Sukses

Inggris Beri Sanksi pada Alina Kabaeva yang Diduga Kekasih Vladimir Putin

Alina Kabaeva, sosok yang diduga kekasih Vladimir Putin akan diberi sanksi oleh Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Inggris pada Jumat, 13 Mei 2022, memberi sanksi kepada Alina Kabaeva, pesenam juara Olimpiade yang diduga kekasih lama Vladimir Putin dan ibu dari beberapa anaknya. Hal itu merupakan sebuah langkah yang diperkirakan akan membuat marah Presiden Rusia saat perangnya di Ukraina mendekati hari ke-80.

"Sanksi hari ini akan menghantam komplotan rahasia yang berutang kekayaan dan kekuasaan kepada Putin, dan pada gilirannya mendukung Putin dan mesin perangnya," kata pemerintah Inggris dalam rilisnya, dikutip dari The Daily Beast, Sabtu (14/5/2022).

Negara-negara di seluruh dunia telah bekerja untuk memotong Putin dan lingkaran dalamnya oligarki dan kroni sejak invasi Februari ke Ukraina sebagai cara untuk meningkatkan tekanan pada Moskow dan memutuskan sekutu kunci dari sistem keuangan dunia. Tetapi tekanan semakin meningkat untuk memperluas daftar itu untuk memasukkan anggota keluarganya dan sekutu terdekatnya untuk membuat sanksi berat.

Sanksi Inggris yang menargetkan Kabaeva juga menargetkan neneknya, Anna Zatseplina. Selain itu, mantan istri Putin, Lyudmila Ocheretnaya, dan beberapa rekan, serta anggota keluarga lainnya.

Uni Eropa juga telah mengusulkan sanksi terhadap Kabaeva, salah satu otoritas sanksi Eropa mengatakan kepada The Daily Beast, tetapi sanksi potensial telah ditunda karena Hungaria keberatan atas pelarangan minyak dari Rusia. Bloomberg News pertama kali melaporkan sanksi tersebut.

Kabaeva, yang meraih emas dalam senam ritmik di Olimpiade 2004, telah pensiun dan mulai bekerja dalam politik sebagai anggota parlemen pro-Kremlin di Rusia. Sejak itu dia mendirikan yayasan amal dan telah bekerja sebagai kepala Grup Media Nasional Rusia, yang mengawasi media pro-pemerintah, menguangkan dengan gaji mendekati 12 juta dolar AS pada 2018, menurut The Wall Street Journal.

Kepemimpinannya dalam kelompok media, dan perannya dalam mendorong propaganda Rusia dan dengan demikian merusak integritas teritorial Ukraina dalam perang, adalah bagian dari mengapa dia siap untuk sanksi, Bloomberg News melaporkan. Kremlin telah membantah hubungan romantis antara Putin dan Kabaeva.

“Anggota keluarganya membentuk kontingen inti dari lingkaran dalamnya—menerima posisi kekuasaan karena afiliasi mereka dengan rezim,” kata pemerintah Inggris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kehidupan Pribadi

Pemerintahan Biden telah mempertimbangkan untuk memberikan sanksi kepada Kabaeva, tetapi dia terhindar dalam beberapa hari terakhir, sebagian karena pejabat Gedung Putih khawatir bahwa memberi sanksi padanya akan dipandang sebagai pukulan rendah dan pribadi sehingga Putin dapat meningkatkan perang di Ukraina sebagai tanggapan. Gedung Putih telah mengindikasikan bahwa lebih banyak sanksi akan datang.

“Tidak ada yang aman dari sanksi kami,” Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki, ketika ditanya tentang Kabaeva, mengatakan pekan lalu. “Ada lebih banyak yang mungkin akan kami lakukan.”

Cengkeraman yang semakin ketat di lingkaran dalam Kremlin datang ketika Putin mempertimbangkan untuk meningkatkan perang di Ukraina di luar wilayah timur negara itu, dalam kembali ke tujuan lamanya konflik, pejabat intelijen di pemerintahan Biden memperingatkan anggota parlemen minggu ini.

Namun, kehidupan pribadinya mungkin masih memberikan pengaruh yang lebih mudah berubah terhadap perang. Putin telah lama sensitif tentang kehidupan pribadinya, berusaha untuk menjaganya dari pandangan publik. Ada desas-desus bahwa Kabaeva melahirkan setidaknya satu dari anaknya di sebuah rumah sakit di Swiss pada tahun 2015, dan bahwa dia adalah ibu dari beberapa anaknya yang lain juga.

3 dari 4 halaman

Kobarkan Perang

Putin sebelumnya berkomentar tentang fokusnya yang kaku untuk melindungi kehidupan pribadinya dari pandangan publik. “Saya memiliki kehidupan pribadi di mana saya tidak mengizinkan campur tangan. Itu harus dihormati,” kata Putin menyusul laporan bahwa dia terlibat asmara dengan Kabaeva.

Ketika Koresponden Moskovsky melaporkan bahwa pernikahan sebelumnya Putin telah berakhir dengan perceraian, dan dia bertunangan untuk menikah dengan Kabaeva di Istana Konstatinovsky St. Petersburg, publikasi tersebut dengan cepat ditutup, dengan alasan masalah keuangan yang misterius.

“Tentu saja, masyarakat berhak mengetahui kehidupan tokoh masyarakat, tetapi bahkan dalam hal ini ada batasan tertentu,” kata Putin saat itu, menurut laporan dari RFERL.

Tapi Kabaeva, yang dikabarkan telah tinggal di sebuah chalet di Swiss sementara Putin mengobarkan perang, menurut laporan PageSix, mendapat banyak perhatian negatif karena mendapat keuntungan dari hubungannya dengan Kremlin. Sebuah petisi yang mendapatkan lebih dari 70.000 tanda tangan telah beredar, menyerukan pengusirannya dari Swiss. “Meskipun perang saat ini, Swiss terus menjadi tuan rumah kaki tangan rezim Putin,” bunyi petisi tersebut.

Tidak jelas, apakah saat ini apakah Kabaeva memang berada di Swiss. Departemen Kehakiman dan Polisi Federal Swiss “tidak memiliki indikasi kehadiran Kabaeva di Swiss,” kata juru bicara Kedutaan Besar Swiss di AS kepada The Daily Beast. Kabaeva juga tidak memiliki izin tinggal permanen di Swiss, kata juru bicara itu.

4 dari 4 halaman

Pro-Perang

Dia terlihat bulan lalu di sebuah acara senam di Moskow, menurut foto yang diposting Ekaterina Sirotina, pelatih kepala tim senam ritmik nasional junior Rusia di Instagram. Terlepas dari sejauh mana rumor hubungan romantisnya, Kabaeva telah diperkaya oleh pekerjaannya untuk rezim dan tampaknya mendorong propaganda pro-Kremlin dan pro-perang.

Baru bulan lalu, dia berdiri di depan poster yang menunjukkan logo "Z", simbol dukungan untuk perang Rusia di Ukraina, untuk menyampaikan sambutan di acara senam. “Setiap keluarga memiliki kisah terkait perang, dan kita harus meneruskan kisah ini ke generasi berikutnya,” kata Kabaeva. “Kami hanya akan menang dari ini.”

Putin mungkin tidak memiliki pihak netral di Swiss untuk melindungi wanita simpanannya, meskipun negara itu cenderung menyatakan netralitas. Swiss telah bergabung dengan negara-negara Eropa dan Barat lainnya untuk memberikan sanksi kepada Rusia dan menerapkan tindakan hukuman.

Meskipun Jacques Pitteloud, duta besar Swiss untuk AS, telah mengatakan negaranya akan mempertahankan definisi hukum netralitas, Swiss telah memberikan sanksi kepada ratusan orang Rusia sejak perang dimulai, termasuk dua putri Putin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.