedikit lonjong, serta biasanya berwarna kuning pucat.

Rasanya pun bervariasi, mulai dari pahit hingga manis. Quinoa ini bebas gluten yang baik buat jantung dan kelancaran pencernaan. Quinoa juga bisa tingkatkan metabolisme tubuh buat mempercepat proses pembakaran lemak.

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya