Kawin Thamsatchanan, Kiper Timnas Thailand Saat Lawan Indonesia di Final Sea Games 2022

Oleh Komarudin pada 20 Mei 2022, 12:02 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 12:02 WIB
Kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan
Perbesar
Kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Nama kiper timnas Thailand SEA Games 2022 menarik perhatian penggemar sepakbola tanah air karena memiliki nama unik yaitu Kawin, lengkapnya Kawin Thamsatchanan. Dalam bahasa Indonesia, kawin bermakna membentuk keluarga dengan lawan jenis; bersuami atau beristri; menikah.

Kawin Thamsatchanan adalah kiper Timnas Thailand kelahiran 26 Januari 1990. Posisi Kawin sebagai penjaga gawang sangat signifikan pada pertandingan semifinal sepak bola di SEA Games Vietnam. 

Dalam pertandingan tersebut, dikutip dari kanal Bola Liputan6,com, Garuda muda harus mengakui keunggulan Thailand U-23 0-1 di Thien Truong Stadium, Kamis, 19 Mei 2022, melalui perpanjangan waktu. Adalah Weerathep Pomphun yang memberi petaka bagi timnas U-23 lewat golnya di menit ke-95.

Timnas U-23 Indonesia kini menghadapi tim yang kalah pada laga Vietnam vs Malaysia untuk perebutan medali perunggu SEA Games 2021, sedangkan Thailand bertemu pemenang partai tersebut. Vietnam dan Malaysia baru bertanding malam nanti. Indonesia pun harus menunggu setidaknya setahun lagi untuk memutus penantian emas SEA Games, yang terakhir kali direbut pada 1991.

Terlepas dari hasil pertandingan semalam, nama Kawin sudah cukup dikenal orang Indonesia, bahkan sejak AFF 2016 lalu. Dihimpun dari beberapa sumber, pada AFF Cup 2020 yang lalu, Kawin Thamsatchanan masuk squad timnas Thailand yang berhasil mengalahkan Indonesia di babak final.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penghormatan bagi Ayah

Kawin Thamsatchanan
Perbesar
Kawin Thamsatchanan (Zimbio)

Dalam laga final Leg 1 Piala AFF 2020 Rabu malam, 29 Desember 2021, ia tampil pada menit ke-74. Kawin masuk menggantikan Siwarak yang menjadi kiper utama saat laga melawan Indonesia ini.

Tak banyak yang tahu saat itu, penampilan Kawin rupanya sebagai bentuk penghormatan pada ayahnya, Pramuan Thammasaj. Rupanya, sebelum laga melawan Indonesia dimulai, sang ayah tercinta meninggal dunia.

"Hari ini, ayah Kawin meninggal," kata Polking dengan suara gemetar. "Dan, saya ingin memberikan dia happy moment (momen bahagia) di hari ini," kata Alexander Polking, pelatih Thailand, dalam konferensi pers usai laga Indonesia vs Thailand, Rabu, 29 Desember 2021.

Kawin Thamsatchanan masuk ke lapangan hijau dari bangku cadangan pada menit ke-73, tepatnya setelah Thailand menang 3-0 atas Indonesia. Pergantian penjaga gawang tanpa faktor cedera seperti ini sangat jarang terjadi di turnamen resmi sepak bola.

Diketahui, ayah Kawin meninggal dunia karena kanker pankreas beberapa jam sebelum kick off laga Indonesia vs Thailand. Keputusan memainkan Kawin tentu berdasarkan keputusan Madam Pang, Direktur Timnas Thailand.


Perjalanan Karier

Kawin Thamsatchanan
Perbesar
Pelatih Thailand, Alexandre Polking, memberi penghormatan pada kiper Kawin Thamsatchanan untuk bermain pada hari meninggalnya sang ayah.(Instagram/@kawiator_26)

Kawin sudah bergabung dengan tim Thailand sejak 2010. Ketika ia, masih berusia 19 tahun dan menjalani debutnya melawan Singapura.

Kariernya terbilang cukup cemerlang saat berada di timnas Thailand selama 2010 hingga 2016. Kawin kembali menjadi kiper utama Thailand di kualifikasi Piala Dunia zona Asia pada 2015.

Begtu juga pada tahun 2016, Kawin masih menjadi kiper utama dalam laga grup B kualaifikasi Piala Dunia zona Asia. Puncaknya, ia berhasil membawa tim Thailand menjadi juara dalam Piala AFF 2016 setelah mengalahkan Indonesia di final. Karier kawin dalam dunia sepak bola terbilang cukup matang. Klub pertamanya adalah Assumption United.

Setelah itu, ia pindah ke Rajpracha pada 2007. Setahun kemudian, ia bergabung ke Muangthong United yang merupakan mantan juara di Thailand divisi 2. Pada 2008, mantan juara di Thailand divisi 2, Muangthong United FC menandatangani Kawin pada usia 18 tahun.

.


Belgia

Kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan
Perbesar
Kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan (Foto: Istimewa)

Ia juga memulai debut di Piala Aff 2014 pada umur 24 tahun dan menjadi kapten. Klub sepakbola yang dibela Kawin Thamsatchanan saat ini adalah Oud-Heverlee Leuven.

Oud-Heverlee Leuven adalah klub asal Belgia, kasta teratas Liga Belgia. Itu menjadi prestasi bagus bagi pemain sepak bola Asia Tenggara. Ia juga sempat menjadi kiper utama dalam kualaifikasi Piala Dunia zona Asia pada 2011 ketika menghadapi Palestina.

Agama Kawin Thamsatchanan adalah Buddha. Kiper Thailand ini aktif di media sosial. Ia memiliki akun Instagram, Facebook, dan kanal YouTube. Nama akun Facebook pribadinya adalah Kawin Thamsatchanan. Sedangkan, akun Instagram @kawiator_26 dan nama akun YouTube nya I AM Kawin.

Yang mungkin masih membuat penasaran, apakah kawin sudah kawin? Urusan ini bisa ditanyakan langsung lewat akun media sosialnya.

Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020
Perbesar
Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya