Hari Raya Waisak 2022, Jalur Wisatawan Menuju Candi Borobudur Dialihkan

Oleh Asnida Riani pada 16 Mei 2022, 09:02 WIB
Diperbarui 16 Mei 2022, 09:02 WIB
Candi Borobudur
Perbesar
Ilustrasi perayaan Hari Raya Waisak 2022 di Candi Borobudur. (Liputan6.com/ Kemenparekraf)

Liputan6.com, Jakarta - Mendukung perayaan Hari Raya Waisak 2022 yang jatuh hari ini, Senin (16/5/2022), pengelola Candi Borobudur mengumumkan pengalihan jalur menuju tempat wisata tersebut. Ini sebagaimana dibagikan melalui unggahan Instagram resminya, baru-baru ini.

Adapun jalur wisatawan yang dialihkan itu, yakni jalur Gerbang Palpabang ke jalur Gerbang Blondo. Pengelola menegaskan bahwa pengalihan jalur wisatawan ini hanya terjadi pada Senin (16/5/2022).

Masyarakat yang tinggal di sekitar Candi Borobudur, kanal Bisnis Liputan6.com melaporkan, telah mempersiapkan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) sebelum perayaan Waisak hari ini. Usai mendapat program perbaikan kualitas hunian, warga sekitar Borobudur bisa memanfaatkan Sarhunta untuk disewakan sebagai penginapan setara hotel bintang tiga, namun dengan harga lebih terjangkau.

Tempat penginapan ini dilaporkan telah ramai dipesan para pengunjung Candi Borobudur yang ingin memanfaatkan momen long weekend. "Jadi Sarhunta tersebut dikelola jadi homestay, sehingga menarik wisatawan untuk menginap," Suripto, salah seorang warga penerima Sarhunta di sekitar Candi Borobudur, mengatakan.

Ia menambahkan, jelang Hari Raya Waisak 2022, seluruh unit kamar Sarhunta telah penuh terisi. Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Iwan Suprijanto, menyebut bahwa akomodasi yang dibangun pihaknya memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan hunian lain masyarakat sekitar.

Ia memaparkan, "Ciri khas elemen fisik dapat dilihat dari pembangunan atap tradisional Jawa Kerakyatan dengan Bumbungan Kalpataru. Ada teras homestay, pintu, dan jendela dengan motif kawung, serta pigura bata ekspos, kamar tidur dengan bata ekspos, dan fasilitas penginapan yang memadai. Lalu, kamar mandi standar yang bersih, serta adanya pot atau gentong untuk cuci tangan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pengamanan Perayaan Waisak 2022

Candi Borobudur
Perbesar
Ilustrasi perayaan Hari Raya Waisak 2022 di Candi Borobudur. (AFP Photo/Goh Chai Hin)

Masih dalam rangka perayaan Hari Raya Waisak 2022 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyiapkan ratusan personel untuk mengamankan perayaan tersebut. Ia juga mengimbau pada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, menurut kanal Jateng Liputan6.com.

"Ada sekitar 900 personel Polda Jateng yang siap amankan Waisak. Tapi, perlu saya tekankan pada umat Buddha yang akan beribadah dan para pengunjung agar patuh protokol kesehatan, terutama pakai masker," ucapnya.

Ketua DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Jawa Tengah, Tanto Harsono, menyampaikan bahwa perayaan Waisak 2563 tahun 2022 terjadwal diikuti ribuan umat Buddha di pelataran Candi Borobudur. "Kami ada pemeriksaan suhu, (menyediakan) hand sanitizer, dan masker tambahan, termasuk relawan yang akan membantu acara kami," kata Tanto

Dalam pelaksanaannya, Tanto mengatakan, pihaknya akan tetap membatasi jumlah jemaah yang hadir secara langsung. Di samping, pihaknya juga memberlakukan sistem zonasi, mengingat Kabupaten Magelang saat ini masih berada dalam PPKM Level 2.


Pengaturan Jalur Wisata

Jalur wisata Lembang
Perbesar
Kendaraan pribadi melintas di jalur wisata Lembang, Bandung Barat, Kamis (20/8/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Di sisi lain, karena Hari Raya Waisak 2022 membuat adanya long weekend, jajaran Polda Jawa Barat bersiap menerapkan skema one way apabila terjadi kepadatan kendaraan di jalur wisata, seperti dikutip dari kanal Regional Liputan6.com. Patroli dan pengecekan di kawasan wisata juga akan dilakukan.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, skema one way di jalur wisata di kawasan Lembang bersifat situasional tergantung kepadatan kendaraan. Jika kondisi normal, diberlakukan dua arah arus lalu lintas. Namun jika padat, diberlakukan one way.

Ibrahim juga menatakan bahwa pihaknya akan fokus mengatur arus lalu lintas di objek wisata yang berada di kota, seperti mal. Selain, memperhatikan titik-titik kunjungan pelancong, termasuk di jalur wisata Puncak Bogor.

Ia mengatakan, tempat wisata di wilayah Jabar akan dicek, termasuk terkait penerapan protokol kesehatan, selama long weekend. Selain itu, rekayasa lalu lintas seperti pengalihan arus disesuaikan dengan kondisi kepadatan arus lalu lintas di lapangan.


3 Peristiwa Penting

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Perbesar
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dokumentasi Kementerian Agama)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat hari Tri Suci Waisak pada seluruh umat Budha di Indonesia yang merayakannya. Di kesempatan ini, ia mengajak untuk terus memperkuat moderasi beragama, serta merekatkan tali persaudaraan antar sesama, menurut Antara.

Tri Suci Waisak, kata Yaqut, senantiasa mengingatkan umat Buddha pada tiga peristiwa penting. Yang dimaksud adalah lahirnya Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai penerangan Agung dan jadi Buddha, serta Buddha Gautama Parinibbana.

"Pangeran Siddharta telah mengajarkan umat Buddha tentang Majhima Patipada, ajaran tentang pentingnya praktek kehidupan beragama yang berprinsip jalan tengah atau moderat. Prinsip ini sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan kedamaian," ia mengatakan.

Menurutnya, seluruh umat Buddha di Indonesia mempunyai tanggung jawab yang sama untuk ikut membangun masyarakat yang rukun, damai dan sejahtera. Itu, Yaqut menyebut, bisa dilakukan dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki.

Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya