Sukses

Jepang Izinkan 20 Ribu Turis Asing Mulai Juni 2022

Jepang akan mengizinkan 20 ribu turis asing mulai Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta Jepang berencana mengizinkan 20 ribu tamu dari mancanegara setiap hari mulai Juni 2022. Relaksasi diperkirakan akan berlanjut. Hal itu menyusul pemeriksaan infrastruktur karantina bandara dan keadaan infeksi domestik setelah liburan Pekan Emas Jepang yang berakhir Minggu lalu.

Selain itu, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menerima wisatawan dengan menguji coba tur skala kecil segera bulan ini.  Tujuannya untuk memperluas penerimaan wisatawan asing secara bertahap.

Jepang, yang mengadopsi langkah-langkah perbatasan pandemi paling ketat di antara negara-negara Kelompok Tujuh, telah berada di bawah tekanan untuk dibuka kembali. Akhir April, sektor swasta anggota panel pemerintah tentang kebijakan ekonomi dan fiskal menyerukan untuk melonggarkan batas kedatangan asing harian dan melonggarkan prosedur imigrasi tambahan.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan selama kunjungan ke London pekan lalu bahwa Jepang akan meninjau langkah-langkah Covid-19 "secara bertahap" setelah berkonsultasi dengan pakar kesehatan masyarakat, dan menyelaraskannya dengan negara-negara G-7 lainnya.

Jepang menuutup semua pengunjung asing bukan penduduk pada 30 November 2021, sebagai tanggapan atas munculnya varian Omicron yang sangat menular. Sejak 1 Maret 2022, kontrol telah dilonggarkan pada entri untuk pebisnis, mahasiswa asing, trainee praktek kerja dan lainnya yang masuk untuk tujuan non-pariwisata.

Batas kedatangan asing per hari dinaikkan dari 3.500 sejak November menjadi 5.000 pada 1 Maret 2022, 7.000 pada 14 Maret dan menjadi 10.000 saat ini pada 10 April 2022. Pada 2021, hanya 245.900 pengunjung asing yang datang ke Jepang -- angka terendah sejak data pembanding tersedia pada 1964.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Etika Jepang

Sebelum mengunjungi Jepang, tak ada salahnya mengetahui etika yang berlaku di negara Matahari Terbit tersebut.  Diberitaka kanal Global Liputan6.com, berikut tujuh etika yang perlu diketahui wisatawan.

Tak Memberikan Tip

Jika di negara Anda atau negara lain memperbolehkan pengunjungnya untuk memberikan tip atau uang lebih, berbeda halnya dengan para pekerja di Jepang. Jadi perlu sedikit tambahan untuk mengetahui bahwa pemberian tip bukanlah kebiasaan di industri pekerjaan Jepang.

Meskipun tidak selalu dianggap kasar, ada beberapa argumen bahwa pemberian tip sedikit bertentangan dengan pemilik perusahaan atau toko. Sebagian besar restoran Jepang mengharuskan pelanggan untuk membayar makanan mereka di kasir depan, daripada meninggalkan uang dengan pelayan atau pelayan. Pemberian tip juga tidak diperlukan untuk naik taksi atau bus dan banyak layanan hotel.

Pemberian tip bukanlah praktik standar di negara tersebut, mengingat gaji pekerja sepenuhnya berasal dari upah dan nilai yang diberikan pada layanan pelanggan yang konsisten dan sangat baik.

3 dari 4 halaman

Letakan Uang di Nampan

Jepang adalah negara dengan keakuratan tinggi, dan itu umum bagi kasir untuk memberi Anda waktu untuk menghitung jumlah yang tepat ketika melakukan pembelian. Pemandangan umum di toko-toko Jepang adalah nampan plastik kecil di sebelah mesin kasir.

Jika membayar dengan uang tunai, kesopanan yang umum adalah menempatkan uang seseorang di nampan daripada menyerahkannya ke kasir secara langsung.  Untuk setiap uang sisa atau kembali, akan diletakkan pada nampan yang sama. Pelanggan mungkin adalah raja, tetapi di Jepang, Anda harus tetap menghormati dan memiliki perilaku yang baik.

Sedangkan untuk bill, penting untuk tidak menyinggung siapa pun dengan mengeluarkannya dari saku Anda layaknya tisu. Meletakkan atau "melemparkan" uang Anda di konter juga termasuk perilaku yang kasar dan tidak sopan.

Hindari Makan dan Minum Saat Berjalan

Orang Jepang cenderung tidak makan sambil berjalan atau berdiri di jalan. Namun, dapat diterima untuk minum sambil berdiri di samping mesin penjual otomatis (vending machine). Makan dan minum di kereta lokal beberapa ada yang diperbolehkan, tetapi tidak di dalam kereta ekspres jarak jauh.

Di Tokyo yang serba cepat, orang mungkin berharap makan dan berjalan menjadi hal yang biasa. Pada kenyataannya, bagaimanapun, itu adalah sesuatu penafsiran yang salah, berkat konsep "Ikkai ichi dousa" atau melakukan satu hal pada suatu waktu.

4 dari 4 halaman

Tak Buka Pintu Taksi

Taksi di Jepang dapat ditemukan di sepanjang jalan kota-kota dan di stasiun terminal, hotel, dan tempat taksi bandara. Ada taksi kecil dan menengah di mana Anda memberi tahu pengemudi tujuan Anda, serta taksi wisata besar di mana penumpang membayar biaya tetap dan memilih jumlah waktu atau perjalanan yang ditentukan.

Tetapi perlu waspadai jika Anda memanggil taksi karena pintu dioperasikan oleh pengemudi dan terbuka secara otomatis untuk penumpang. Mendekati pintu taksi secara tiba-tiba bisa berbahaya. Maka dari itu, penumpang disarankan untuk tidak membukanya sendiri.

Terlihat agak kasar untuk membuka pintu sendiri. Setelah tiba di tujuan dan membayar ongkos, pengemudi akan kembali mengaktifkan pintu bagi penumpang untuk keluar.  Penumpang umumnya duduk di kursi belakang, tetapi kursi penumpang depan juga dapat digunakan jika sedang bepergian dalam jumlah banyak atau berkelompok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.