Sukses

Jiho Eks Oh My Girl dan Kontroversi Skandal Hubungan Sesama Jenis di Dunia K-pop

Diklaim bahwa beberapa penggemar Jiho eks Oh My Girl sudah mengetahui hubungan sesama jenisnya karena berbagai petunjuk yang muncul selama beberapa tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Kanal YouTube kontroversial Sojang kembali mengunggah video dengan tuduhan mengejutkan. Pada Selasa, 17 Mei 2022, mereka membagikan video dengan dugaan bukti bahwa hubungan komedian Kim Shin Young dan Jiho eks Oh My Girl lebih dari sekadar teman, menurut laporan allkpop, Jumat (20/5/2022).

Klip itu mengklaim bahwa beberapa penggemar Oh My Girl sudah mengetahui hubungan antara keduanya karena berbagai petunjuk yang muncul selama beberapa tahun. Sojang menyebut, penggemar telah mengekspos keduanya baru-baru ini setelah Jiho memutuskan untuk keluar dari grup.

Banyak penggemar mengunggah "banyak bukti" bahwa keduanya berkencan di berbagai komunitas online. Sojang menjelaskan, keduanya jadi dekat setelah Kim Shin Young jadi MC untuk Coloring Book Showcase 2017. Setelah itu, Jiho menyebut "Shin Ba" di bagian "terima kasih untuk" di setiap album, dan banyak penggemar mengetahui bahwa "Shin Ba" mengacu pada Shin Young.

Selain itu, penggemar mengunggah foto diduga item serasi milik Shin Young dan Jiho. Item pasangan termasuk 10 pakaian, 10 sepatu, masker atau tali masker, cincin, gelang, dan casing ponsel. Juga, penggemar menjelaskan bahwa Jiho telah mengubah salon rambutnya jadi tempat yang dikunjungi Shin Young.

Shin Young dan Jiho juga diduga menghabiskan Natal bersama. Sojang menjelaskan, penggemar mengetahui bahwa Jiho telah menghabiskan waktu bersama Shin Young selama Natal ketika mereka melihat latar belakang ponsel Jiho, yang cocok dengan apa yang diunggah Shin Young di media sosial.

Selain itu, menurut Sojang, penggemar sebelumnya kesal pada Jiho karena terus-menerus berbicara tentang Kim Shin Young di aplikasi messenger berbayar di mana penggemar dapat berkomunikasi dengan idol K-pop. Sojang mengklaim, ada begitu banyak bukti yang menunjukkan bahwa Shin Young dan Jiho berkencan, sehingga "hubungan mereka tidak dapat disangkal."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Serupa Awal Tahun Ini

Ini tentu bukan kali pertama kontroversi skandal hubungan sesama jenis beredar di dunia K-pop. Awal tahun ini saja, warganet Korea sudah dikejutkan artikel tentang kisah asmara antara dua idola pria di grup yang sama, lapor Kbizoom.

Ada banyak spekulasi tentang identitas boy group yang disebutkan dalam laporan tersebut. Meski fanservice adalah sesuatu yang telah begitu umum di K-pop selama bertahun-tahun, dengan prasangka masyarakat Korea, apakah pasangan grup K-pop yang secara aktif "di-shipped" oleh penggemar benar-benar memiliki "sesuatu" di antara mereka.

Penggemar berkali-kali harus bertanya apakah One True Pairing (OTP) mereka "nyata" atau hanya "akting" demi fanservice. Namun, sebuah artikel yang diterbitkan Woman Sense menanamkan kepercayaan pada penggemar K-pop tentang kemungkinan bahwa sebenarnya ada pasangan yang berkencan dalam kelompok yang sama.

Homofobia, menurut CNN, masih marak di Korea Selatan, di mana sangat sedikit bintang musik arus utama yang mengaku sebagai gay. Negara itu tidak memiliki undang-undang anti-diskriminasi yang komprehensif untuk melindungi LGBTQ Korea Selatan. Jika dibandingkan dengan negara demokrasi terdekat, seperti Jepang dan Taiwan, negara ini kurang menerima pasangan sesama jenis.

3 dari 4 halaman

Kasus Lainnya

Kasus lainnya adalah seorang mantan trainee JYP Entertainment, KilliAN, yang mengungkap pengalamannya dikeluarkan dari agensi tersebut karena berada dalam hubungan homoseksual, melansir Koreaboo. Pria bernama asli Lin Jia Le ini telah berkecimpung di industri hiburan sejak masih kecil.

Faktanya, karier di dunia hiburan mengalir dalam keluarganya. Ketika masih muda, ayahnya adalah seorang bintang film aksi. Awalnya, keluarga KilliAN tidak ingin ia menempuh jalan yang sama dan berusaha menjauhkannya dari industri tersebut. Namun, setelah ditawari peran film, KilliAN memulai debutnya di Hong Kong pada usia delapan tahun.

Mengingat keraguan keluarganya, tidak mengherankan jika mereka menentang gagasan KilliAN jadi idol K-pop pada awalnya. "Kesempatan datang," jelasnya. "Tapi saya bertengkar hebat dengan keluarga saya karena ingin pergi ke Korea."

Namun setelah melewati masa-masa sulit, ia akhirnya dapat melakukan perjalanan ke Korea Selatan untuk bergabung dengan JYP Entertainment ketika berusia 14 tahun. Saat itu, perusahaan sedang bersiap untuk debut 2PM dan 2AM, dan KilliAN bisa jadi salah satu anggotanya jika ia tidak dikeluarkan.

KilliAN menyatakan, "Saya gay, tapi orang Korea sangat konservatif tentang homoseksualitas pada waktu itu, jadi pada akhirnya, mereka meminta saya pergi karena itu."

Ia menjelaskan, ketika ia ketahuan berkencan dengan sesama trainee pria di bawah JYP Entertainment, agensi sangat marah dan tidak ingin mengambil risiko. KilliAN melanjutkan dengan mencatat bahwa "bukan orang Korea" juga akhirnya jadi faktor kunci dalam keputusan agensi.

Setelah kehilangan kesempatan untuk debut di boy group K-pop, makeup artist JYP Entertainment memperkenalkan KilliAN ke agensi baru. Namun, setelah menghabiskan waktu pelatihan di bawah lima perusahaan hiburan Korea yang berbeda, ia akhirnya kembali ke Hong Kong.

4 dari 4 halaman

Idol Gay Secara Terbuka

Agensi hiburan Korea Selatan dengan "senang hati" membiarkan penggemar berfantasi tentang idola yang jadi gay. Tapi, mereka tidak ingin idol gay terbuka tentang seksualitas mereka. Itu adalah sesuatu yang ditemukan langsung oleh Holland.

Pemilik nama asli Go Tae Seob ini menjalani pelatihan ketat dengan salah satu label (ia menolak menyebutkan yang mana). Tapi, ketika tiba saatnya untuk debut, agensi menentangnya untuk debut sebagai idol gay.

"Mereka mengatakan itu akan buruk untuk citra saya," kata Holland pada CNN. Baginya, itu adalah pemecah kesepakatan. Ia telah diintimidasi parah di sekolah menengah, dan penting baginya untuk terbuka tentang seksualitasnya. Jadi, ia keluar dari label dan memulai debutnya sebagai artis independen.

Ketika debut pada 2018, ia menarik banyak perhatian positif di luar negeri. Tapi di Korea Selatan, reaksinya tidak terdengar, atau bahkan negatif.

Timothy Rich, seorang profesor di Departemen Ilmu Politik Universitas Western Kentucky, mengatakan bahwa perusahaan atau selebritas mana pun akan khawatir tentang potensi reaksi balik dan risiko keuangan jika seorang bintang muncul. "Dalam iklim saat ini, saya menduga akan ada reaksi konservatif yang cukup besar terhadap bintang mana pun yang muncul, mungkin mengakibatkan boikot," ia menyebutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.