Sukses

Warga Korea Utara Diminta Berkumur dengan Air Garam dan Minum Teh Daun Willow untuk Lawan Covid-19

Di saat banyak negara menunjukkan tren melandai, Korea Utara justru sedang menghadapi puncak gelombang kasus Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Korea Utara telah menginstruksikan warganya untuk berkumur dengan air garam untuk mengobati Covid-19. Negara tersebut sedang berjuang menangani wabah virus yang sedang melonjak.

"Perawatan tradisional adalah yang terbaik!" seorang wanita mengatakan kepada penyiar negara dalam wawancara televisi minggu ini, seperti dikutip dari Insider, Jumat (20/5/2022). Ia mengaku anak-anaknya berkumur dengan air garam dua kali sehari.

Air garam hanyalah salah satu dari beberapa pengobatan rumahan yang direkomendasikan negara itu dalam memerangi virus. Warga juga dilaporkan disarankan untuk minum rebusan daun willow – obat herbal yang secara tradisional digunakan untuk meredakan gejala demam – tiga kali sehari.

Seorang penduduk lanjut usia mengatakan dalam sebuah wawancara televisi bahwa teh jahe membantu melawan Covid. Dia mengatakan dia "pertama takut dengan Covid," tetapi ternyata "bukan masalah besar" setelah mengikuti saran dokter.

Korea Utara tampaknya menghadapi krisis Covid-19 yang berpotensi menimbulkan bencana, mengingat kemampuan pengujian negara yang terbatas, sistem perawatan kesehatan yang cacat, dan fakta bahwa penduduknya tidak divaksinasi. Negara ini hanya satu dari dua - yang lainnya adalah Eritrea - yang telah menolak inisiatif berbagi vaksin global.

Hingga Selasa, 17 Mei 2022, negara tertutup itu telah mencatat lebih dari 1,7 juta kasus "demam" dan 62 kematian karenanya, menurut outlet media pemerintah Korean Central News Agency. Korea Utara belum menyebut wabah "demam" ini sebagai COVID-19, karena kemampuan pengujian yang buruk telah menghambat kemampuannya untuk mendiagnosis kasus.

Para ahli telah memperingatkan bahwa jumlah aktual infeksi Covid-19 di negara itu kemungkinan jauh lebih tinggi daripada angka yang dilaporkan. Sabtu pekan lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan bahwa wabah Covid di negara itu adalah "kekacauan" paling signifikan sejak didirikan pada 1948.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minum Panas

Mengutip dari BBC, pada awal 2020 negara itu menutup perbatasannya untuk melindungi diri dari pandemi. Kepemimpinannya sejauh ini menolak dukungan medis dari luar.

Media pemerintah telah merekomendasikan pengobatan tradisional untuk mengatasi apa yang disebut sebagai "demam". Bagi mereka yang tidak sakit parah, surat kabar partai berkuasa Rodong Simnun merekomendasikan pengobatan termasuk teh jahe atau honeysuckle dan minuman daun willow.

Minuman panas dapat meredakan beberapa gejala Covid, seperti sakit tenggorokan atau batuk, dan membantu hidrasi saat pasien kehilangan lebih banyak cairan dari biasanya. Jahe dan daun willow juga meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit. Tetapi, minuman itu bukan obat untuk mengatasi virus tersebut.

Selain itu, media pemerintah baru-baru ini mewawancarai pasangan yang merekomendasikan berkumur dengan air garam pagi dan malam. "Ribuan ton garam" telah dikirim ke Pyongyang untuk membuat "solusi antiseptik", kantor berita negara melaporkan.

 

3 dari 4 halaman

Obat Kumur

Beberapa penelitian menunjukkan berkumur dan berkumur dengan air garam memerangi virus yang menyebabkan flu biasa. Hanya sedikit bukti bahwa mereka memperlambat penyebaran Covid.

Obat kumur bisa membunuh virus di laboratorium, sebuah penelitian menemukan. Tapi, itu belum secara meyakinkan terbukti membantu pada manusia.

Covid utamanya menyebar melalui droplet di udara dan masuk melalui hidung dan juga mulut, sehingga berkumur hanya menyerang satu titik masuk. Begitu virus masuk, ia bereplikasi dan menyebar jauh ke dalam organ, di mana tidak ada jumlah kumur yang bisa dicapai.

Ibuprofen (obat meringankan nyeri) dan parasetamol dapat menurunkan suhu dan meredakan gejala seperti sakit kepala atau sakit tenggorokan. Tetapi, obat ini tidak akan membersihkan virus atau mencegahnya berkembang.

Antibiotik, dimaksudkan untuk infeksi bakteri bukan virus, tidak dianjurkan. Penggunaan antibiotik yang tidak perlu berisiko mengembangkan serangga yang resisten. Penelitian laboratorium menunjukkan beberapa dapat memperlambat penyebaran beberapa virus, termasuk Covid, tapi ini belum direplikasi di dunia nyata.

 

4 dari 4 halaman

Sistem Kesehatan

Saat ini sistem kesehatan Korea Utara telah dibentuk untuk menawarkan perawatan medis gratis dari layanan dasar di tingkat desa hingga perawatan khusus di rumah sakit pemerintah (biasanya di pusat kota). Tetapi ekonomi telah mengalami kontraksi dalam beberapa tahun terakhir karena sanksi dan cuaca ekstrem seperti kekeringan.

Menutup perbatasan negara dan tindakan penguncian yang ketat juga akan berdampak buruk. Terutama lemah di luar Pyongyang, sistem kesehatan diperkirakan mengalami kekurangan personel, obat-obatan,dan peralatan.

Sebuah laporan untuk PBB, tahun lalu, mengatakan, "Beberapa pabrik farmasi, vaksinasi, dan peralatan medis tidak mencapai tingkat praktik yang baik dari WHO [Organisasi Kesehatan Dunia] dan juga tidak memenuhi permintaan lokal."

Banyak pembelot Korea Utara ke Korea Selatan telah diberitahu harus membayar untuk pengobatan atau mencari pengobatan dan obat-obatan terbatas pada anggota istimewa dari partai yang berkuasa. Tetapi media pemerintah mengatakan sekarang produksinya meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.