Sukses

Eksperimen Masak Telur Dadar Dicampur Buah Naga

Selain telur dadar dicampur buah naga, keberadaan nugget rebus juga tidak kalah mengagetkan.

Liputan6.com, Jakarta - Telur dadar tentu bukan lauk yang asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Tapi, sensasi memasaknya bisa jadi sama sekali berbeda ketika digabungkan dengan buah naga. Atau, setidaknya itulah yang beredar di jagat maya, baru-baru ini.

Ini dibagikan pengguna Twitter bersifat anonim di akun sharing @convomfs, Jumat, 20 Mei 2022. "Status WhatsApp teman aku," tulis pengguna tersebut sambil memperlihatkan foto sepiring nasi dengan lauk nugget rebus, serta telur dadar dengan semburat merah menyebar di seluruh bagian.

"Nih lihat, telur dadar dan buah naga. Resep aku, jadi aman dan nugget rebus," tulis keterangan WhatsApp yang dimaksud.

Meski sederhana, eksperimen masak telur dadar campur buah naga ini memancing emosi warganet. Tidak sedikit yang menyebut manusia semakin hari semakin aneh, karena sering menggabungkan dua makanan yang dianggap tidak lazim.

Salah satnunya menulis, "Emang benar orang-orang makin enggak waras." Sementara ada juga yang berkomentar, "Sekte mana lagi sih ini? Orang sekarang enggak pada bisa hidup normal aja gitu ya?"

"Kegerahan" warganet ini tentu bukan tanpa alasan. Sebelum ini, kombinasi makanan tidak biasa acap kali muncul dan membuat bergidik. Sesarannya pun tidak hanya telur dadar, namun juga makanan umum lainnya, seperti nasi goreng.

Tidak hanya di Indonesia, nasi goreng memang telah jadi comfort food banyak orang di seluruh dunia. Saking familiar, tidak sedikit yang bereksperimen untuk mendapat cita rasa sedikit berbeda dari sajian tersebut.

Percobaan ini terkadang hanya bersifat minor, tapi beberapa menjajal langkah lebih ekstrem, dan mengubah tidak hanya nasi goreng secara visual, namun juga cita rasa secara drastis. Salah satunya adalah seorang warganet yang memasak nasi goreng menggunakan bubuk Milo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eksperimen Masak Nasi Goreng

Susu bubuk cokelat tersebut, sebagaimana diketahui, bercita rasa dominan manis, sehingga membuat banyak pengguna terheran ketika dikombinasikan dengan nasi dan bahan-bahan lain dari nasi goreng. "Nasi goreng milo, Anda memintanya, Anda mendapatkannya!" tulis akun TikTok @ewjeans dalam bahasa Inggris pada unggahan Februari 2022.

Dalam video berdurasi 32 detik itu, ia memperlihatkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi goreng Milo. Tampak di sana nasi putih, potongan kacang panjang, bawang merah dan bawang putih cincang, serta satu saset Milo.

Selanjutnya, rekaman tersebut memperlihatkan proses memasak. Dimulai dengan menuangkan sedikit minyak goreng, disusul bawang putih, kemudian bawang merah yang ditumis.

Kemudian, potongan kacang panjang, dan nasi sebagai bahan utama pun dimasukkan. Ia juga menambahkan satu butir telur yang sebelumnya telah dikocok lepas, yang kemudian diaduk rata dengan bahan-bahan lain yang sudah dimasak sebelumnya.

Hingga akhirnya bubuk Milo ditambahkan ke nasi goreng yang tengah dimasak. Itu pun diaduk rata, membuat nasi goreng yang semula berwarna kekuningan berubah jadi cokelat sepenuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Nasi Goreng Bubuk Kopi

Di klip tersebut, ia hanya menyuap satu sendok nasi goreng, tanpa memberikan komentar. Unggahan ini tidak pelak mengundang berbagai komentar. "Sekte mana lagi ini?" komentar seorang pengguna.

Sementara beberapa menyebut bahwa setelah dimasak, nasi goreng Milo itu tidak dimakan, namun langsung dibuang. Komentar-komentar ini tidak ditanggapi si pengunggah video.

"Gue suka Milo sih, tapi enggak begini juga," komentar warganet, sementara yang lain menulis, "Enggak enak, udah coba." "Kecap manis padahal murah lho kalo emang mau manis," ada juga yang menimpali demikian.

Tidak berhenti di situ. Setelah Milo, TikToker Singapura itu kembali memenuhi julukannya sebagai "master nasi goreng beragam rasa." Lewat video yang diunggah, masih di bulan Februari 2022, ia membagikan resep nasi goreng bubuk kopi.

"Here’s one for all the coffee lovers! (Ini sebuah (resep nasi goreng) untuk semua pecinta kopi)," tulisnya sebagai keterangan unggahan tersebut.

Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 500 ribu kali saat artikel ini ditulis, ia mulai mengolah hidangan tersebut dengan menumis semua bahan dasar untuk nasi goreng. Ini termasuk bawang bombai, bawang merah, bawang putih, nasi, dan telur.

4 dari 4 halaman

Bawa-Bawa Uncle Roger

Ia memasak dengan keterampilan menggoreng yang cukup mengesankan bagi beberapa warganet. Setelah itu, ia menambahkan bahan khusus di resep nasi goreng ini: bubuk kopi Nescafé Gold. Itu seketika mengubah nasi goreng jadi berwarna cokelat pekat.

"Can cook this for valentines dinner (Bisa dimasak untuk makan malam hari Valentine)," tulisnya dalam komentar lanjutan. Warganet menanggapi saran itu dengan menulis, "Apakah kamu mau kami putus saat makan malam?"

"You're asian? You want me to call uncle Roger????? (Kamu orang Asia? Kamu mau aku panggilkan paman Roger?)" komentar pengguna lain yang dibalas si pemilik akun dengan menulis, "Summon him (Panggilkan ia)."

Uncle Roger merupakan nama panggilan komedian Malaysia-Tiongkok, Nigel Ng. Ia menarik perhatian pada 2020 lalu ketika mengomentari acara memasak di BBC yang dibawakan chef Hersha Patel, perempuan berkebangsaan Inggris-India, yang saat itu ia menggarisbawahi "dosa besar" memasak nasi goreng.

Sementara, komentar-komentar di unggahan resep nasi goreng bubuk kopi tetap riuh. Salah satunya mengaku "pusing hanya dengan melihat ini," sedangkan ada juga yang meminta si pemilik akun mencukupkan kreasi resep nasi gorengnya. "Sharing is caring (Berbagi berarti peduli)," katanya membalas komentar itu.

"Blink if you're fine (Berkedip jika kamu baik-baik saja)," imbuh yang lain, dan dijawab dengan emoji orang berkedip oleh pemilik akun. Beberapa tentu mengungkit kembali kehebohan resep nasi goreng bubuk Milo tempo waktu. "Who hurt you bro? (Siapa yang menyakitimu?)" komentar seorang pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.