Cara Membersihkan Kerang dengan Mesin Cuci yang Bikin Penasaran

Oleh Komarudin pada 22 Mei 2022, 03:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 03:00 WIB
Kerang
Perbesar
Membersihkan kerang dengan menggunakan mesin cuci (dok.TikTok/@reeckmal88)

Liputan6.com, Jakarta - Kerang harus dibersihkan terlebih dulu agar bebas dari lumpur dan pasir sebelum diolah. Jika pasir kerang tidak bersih sempurna, masakan kerang akan berpasir dan menurunkan kelezatan masakan.

Makanan laut salah satunya kerang, menjadi salah satu santapan yang enak jika diolah dengan berbagai macam bumbu. Namun, bagi pemula yang belum terbiasa, membersihkan kerang bisa saja tidak mudah.

Sebelum diolah, bersihkanlah kerang dengan cara mencucinya di bawah air yang mengalir. Dengan cara ini, kotoran seperti lumpur dan pasir bisa lebih mudah dihilangkan.

Umumnya untuk membersihkan dengan cara merendam kerang dalam air. Dengan cara ini, pasir akan dan lumpur bisa cepat keluar dari cangkang.

Namun, ada cara lain untuk membersihkan kerang, yaitu dengan menggunakan mesin cuci. Kerang yang ada dalam karung langsung digelontorkan ke dalam mesin cuci.

Dalam video TikTok yang sedang viral itu, seorang tampak membersihkan kerang dengan menggunakan mesin cuci. Cara membersihkan kerang dengan menggunakan mesin cuci ini di luar perkiraan banyak orang.

Pasalnya, mesin cuci digunakan untuk membersihkan kotoran yang terdapa dalam pakaian, baik baju ataupun celana, atau yang lainnya. Para pengguna pun ramai mengomentari video tersebut.

"perbandingan sebelum dan sesudah pencucian kerang dengan mesin cuci," tulis pengguna TikTok @reeckmal88. "pembersihan kerang dengan mesin cuci sangat cepat dan hasilnya bersih," ungkap akun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ganti Mesin Cuci

Kerang
Perbesar
Membersihkan kerang dengan menggunakan mesin cuci (dok.TikTok/@reeckmal88)

"Setahun brpa kali gnti mesin cuci kak," tanya seorang pengguna. "ini klo nyuci baju airnya hampir sama gini. mesin cucinya cepet rusak. apalagi kerang yg berat ya... udah berapa kali ganti mesin cuci?"

"yg sering ganti yg mutar2 dbawah itu ganti nya... tp ngk tw namanya apaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚...," jawab @reeckmal88.Β "kasiannnn........ mesin cucinya," komentar seorang warganet. "selama 'hasil' kerang bisa beli mesin cuci berkali kali, ga masalah kayaknya," jawab pengguna yang lain.

"mo tanya bang.. deterjen nya pake yg merk apa buat nyuci nya? amankah?" tanya yang lain. "πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ pake air doang... tanpa deterjen," jawab @reeckmal88.

"airnya kurang itu😁" tanya seseorang. "airnya se disesuaikan dengan banyak kerangnya," jawab pemilik akun.

"Biarpun pake mesin, ga ada salahnya rajin dibersihin itu mesin cucinya. Ada seller makanan nyuci usus ayam pake mesin cuci jg tapi mesinnya bersih bgt," saran pengguna yang lain. "Terima kasih sarannya kak," jawab pemilik akun pengunggah video.

Β 


Cara Memasak

Tangkapan Kerang Menurun
Perbesar
Pekerja merebus kerang hijau di kawasan Muara Angke, Jakarta, Rabu (23/1). Selain berimbas pada hasil tangkapan, laut yang tercemar limbah juga mempengaruhi pertumbuhan daging kerang. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Seperti namanya, kerang adalah hewan yang berdiam di air dan memiliki cangkang atau bagian luar seperti cangkang. Mereka dapat dibagi menjadi dua kelompok: krustasea dan moluska. Crustacea termasuk udang, udang karang, kepiting, dan lobster, sedangkan kerang, kerang, tiram, dan remis adalah contoh moluska, dikutip dari Healthline.

Kebanyakan kerang hidup di air asin, tetapi namanya juga mengacu pada spesies yang ditemukan di air tawar. Kerang tersedia di toko bahan makanan dan restoran di seluruh dunia, tetapi beberapa daerah dikenal dengan spesies tertentu. Misalnya, lobster adalah makanan yang populer di Timur Laut Amerika Serikat, sementara udang adalah makanan pokok di bagian selatan negara itu.

Sebagian besar jenis kerang dimakan dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng. Beberapa - seperti tiram dan kerang - dapat dimakan mentah atau dimasak sebagian. Rasa mereka berkisar dari manis hingga asin, dari halus hingga lembut β€” tergantung pada jenis dan metode memasaknya.


Manfaat Kerang

[Bintang] 11 Pasta yang Hanya Butuh Satu Panci untuk Memasaknya
Perbesar
Linguini Kerang | via: buzzfeed.com

Sebagian besar lemak dalam kerang dalam bentuk asam lemak omega-3, yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan otak dan jantung. Terlebih lagi, kerang kaya akan zat besi, seng, magnesium, dan vitamin B12 – yang semuanya memiliki peran penting dalam tubuh Anda.

Kerang paling bergizi saat dikukus atau dipanggang. Kerang merupakan makanan yang sangat baik untuk dimakan saat mencoba menurunkan berat badan.

Makanan kaya protein membuat Anda merasa kenyang dan puas, yang dapat mencegah Anda mengonsumsi kalori berlebih. Kerang sarat dengan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, termasuk asam lemak omega-3 dan vitamin B12.

Beberapa penelitian telah mengaitkan makan asam lemak omega-3 dari ikan dan kerang dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Ini kemungkinan karena omega-3 memiliki efek anti-inflamasi.

Satu studi pada 18.244 pria sehat di China menemukan bahwa mereka yang makan lebih dari 200 gram kerang kaya omega-3 per minggu, 59 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung. Hal itu dibandingkan mereka yang makan kurang dari 50 gram per minggu.

Β 

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya