Beach Club Raffi Ahmad Viral karena Tagihan Jutaan Rupiah, Seporsi Nasi Goreng Dijual Rp105 Ribu

Oleh Asnida Riani pada 13 Mei 2022, 16:04 WIB
Diperbarui 13 Mei 2022, 16:14 WIB
[Fimela] Raffi Ahmad
Perbesar
Raffi Ahmad. (Adrian Putra/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menambah panjang portofolio bisnisnya, Raffi Ahmad telah membuka Marawa Beach Club di Padang, Sumatra Barat. Setelah acara pembukaan beach club berlangsung meriah pada 7 Mei 2022, tempat ini viral di media sosial karena tagihan total jutaan rupiah.

Keriuhan tersebut berawal dari unggahan pengguna Facebook, Fatih Frederik Samuel Sinambela, baru-baru ini. Tampak di sana bahwa ia harus membayar tagihan senilai Rp1,2 juta-an, yang mana unggahan itu dibagikan ulang oleh banyak akun, termasuk akun Instagram @lambenyinyir_official.

Dari tangkapan layar tersebut, terlihat menu yang dipesan antara lain lima air mineral yang dijual Rp25 ribu per botol. Kemudian, dua minuman lain bernama Rose of My Eyes dan Stawberry Crush seharga masing-masing Rp48 ribu. Minuman lainnya adalah es teh regular seharga Rp30 ribu.

Ia juga memesan tiga porsi nasi goreng seharga Rp105 per porsi. Daftar pesanannya bertambah panjang dengan tiga porsi kwetiau daging seharga Rp115 ribu per porsi. Juga, dua burger yang harga per porsinya Rp55 ribu. Pihak beach club juga mengenakan pajak dan biaya servis sebesar 18 persen, yakni Rp183 ribu-an.

Dalam unggahan yang dimaksud, si pemilik akun menyertakan lagu Keterlaluan milik Meggy Z, seolah menunjukkan harga menu beach club yang berlokasi di kawasan Pantai Air Manis, Kota Padang ini terlampau mahal. Namun, warganet justru merespons kebalikan atas tagihan jutaan rupiah di beach club milik Raffi Ahmad itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Aturan Kunjungan

Marawa Beach Club milik Raffi Ahmad. (Instagram @marawabeachclub)
Perbesar
Marawa Beach Club milik Raffi Ahmad. (Instagram @marawabeachclub)

Banyak pengguna media sosial menyebut "tidak ada yang salah dengan tagihan tersebut." Jika memang pelanggan tersebut menganggap harga menu di beach club Raffi Ahmad terlalu mahal,  "berarti ia bukan target pasarnya."

"Lagian itu yang makan juga banyak ya. Jadi, kayaknya masih wajar," komentar seorang warganet, ada juga yang menulis, "Itu sudah sesuai sama harga yang ada di highlight (akun Instagram Marawa Beach Club). Harusnya enggak ada yang salah."

Menurut pantauan Liputan6.com, Jumat (13/5/2022), ada unggahan Instagram Story di bagian highlight yang memperlihatkan menu beach club tersebut beserta harganya. Jika dibandingkan dengan unggahan yang dimaksud, tidak ada kekeliruan harga tagihan.

Beach club milik Raffi Ahmad disebut menyasar keluarga sebagai pengunjung mereka. Tampak bahwa aturan kunjungannya tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, namun juga anak-anak.

Untuk memasuki beach club tersebut, pengunjung perlu melakukan reservasi agar pasti mendapat tempat. Pengelola juga menetapkan minimal belanja. Di Marawa Beach Club, pengunjung dewasa dipatok Rp100 ribu, sedangkan anak-anak di bawah 12 tahun Rp 50 ribu.

 


Menu Beach Club Raffi Ahmad

Marawa Beach Club milik Raffi Ahmad. (Instagram @marawabeachclub)
Perbesar
Marawa Beach Club milik Raffi Ahmad. (Instagram @marawabeachclub)

Soal menu, beach club milik Raffi Ahmad ini menyediakan minuman dan makanan. Minumannya bervariasi, mulai dari signature mocktail, house special celebration, fresh juice, smoothies dan milk shake, kopi, teh, minuman bersoda, serta air mineral, dengan rentang harga mulai dari Rp20 ribu--Rp52 ribu.

Sementara itu, menu makanannya juga tidak beragam. Ada makanan pembuka, termasuk salad dan ragam sup, yang dijual dengan harga Rp80 ribu per porsi. Kemudian, light meal, seperti kentang goreng, olahan sayap ayam, hot dog, kebab, serta pizza dengan rentang harga Rp30 ribu--Rp90 ribu.

Pilihan makanan utamanya antara lain beragam pasta, nasi goreng, iga bakar, satai, dan kwetiau seharga Rp85 ribu--Rp220 ribu. Tidak ketinggalan, ada juga dessert dengan pilihan menu berupa panacotta (Rp65 ribu) dan brulle atau carrot cake (Rp45 ribu).

Kanal Showbiz Liputan6.com melaporkan, acara pemukaan beach club ini dihadiri pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, beserta kedua anak mereka, Rafathar dan Rayyanza.


Perpaduan Kultur Lokal dan Sentuhan Modern

Marawa Beach Club milik Raffi Ahmad. (Instagram @marawabeachclub)
Perbesar
Marawa Beach Club milik Raffi Ahmad. (Instagram @marawabeachclub)

Juga di acara pembukaan beach club tersebut, hadir pula salah seorang diva Indonesia, Reza Artamevia, sebagai penampil, selain Once Mekel dan Maliq and D'Essentials. Meski berlokasi jauh dari pusat kota, mereka yang datang tampak antusias.

Di salah satu unggahan Instagram-nya, terlihat bahwa konsep beach club ini menjaga ciri khas arsitektur lokal dengan sentuhan tradisional di sana sini. "A work in progress - an architecture that upholds local cultural values ​​with a modern touch. Marawa Beach Club segera hadir di Pesisir Pantai Air Manis Padang," bunyi keterangan unggahan tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Raffi juga memilih bekerja sama dengan arsitek dan perajin setempat demi mewujudkan visual bangunan tersebut. "A collaboration of our talented local architectural designer @wandi_uwa_krisdian and craftsmanship of @effstudio will soon take place at the seashore of Padang," tulis pihak Rans.

Hingga akhirnya bila dicermati, bentuk bangunan beach club ini mirip dengan Rumah Gadang yang merupakan rumah adat Sumatra Barat. Ukurannya yang besar membuat bangunan beach club tersebut terkesan megah.

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia
Perbesar
Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya