Kata Sandiaga Uno Soal Sport Tourism dan Merancang Festival Olahraga Nasional

Oleh Henry pada 18 Mei 2022, 03:02 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 04:03 WIB
Salam Pagi
Perbesar
Pesona pagi di Bukit Pusuk Buhit, Pulau Samosir, Sumatera Utara, berlatar Danau Toba. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya mendapat penugasan dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk mempromosikan desa wisata melalui festival olahraga nasional dan internasional. Salah satu yang akan digelar bertaraf internasional adalah Samosir Lake Toba Ultra di Samosir, Sumatera Utara.

"Kami mendapat tugas untuk menggaungkan dan menjadikan masyarakatIndonesia "demam" berolahraga, dengan mengembangkan olahraga rekreasi menjadi olahraga prestasi. Dari olahraga rekreasi kita harapkan akan terjaring talenta-talenta para atlet di berbagai cabang olahraga untuk olahraga prestasi. Ini sejalan dengan desain besar olahraga nasional," ungkap Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing yang digelar secara hybrid, Selasa (17/5/2022).

"Jadi mereka nantinya bukan hanya lari, tetapi menikmati desa wisata dan membeli produk lokal," sambungnya. Samosir Lake Toba Ultra merupakan lomba lari yang diikuti ribuan pelari terbaik dunia.

"Event lomba lari ini punya empat kategori yang diperlombakan, yaitu 5 km, 12 km,25 km, dan 50 km," terang pria yang akrab disapa Sandi ini.  Seluruh pelari Samosir Lake Toba Ultra bakal diajak melintasi area Danau Toba, melewati berbagai desa wisata, sekaligus melihat dan menikmati indahnya pemandangan pegunungan serta kawasan pantai sepanjang rute.

"Dan baru beberapa hari kemarin saya mengikuti langsung Bali Trail Run, juga nanti akan ada Belitung Triathlon. Serta yang akan berlangsung dalam skalabesar ada FIBA Asia," jelas Sandi.

Salah satu aspek yang sekarang berkembang dan terakselerasi karena pandemi adalah kebangkitan sektor pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism dan sport recreation.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kemenpora dan Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga Uno di Weekly Press Briefing, 17 Mei 2022
Perbesar
Menparekraf Sandiaga Uno di Weekly Press Briefing, 17 Mei 2022. (Liputan6.com/Henry)

Secara tusi (tugas dan fungsi), pembangunan SDM di bidang olahraga nasional merupakan tusi Kemenpora, Kemenparekraf akan memfasilitasi festival olahraganya karena menyangkut pergerakan wisatawan.

"Namun kami akan melakukan koordinasi dengan semua stakeholders terkait, termasuk Kemenpora dan KONI untuk merancang festival olahraga tingkat nasional dan internasional," ucap Sandiaga.

Festival yang dirancang nanti wajib meningkatkan daya tarik wisatawan ,menggerakkan ekonomi nasional, dan mampu membuka potensi lapanganpekerjaan. Sandiaga menambahkan, sepanjang tahun ini Kemenparekraf sudah mendukung berbagai penyelenggaraan event olahraga yang dibalut dengan pariwisata (sport tourism).

Setidaknya ada 4 event sport tourism yang bakal digelar, mulai dari Borobudur Marathon 2022, Audax (lomba sepeda jarak jauh 200-600 km)yang digelar di beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Manado, Solo, Padang, Surabaya, serta Bandung.

Kemudian ada Oceanman 2022 yaitu sebuah ajang kompetisi berenang diperairan Pantai Muaya di Bali pada Juli 2022, terakhir ada Samosir Lake Toba Ultra yang digelar pada 17 September 2022.

Selain itu, Kemenparekraf juga mendukung Kejuaraan Konfederasi Basket Asia (12-24 Juli 2022) dan juga World Superbike (11-23 November 2022) di Sirkuit Mandalika.


Olahraga Rekreasi

Menparekraf Sandiaga Uno di Weekly Press Briefing
Perbesar
Menparekraf Sandiaga Uno di Weekly Press Briefing, 17 Mei 2022.  (Liputan6.com/Henry)

Demi menggaungkan dan menjadikan masyarakat Indonesia "demam" berolahraga, Sandiaga menyebut olahraga rekreasi dapat dikembangkan untuk menjadi olahraga prestasi.

"Rekreasi ini sekarang menjadi bagian desain besar olahraga nasional dan kita lihat kegiatan-kegiatan lari maupun kegiatan lain sangat diminati. Mungkin dari sisi prestasi belum terlihat hubungan langsung tapi jadi salah satu inisiasi yang mendorong lebih banyak masyarakat yang berolahraga," tutur Sandi.

Dari kegiatan-kegiatan olahraga rekreasi tersebut, diharapkan terjaring talenta-talenta para atlet di berbagai cabang olahraga. Dari Kemenparekraf misalnya, ada MotoGP 2022 berbasis otomotif, lalu ada beberapa kegiatan renang perairan bebas seperti 'Oceanman'.

Menurut Sandi, tidak perlu banyak membangun venue karena olahraga-olahraga tersebut berbasis alam. "Renangnya di danau, di perairan laut, berlari di 'eco tourism' yaitu 'trail run' dan ini menarik. Kita punya potensi ini dan kita bakal kembangkan untuk bisa mendukung bangkitnya ekonomi, pulihnya sektor pariwisata dan membuka banyak lapangan kerja," kata Sandi.

Dalam waktu dekat, Menparekraf juga akan mengikuti event sport tourism di Sragen, Jawa Tengah, yakni bersepeda 100 kilometer ke Bukit Kemukus, dan lari 25 kilometer dari alun-alun Sragen ke Desa Wisata Saringan. "Saya diberikan tugas oleh Bu Bupati, untuk mengikuti dua event olahraga di Sragen, Jawa Tengah," ujar Menparekraf.


Peluang Usaha dan Lapangan Kerja

Bali Trail Running Jadi Potensi Sport Tourism
Perbesar
Bali Trail Running Jadi Potensi Sport Tourism (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Sandi juga mendorong potensi wisata olahraga golf berkolaborasi dengan pengusaha fesyen di bidang ekonomi kreatif untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja.

Saat mengikuti kegiatan Wonderful Indonesia-Batik Charity Golf Turnament di Club Golf Bogor Raya, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 15 Mei 2022, Sandi menjelaskan, olahraga golf menjadi bagian utama dari sport tourism atau pariwisata berbasis olahraga terlebih di tengah pandemi, peminatnya justru semakin naik.

Untuk itu potensi yang sudah ada harus dimanfaatkan dengan baik terutama di subsektor fesyen. "Kami baru saja menyelesaikan upaya kebangkitan ekonomi berbasis sport tourism yaitu golf. Terlebih konsepnya juga mengusung fesyen batik yang digunakan saat berolahraga. Sehingga mampu membuka lapangan kerja. Kita lihat saat kegiatan ini terdapat 300 lapangan kerja tercipta," kata Sandiaga Uno.

Sandi juga mendorong para pelaku ekonomi kreatif khususnya di bidang fesyen, mengambil peluang untuk melihat potensi ini. Sehingga ini menjadi tatanan baru pascapandemi dan sesuai arahan Presiden Jokowi, agar mampu membuka lapangan usaha dan menciptakan lapangan kerja.

Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia
Perbesar
Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya