Rambut Marilyn Monroe yang Diterima Kim Kardashian Sebagai Hadiah Bukan Asli?

Oleh Putu Elmira pada 10 Mei 2022, 10:05 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 10:07 WIB
Kim Kardashian di Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)
Perbesar
Kim Kardashian di Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)

Liputan6.com, Jakarta - Kim Kardashian menjadi sorotan dunia lewat penampilannya di karpet merah Met Gala 2022. Kala itu, ibu empat anak ini mengenakan salah satu gaya paling ikonik dari mendiang aktris ternama Amerika Seikat, Marilyn Monroe.

Dikutip dari New York Post, Selasa (10/5/2022), gaun itu dipinjam dari Ripley's Believe it Or Not! Museum di Orlando, Florida. Pihak museum juga dilaporkan mengejutkan Kim Kardashian dengan yang diklaim sebagai seikat rambut platinum Marilyn Monroe.

Rambut tersebut dipotong tepat sebelum Marilyn Monroe menyanyikan lagu untuk Presiden John F. Kennedy di Madison Square Garden saat ulang tahunnya pada 1962. Namun, sejarawan Monroe Scott Fortner mengklaim telah menyanggah sebagian cerita Ripley, dan mungkin memiliki tanda terima untuk membuktikannya.

"News Alert: Marilyn Monroe Hair Gifted to Kardashian by Ripley’s is Fake (Pengumuman: Rambut Marilyn Monroe yang Dihadiahkan kepada Kardashian oleh Ripley's adalah Palsu)," begitu bunyi keterangan yang Fortner tulis di Instagram.

Pada Jumat, 6 Mei 2022, kolektor tersebut membagikan kembali klip Ripley yang menunjukkan Kim Kardashian yang menerima hadiahnya. Unggahan berikutnya diikuti oleh tangkapan layar dari situs web museum, dan apa yang diklaim Fortner sebagai foto tanda terima salon rambut pada 1962.

Fortner dikatakan menyimpan koleksi pribadi terbesar di dunia dari properti dan arsip Monroe, menurut situs webnya TheMarilynMonroeCollection.com. Ia juga membagikan unggahan blog yang menyebut seikat rambut Monroe yang dihadiahi untuk Kardashian adalah "palsu."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kata Pihak Ripley

Kim Kardashian dan Pete Davidson di Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)
Perbesar
Kim Kardashian dan Pete Davidson di Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)

Dalam sebuah pernyataan kepada The Post, Ripley's mengklarifikasi deskripsi mereka tentang seikat rambut yang diberikan kepada Kardashian, serta seikat "kedua, terpisah" yang hanya ditampilkan di ruang ganti Met Gala. Keduanya tidak dapat dikaitkan secara pasti dengan hari ulang tahun JFK.

Menurut deskripsi awal Ripley, "seikat dipotong oleh penata rambutnya Robert Champion tepat sebelum penampilannya di Madison Square Garden," ketika dia menyanyikan "Selamat Ulang Tahun" kepada politisi tersebut. Museum mencatat bahwa seikat rambut bob pirang khas bintang Hollywood itu "dikonfirmasi oleh John Reznikoff, salah satu ahli paling dihormati dan tepercaya di bidang pengumpulan rambut."

Museum kini menyatakan bahwa kedua ikat rambut yang ditampilkan dalam video mereka dengan Kardashian, dan yang digambarkan di ruang ganti di situs web mereka adalah asli. Namun, mereka mengakui bahwa mereka tidak dapat membuktikan bahwa seikat rambut yang semula milik Champion diambil sebelum pertunjukan MSG.

"Rambut yang diberikan kepada Kim adalah yang diberikan Marilyn Monroe kepada Robert Champion. Kliping ini diautentikasi oleh John Reznikoff, salah satu pakar paling dihormati dan tepercaya di bidang pengumpulan rambut. Itu diberikan kepada Kim di Ripley's Orlando HQ pada 23 April 2022 – bukan malam Met Gala. Kliping kedua yang berbeda dipamerkan di ruang ganti Kim's Met Gala pada 2 Mei 2022," merinci Ripley dalam koreksi mereka kepada The Post.

"Artikel di Ripleys.com yang merinci sampel yang ditampilkan di ruang ganti Kim telah diubah," kata mereka, dan memberikan surat pengesahan pada 2006 dari ahli rambut mereka, Reznikoff.


Tudingan

Kim Kardashian pakai gaun lain Marilyn Monroe setelah Met Gala 2022. (dok. Instagram @kimkardashian/https://www.instagram.com/p/CdOTrhNFJAe/)
Perbesar
Kim Kardashian pakai gaun lain Marilyn Monroe setelah Met Gala 2022. (dok. Instagram @kimkardashian/https://www.instagram.com/p/CdOTrhNFJAe/)

Fortner menuduh bahwa Champion penata rambut tidak pernah menyentuh rambut Monroe pada malam itu. "Paul Fraser Collectibles menjual rambutnya pada 2019," jelasnya dalam keterangan unggahannya.

Ia melanjutkan, "Deskripsi mereka: 'Hanya beberapa jam sebelum penampilannya, Monroe mengunjungi penata rambut pribadinya Robert Champion di Coiffures Americana Beauty Salon, bertempat di dalam department store mewah Bergdorf Goodman di Fifth Avenue.'"

"Orang bisa berasumsi rambut yang diberikan kepada KK adalah bagian dari banyak rambut yang dipotong oleh Robert Champion 'sesaat sebelum pertunjukan MSG-nya.'" tambahnya.

"News Flash: Robert Champion tidak memotong dan menata rambut Marilyn untuk gala JFK. Itu sebenarnya satu-satunya 'Mr. Kenneth' (Kenneth Battelle) yang mendapat kehormatan," Fortner bersaksi di media sosial.

"Battelle bertanggung jawab atas gaya rambut Marilyn yang terkenal sejak malam itu, sebagaimana didokumentasikan oleh tanda terima dari Lilly Dache Beauty Salon ... Tanda terima, tertanggal 25 Mei 1962, mencantumkan 'Hair Dress' dan referensi 18 dan 19 Mei 1962. 19 Mei adalah tanggalnya tanggal gala Kennedy. Di bagian bawah kwitansinya tertulis, 'Kenneth Services at home Fri + Saturday.' Marilyn membayar $150 untuk layanan tersebut," jelas ahli tersebut.


Turun 7 Kg

Kim Kardashian
Perbesar
Kim Kardashian kenakan gaun yang pernah dikenakan Marilyn Monroe pada Met Gala 1962 (dok.Instagram/@metgalaofficial/https://www.instagram.com/p/CdE8vigq6lm/Komarudin)

Berbicara dengan pembawa acara Vogue La La Anthony, Kardashian mengaku betapa sulitnya untuk tidak hanya mencari gaun ikonik tetapi juga bisa pas mengenakannya. "Rasanya seperti mempersiapkan sebuah peran," kata Kardashian, yang dilaporkan mendapatkan gaun itu setelah beberapa kali melakukan perjalanan tertutup ke Ripley's Believe It or Not!, yang memiliki gaun itu bersama mereka setelah membelinya seharga lebih dari 5 juta dolar AS pada 2016 lalu.

Ia juga berbagi bahwa tim Ripley tidak berpikir dia bisa muat ke dalam gaun pada awalnya, yang membuatnya ingin lebih cocok dan memicu komitmennya. Kim memakai gaun ikonis yang sebelumnya dikenakan mendiang Marilyn Monroe, saat menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Presiden John F Kennedy pada 19 Mei 1962.

Gaun untuk momen yang dikenang sebagai "Happy Birthday, Mr. President" ini, dikenakan Marilyn Monroe tiga bulan sebelum ia meninggal dunia. Didesain oleh Jean Louis, gaun ini seharga 12 ribu dolar AS, dan kabarnya memiliki desain sangat ketat. Tak heran, Kim Kardashian dikabarkan sampai harus menurunkan berat badan sampai tujuh kilogram. Namun, tindakan Kim memakai baju bersejarah ini menuai kritik dari pakar.

Profesor Dr. Justine De Young dari Fashion Institute of Technology, mengatakan bahwa tindakan ini tak bertanggung jawab dan tak perlu dilakukan. Ia khawatir gaun itu mengalami kerusakan.

"Dia bisa--dan ia melakukannya--memesan replika yang sangat mirip dengan aslinya. Gaun ikonis yang merupakan bagian dari sejarah Amerika tak seharusnya mendapat risiko kerusakan, hanya untuk membesarkan ego dan untuk foto-foto," kata dikutip dari People, Rabu (4/5/2022).

Infografis Desainer Indonesia di Pentas Fesyen Dunia
Perbesar
Infografis Desainer Indonesia di Pentas Fesyen Dunia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya