Sukses

THR Habis, Begini Caranya Mengatur Keuangan hingga Gajian Selanjutnya Tiba

THR habis, padahal kamu masih harus memenuhi berbagai kebutuhan hidup setelah Lebaran. Bagaimana cara mengatur keuangan sampai gajian lagi ya?

Liputan6.com, Jakarta Euforia Lebaran sudah selesai, saatnya kembali menjalani kesibukan sehari-hari. Tapi, back to reality nggak sebatas hanya kembali bekerja saja. Kenyataan bahwa saldo rekening menipis setelah belanja berbagai kebutuhan Lebaran hingga bagi-bagi THR buat keluarga jadi hal yang harus kamu hadapi sekarang.

THR habis, padahal kamu masih harus memenuhi berbagai kebutuhan hidup setelah Lebaran. Bagaimana cara mengatur keuangan sampai gajian lagi ya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hitung Sisa Uang yang Ada

Begitu menyadari kalau THR habis, langkah pengaturan yang perlu dilakukan adalah menghitung sisa uang yang ada. Hal ini sangat penting agar kamu memahami betul berapa budget yang bisa dibelanjakan untuk bertahan hidup hingga gajian tiba.

Setelah mengetahui jumlah uang yang tersisa, selanjutnya bagi dengan berapa hari yang tersisa hingga tanggal gajian. Jumlah yang keluar itulah yang bisa jadi patokan berapa uang yang bisa dikeluarkan setiap harinya.

3 dari 5 halaman

Pangkas Pengeluaran yang Nggak Perlu

Saat dompet sudah menipis, sudah waktunya sadar diri kalau nggak boleh berfoya-foya lagi. Jadi, memangkas pengeluaran yang nggak perlu adalah jalan ninja yang harus dilakukan. Misalnya, saat ada promo flash sale produk kecantikan, jangan mudah tergiur karena saat Lebaran kemarin kamu sudah banyak membeli barang.

Begitu pun pengeluaran lainnya misalnya untuk hangout atau belanja. Selama nggak terlalu diperlukan, sebaiknya pangkas dan tahan diri agar uang yang tersisa bisa bertahan hingga waktu gajian tiba.

4 dari 5 halaman

Lakukan Berbagai Langkah Penghematan

Jika saldo rekening sudah begitu menipis, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai langkah penghematan. Misalnya dengan mengurangi beli makan di luar, sebagai gantinya adalah membawa bekal dengan masak sendiri di rumah. Meskipun terlihat sepele, tapi makanan ternyata bisa menyita budget yang cukup banyak, lho.

Begitu pun saat ingin membeli sesuatu baik secara online maupun offline. Cari harga barang paling murah atau gunakan voucher diskon demi mendapatkan potongan harga. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan barang yang kamu butuhkan dengan lebih bernilai value for money.

5 dari 5 halaman

Hindari Godaan Menggunakan Tabungan

Saat sisa gaji sudah tinggal nggak seberapa lagi, biasanya akan muncul godaan untuk menggunakan uang tabungan yang ada. Alasan untuk healing atau tanda apresiasi diri banyak digunakan sebagai pembelaan. Tapi, tahu nggak sih kalau kebiasaan ini bisa memberikan pengaruh negatif pada kondisi keuanganmu?

Selain jumlah tabungan berkurang, kamu juga akan terbiasa menggunakan tabungan dengan berbagai alasan pembenaran. Kalau sudah begitu, bisa jadi malah nantinya makin sulit dalam mengelola keuangan. Jadi, tetap disiplin menggunakan sisa uang yang ada dan menjauhlah dari tabungan.

Disiplin mengatur keuangan adalah kunci dari hidup tenang di masa depan. Jadi, mulai biasakan diri untuk mengelola gaji dengan tepat ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini