Bus AKAP Sajikan Banyak Pilihan Makanan untuk Perjalanan Lebih dari 12 Jam

Oleh Henry pada 22 Mei 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 11:30 WIB
Puncak Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan
Perbesar
Pemudik membawa barang mereka seusai turun dari bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (23/5/2021). Hingga sore ini pemudik dari kota di Jawa Barat, Tengah, Timur, dan Sumatera terus berdatangan di Terminal Kampung Rambutan. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu moda transportasi umum untuk perjalanan jauh adalah bus. Biasanya bus antar provinsi memiliki fasilitas yang berbeda-beda satu sama lain, termasuk soal makanan.

Sebuah PO (Perusahaan Otobus) bus sedang menjadi sorotan lantaran memberikan banyak makanan ke penumpangnya. Hal ini seperti yang tampak dalam unggahan akun Twitter @BisKota_.

Dalam unggahan pada 19 Mei 2022 itu, seorang warganet mengulas bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang ia tumpangi yakni 27 Trans. Bus itu memiliki rute Malang - Surabaya dengan tujuan Jakarta - Bogor - Tangerang.

Menempuh perjalanan lebih dari 12 jam, bus ini menyediakan paket makanan untuk para penumpangnya. Isinya ternyata cukup komplet.

Penumpang akan mendapatkan rice box, makan di rest area, snack box, air mineral 600 ml, Pop Mie, kopi, dan teh. Bus ini menjalankan 3 kelas pelayanan yaitu President Class, Executive Class, dan Urban Class.  Perbedaan kelas ini terdapat pada kursi jumlah penumpang, dan makanan yang didapat.

Untuk harga tiket mulai dari Rp340 ribu sampai Rp410 ribu tergantung tujuan dan titik keberangkatan serta kelas yang dipilih.  Pemesanan juga bisa dilakukan dengan langsung datang ke agen atau secara daring melalui aplikasi Online Travel Agent (OTA).

Kursi bus ini juga cukup lega dan tak membuat tubuh terlalu lelah. Penumpang juga mendapatkan bantal serta selimut untuk menambahkan kenyamanan. Cuitan ini lantas menarik banyak perhatian warganet.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gratis Makan 2 Kali

Bus AKAP Sajikan Banyak Pilihan Makanan untuk Perjalanan Lebih dari 12 Jam
Perbesar
Bus AKAP Sajikan Banyak Pilihan Makanan untuk Perjalanan Lebih dari 12 Jam.  foto; Twitter @BisKota_

Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Kursi favorit di 27 Trans bagian belakang sendiri biar dekat sama smoking room. Gratis makan 2 kali, sekali rumah makan dan sekali saat perjalanan. Gratis kopi, teh, pop mie, Energen sepuasnya lengkap dengan smoking room dan toilet. President class seat 2-1," komentar seorang warganet.

"Gue naik 27 Trans pertama kali ke Malang karena nggak mau naik kereta ekonomi wkwk. Eh nggak tahunya lebih enak dan lebih cepet, nggak mau naik kereta lagi. Snack dapet, Pop Mie tinggal bikin, bisa ngerokok," timpal warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, cuitan soal fasilitas makanan di bus tersebut sudah disukai lebih dari 13 ribu kali.

Bus AKAP masih menjadi primadona bagi para wisatawan yang ingin bepergian lewat jalur darat. Selain harga tiket yang bersahabat, bus kerap dipilih karena waktunya lebih fleksibel dibandingkan menumpang kereta.

Penumpang juga bisa memilih tipe bus yang ingin ditumpangi untuk mendapatkan fasilitas yang diinginkan. Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipahami, khususnya bagi Anda yang pertama kali naik bus AKAP.


Tips Naik Bus AKAP

Bus listrik dari DAMRI bermuatan 20 orang, diujicoba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (25/11/2021)
Perbesar
Bus listrik dari DAMRI bermuatan 20 orang, diujicoba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (25/11/2021) (dok: Pramita)

Dikutip dari unggahan Instagram Damri @damriindonesia, ada lima tips yang bisa Anda lakukan agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

1. Selalu Waspada

Saat menaiki moda transportasi apa pun termasuk bus, Anda harus selalu waspada. Apalagi, buat Anda yang pertama kali naik bus, jangan pasang wajah bingung dan gelisah sebab bisa jadi celah bagi para pelaku kejahatan untuk bertindak.

Ada baiknya Anda tetap tenang dan berada di lokasi yang ramai, seperti warung atau tempat menunggu bus. Anda juga bisa mencari petugas berwenang jika ingin memastikan jadwal keberangkatan Anda atau bus mana yang harus dinaiki.

2. Bawa Barang Seperlunya

Membawa barang terlalu banyak saat bepergian keluar kota ataupun keluar provinsi merupakan hal yang sebisa mungkin untuk dihindari. Selain menyulitkan terutama bagi yang bepergian sendirian, hal ini juga bisa menjadi pemicu terjadinya kejahatan di dalam terminal.

Bawalah barang secukupnya yang memang Anda rasa perlu untuk menunjang keseharian Anda di kota tujuan. Jika memang harus membawa banyak barang, Anda sebaiknya tidak bepergian sendiri.


3. Berbaur dengan Penumpang Lain

Terminal Kalideres
Perbesar
Petugas membersihkan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) beristirahat di Terminal Kalideres, Jakarta, Senin (26/4/2021). Pemerintah memperpanjang masa larangan mudik Lebaran yaitu mulai dari 22 April hingga 24 Mei 2021. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kalau Anda bepergian sendirian dan memilih tipe kursi dengan konfigurasi bus 2-2, Anda kemungkinan besar akan bertemu dengan penumpang lain. Nah, karena perjalanan menggunakan bus AKAP adalah perjalanan yang cukup lama, tak ada salahnya untuk sekadar berkenalan atau berbaur dengan penumpang lain.

4. Tahu Lokasi Loket Bus atau PO yang Digunakan

Tips penting lainnya adalah Anda wajib untuk mengetahui loket bus atau Perusahaan Otobus (PO) yang akan digunakan. Tak ada salahnya untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai PO atau jadwal keberangkatan bus tujuan Anda. Selain bisa memudahkan perjalanan Anda, hal ini juga agar Anda tidak bingung saat menuju terminal bus.

5. Pilih Tempat Duduk yang Sesuai

Tips terakhir agar perjalanan naik bus Anda aman adalah dengan memilih tempat duduk yang sesuai. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jika lebih nyaman bepergian sendirian, Anda bisa memilih bus dengan konfigurasi 2-1 atau 1-1.

Jika punya bujet lebih, Anda juga bisa memilih bus dengan kelas 'sleeper seat' yang menawarkan privasi dan kenyamanan yang lebih. Anda juga bisa memilih tempat duduk yang membuat Anda nyaman di perjalanan.

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia
Perbesar
Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya