6 Makanan Favorit di Bali, Halal dan Bikin Ketagihan!

Oleh Gilar Ramdhani pada 11 Mei 2022, 16:10 WIB
Diperbarui 11 Mei 2022, 16:10 WIB
6 Makanan Favorit di Bali, Halal dan Bikin Ketagihan!
Perbesar
Ayam Betutu dan Sate Lilit. (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Di samping pantai-pantai eksotis nan menawan dan destinasi kekinian yang instagramable, Bali menawarkan wisata kuliner tradisional yang lezat dan bikin siapapun yang sudah mencicipi akan ketagihan. Jika kamu berencana berlibur ke Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan favorit berikut ini.

Beberapa tempat di bawah ini bukan hanya memanjakan lidah tapi juga mata lho.

1. Ayam Betutu dan Sate Lilit

 

Ayam Betutu dan Sate Lilit
Perbesar
Ayam Betutu dan Sate Lilit. (Shutterstock)

Liburan ke Bali rasanya gak lengkap kalau tidak mencicipi hidangan khas Bali yakni Ayam Betutu. Ayam dikukus ataupun dipanggang dengan tambahan rempah-rempah yang akan citarasa. Rempah betutu terdiri dari bawang merah, putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri cabai, terasi dan kacang yang semuanya ditumbuk halus. Kemudian dioleskan pada ayam. Kamu bisa kunjungi Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk Jalan Raya Tuban, Kuta, Bali.

Sudah cicipi ayam betutunya, gak lengkap tanpa sate lilit. Untuk menu halal, pilih sate Lilit yang terbuat dari daging ikan, ayam, dan sapi. Daging cincang yang telah diberi bumbu kemudian dililit pada bambu, tebu, ataupun sereh (serai), dan dipanggang.

 


2. Nasi Campur Ayam

Nasi Campur Ayam
Perbesar
Nasi Campur Ayam. (Shutterstock)

Makanan favorit selanjutnya adalah nasi campur ayam. Menu yang kamu dapatkan antara lain, nasi putih, ayam dengan bumbu betutu atau garang asem, ayam suwir, sate lilit ayam, pepes ayam urap, ongseng ati ampela, kacang goreng, sayur buncis potong dan telur. Isi menu bisa berbeda-beda tergantung pilihan tempat makan. Kalau untuk nasi campur, kamu bisa cobain Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Warung Nasi Ayam Bu Oki, hingga Warung Nasi Ayam Men Weti.

3. Nasi Pedas Bu Andika

Makanan lezat Bali identik rasa pedas. Nah, jangan lewatkan nasi pedas Bu Andika di daerah Kuta, Bali. Mampir ke warung ini, kamu akan merasakan suasana warteg pada umumnya. Tersedia beragam pilihan lauk enak dari ayam, daging, ikan, dan masih banyak lainnya. Lengkap dengan pilihan sayur dan sambal pedasnya yang mantap.

4. Sop Kepala Ikan Bumbu Kuning

 

Sop Kepala Ikan Bumbu Kuning
Perbesar
Sop Kepala Ikan Bumbu Kuning. (Shutterstock)

Untuk kamu penggemar kuliner ikan, maka sajian sop kepala ikan bumbu kuning khas Bali dari Warung Mak Beng gak boleh kamu lewatkan. Warung Mak Beng ini memiliki menu utama yang dijual yaitu ikan goreng dengan sayur sop kepala ikan bumbu kuning plus sambalnya yang khas. Meski terkesan sederhana, namun sop kepala ikan Mak Beng menjadi buruan warga lokal maupun wisatawan. Ikannya terasa segar dan fresh. Selain itu, tidak bau amis karena sudah diolah juga dengan beberapa rempah-rempah seperti jeruk nipis dan daun salam.

 


5. Bebek Tepi Sawah Ubud

Bebek Tepi Sawah Ubud
Perbesar
Bebek Tepi Sawah Ubud. (Shutterstock)

Meski Bebek Tepi Sawah sudah tersedia di sejumlah kota besar, namun belum afdol bila tidak mengunjungi restoran Bebek Tepi Sawah Ubud Bali. Di sini, penggemar kuliner bisa menikmati menu-menu favorit Bebek Tepi Sawah dengan pemandangan sawah hijau yang tertata rapi.

Banyak menu enak yang bisa kamu pilih, tapi juaranya tetap saja Bebek Goreng dengan tiga pilihan sambalnya. Selesai makan, jangan lupa untuk foto-foto di sejumlah spot yang sudah instagramable.

6. Santap Seafood di Pinggir Pantai

Untuk kamu yang ingin kuliner sembari merasakan suasana pantai plus matahari tenggelam atau sunset, pergilah ke Jimbaran. Di sana berjejer banyak warung makan dan restoran yang menyajikan beragam Seafood sebagai menu utama. Bila baru pertama kali mencoba, jatuhkan pilihan pada Menega Cafe. Cafe ini menyediakan beragam seafood segar yang langsung dimasak. Rasanya gak perlu ditanya lagi, sudah banyak orang yang terpuaskan.

Itulah sejumlah makanan favorit di Bali dan beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi. Karena traveling dan wisata kuliner adalah satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan, pastikan untuk menyiapkan uang yang cukup agar lebih puas untuk kulineran.

Urusan Tiket Pesawat, kamu bisa pesan melalui Tokopedia. Mudah pesannya dan tersedia Tiket Pesawat Murah karena di Tokopedia selalu ada promo dan diskon yang bisa kamu manfaatkan. Jadwalkan perjalanan kamu ke Bali jauh-jauh hari dan pesan Tiket Pesawat Jakarta Bali melalui Tokopedia.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya