Arief Muhammad Didapuk Jadi Duta Nasi Padang

Oleh Asnida Riani pada 21 Mei 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 13:28 WIB
Arief Muhammad Didapuk Jadi Duta Nasi Padang
Perbesar
Arief Muhammad didapuk jadi duta nasi padang. (dok. Instagram @ariefmuhammad/https://www.instagram.com/p/CdxsENfpcgo/)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat viral karena debat "cara makan nasi padang yang benar," Arief Muhammad melangkah ke titik baru. Pasalnya, influencer sekaligus YouTuber tersebut telah secara resmi didapuk sebagai duta nasi padang.

"Alhamdulillah, selesai juga hajatan hari ini. Bangga sekaligus terharu dengan sambutan luar bisa dari Pemprov SUMBAR, khususnya Pak Wagub, Abang @joinaldy," tulisnya dalam sebuah unggahan di Instagram pribadi, Jumat, 20 Mei 2022. "Mulai dari tari-tari penyambutan, pencak silat, sampai makan bajamba."

Ia menyambung, "Per hari ini, saya resmi diangkat menjadi DUTA NASI PADANG. Bangga sekaligus beban karena di akhir acara, Abang @joinaldy memberi challenge untuk terus mempromosikan Sumatera Barat ke depannya. Tantangan ini akan saya jawab dengan berdedikasi untuk membuka…"

Bersama keterangan tersebut, Arief juga berbagi fotonya menerima piagam penghargaan yang menyatakan dirinya jadi duta nasi padang tertanggal 20 Mei 2022. Sekitar seminggu lalu, ia lebih dulu bikin gempar jagat maya karena memajang surat undangan dari Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy.

"Kenapa lagi ini?" goda Arief di keterangan unggahan.

Melanjutkan narasi yang terputus dari keterangan unggahannya, kanal Showbiz Liputan6.com melaporkan, Arief ternyata ditantang membuka rumah makan padang. Tantangan ini pun disebut membuatnya terjebak di antara dua perasaan: kaget dan bahagia.

"Insya Allah saya berusaha yang terbaik setelah menerima kepercayaan ini," Arief Muhammad mengatakan terkait penunjukan dirinya sebagai duta nasi padang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Putra Minang

Arief Muhammad dan Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy. (Foto: Dok. Koleksi Pribadi Arief Muhammad)
Perbesar
Arief Muhammad dan Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy. (Foto: Dok. Koleksi Pribadi Arief Muhammad)

Di sisi lain, Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy menilai Arief Muhammad adalah influencer sekaligus pebisnis terkenal yang merupakan putra asli Payakumbuh. Karena itu, ia terang-terangan menantang Arief membuka rumah makan padang.

Dengan popularitas dan pengaruh Arief, Audy percaya citra Padang sebagai destinasi wisata dan salah satu lumbung kuliner Nusantara makin terangkat. "Semoga jadi sesuatu yang lebih baik, mengangkat pariwisata Padang. Coba kita lihat nanti bagaimana Arief Muhammad mampu menerima tantangan ini," Audy menyebut.

Merespons tantangan ini, suami Tiara Pangestika tersebut berkata, "Semoga rumah makan padang yang saya buka nanti jadi ciri khas yang kuat dan berkontribusi nyata bagi pariwisata Padang."

Awal Maret 2022, Arief sudah lebih dulu bikin topik yang menuai perdebatan di Instagram. Semula, ia membagi cerita dirinya tengah makan nasi padang di Instagram Story-nya. Di situ, ia menambahkan keterangan bahwa makan nasi padang menggunakan tangan adalah cara paling benar.

Bukan itu saja, Arief juga membuat polling. Ia ingin mengetahui berapa banyak yang lebih suka makan nasi padang pakai tangan atau memakai sendok.


Tim Makan Nasi Padang Pakai Tangan

[Bintang] Kuliner
Perbesar
Nasi padang, kuliner khas Sumatera Barat. (Sumber Foto: rfrantino/Instagram)

Hasilnya menunjukkan bahwa 76 persen warganet menyatakan makan nasi padang dengan tangan lebih nikmat. Perdebatan ini juga sempat jadi trending topic di Twitter pada 3 Maret 2022.

Sejumlah selebritas ikut menyatakan pendapatnya melalui Instagram Story masing-masing. Tentunya ada yang pro dan kontra dengan Arief. Kubu yang sepakat salah duanya diwakili komika Bintang Emon dan Motomobi. Mereka mendukung Arief sambil menyindir artis lain yang lebih suka makan nasi padang pakai sendok.

"Makan nasi padang mau lauknya ayam, telur, rendang, bebas, yang penting cara makannya gini (pakai tangan). Kayaknya harus dimasukin ke Kemendikbud nih kurikulum cara makan nasi padang yang benar. Setuju enggak bang?" tulis Bintang Emon di Instagram Story-nya saat itu.

Akun Motomobi pun mendukung pernyataan Emon. "Heran, masih ada aja orang makan nasi padang pakai sendok. Rief, kasih tahu lah orang-orang itu. Nasi Padang itu pake tangaan!" ujar Om Mobi, yang menyindir Fitra Eri dengan keterangan "@ariefmuhammad kasih tau kawan kita @fitra.eri rif, tidak ada alasan untuk makan nasi padang pakai sendok. Heran."


Pro Kontra

[Bintang] Nasi Padang
Perbesar
Nasi padang, kuliner Indonesia asal Sumatra Barat. (Sumber Foto: godzillatummy/Instagram)

Arief Muhammad pun membagikan ulang unggahan Instagram story Motomobi dengan tulisan, "Bikin malu memang yang pakai sendok." Tapi, tidak semua sependapat dengan narasi itu. Adik ipar almarhumah Vanessa Angel, Fadly Faisal, misalnya yang berseberangan dengan pendapat itu.

"Sorry ya bang @ariefmuhammad, kita enggak sejalan. Gue tim makan nasi padang pakai sendok nihh @ariefmuhammad," komentar Fadly lewat akun Instagram-nya, kala itu.

Adik Fadly Faisal, Fuji, pun ikut meramaikan debat ini. Namun, kekasih Thariq Halilintar ini justru tidak sependapat dengan kakaknya. "Sumpah ya aku tuh enggak ngerti lagi ngelihat orang makan nasi padang pakai sendok, bener-bener sebel banget. Bang Arief tolong ya kasih tau Fadly kalau makan nasi Padang itu pakai tangan," kata Fuji di Instagram Story.

Fitra Eri mencoba menengahi. Menurut pembalap sekaligus YouTuber ini, tidak ada yang salah dengan makan nasi padang pakai tangan atau sendok.

"Makan siang kita makan (nasi) padang. Nah kalau lagi kuahnya keringnya begini dan lagi enggak malas tangan kotor, ya kita pakai tangan. Tapi kalau lagi malas tangan kotor, wastafel jauh atau misalnya kuahnya banyak, kita pakai sendok aja. Jadi situasional semuanya," tulisnya.

 

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia
Perbesar
Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya