Viral, Calon Pengantin Pria Bawa Rombongan 3.000 Orang ke Rumah Calon Pengantin Wanita

Oleh Komarudin pada 10 Mei 2022, 03:02 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 03:02 WIB
Calon pengantin pria bawa rombongan 3000 orang
Perbesar
Calon pengantin pria membawa rombongan 3.000 orang saat acara seserahan pernikahan yang berlangsung di Desa Ciranca, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Senin, 9 Mei 2022. (dok.TikTok/Kangpotowirakha/@sundanese.guy)

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan jadi momen yang sangat membahagiakan bagi pasangan calon pengantin. Apalagi, jika saat proses pernikahan tersebut dihadiri oleh keluarga besar, tetangga, dan sahabat.

Baru-baru ini, akun TikTok tukangpoto Wirakha @sundanese.guy, mengunggah sebuah video proses pernikahan yang dihadiri sekitar 3.000 orang dari pihak calon pengantin pria. Lokasi pernikahan berlangsung di Desa Ciranca, Kecamatan Malausma, Kabupaten, Majalengka, Senin, 9 Mei 2022.

Video tersebut kemudian diunggah oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia membagikan video tersebut melalui akun Instagram pribadinya pada Senin, 9 Mei 2022, dengan memberi judul video tersebut 'Indahnya Prosesi Menikah'.

Sebelum prosesi pernikahan berlangsung, tulis Ridwan Kamil, terjadi dialog antara calon pengantin wanita (CPW) dengan calon pengantin pria (CPP). Dalam dialog tersebut, CPW bertanya kepada CPP tentang tamu yang akan datang.

"Pas prosesi akad nikah, kira2 berapa banyak keluarga yang mau datang?" tanya CPW. "Dikitlah, paling keluarga inti. Suguhan secukupnya aja," jawab CPP. Saat hari H, calon pengantin pria berkata, "Inilah keluarga inti kami..."

"Info tamu 3000 org kirain cuma bercanda. Ternyata..." seperti ditulis dalam video itu. Dalam video itu, tampak calon pengantin pria mengenkan setelan putih lengkap dengan pecinya tampak berjalan di depan di dampingi keluarga mereka.

Di belakang mereka tampak orang menyemut. Mereka kebanyakan perempuan dan anak-anak itu jalan di belakang pengantin dengan tertib. Mereka berjalan beriringan dengan semangat.

Rombongan calon pengantin pria mengenakan pakaian warna-warni tampak membawa perlengkapan untuk acara pernikahan tersebut. Beberapa orang perempuan tampak membawa keperluan untuk acara itu yang dimasukkan dalam sejumlah kotak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Reaksi Warganet

Calon pengantin pria bawa rombongan 3000 orang
Perbesar
Calon pengantin pria membawa rombongan 3.000 orang saat acara seserahan pernikahan yang berlangsung di Desa Ciranca, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Senin, 9 Mei 2022 (dok.TikTok/Kangpotowirakha/@sundanese.guy)

Unggahan tersebut mendapat beragam reaksi dari warganet. "Nganter pengantin apa mau pawai obor :(," canda seorang warganet. "Ini mah konstituennya diajak semuaa," timpal warganet yang lain.

"Selamat untuk yang masak," kata warganet yang lain. "Balik modal nih klo nikah undangan yang datang segini banyaknya 😍😍😍😍😍😍😍😍," gurau warganet lainnya.

"Tukang catering na dikabarkeun mah pingsan heeehhe," timpal follower Ridwan Kamil yang lain. "Baru stngh tamu,sop nya udh habis :(," timpal warganet lainnya.

"Dapur umum ketar ketir melihat ini," kata yang lain. "kaya di kampung sayang asem Cicalengka ga sih neng itu jalannya?" komentar warganet berusaha untuk menebak iring-iringan calon pengantin pria itu. 

"ini sodara kandung, sodara dekat, sodara jauh, sodara gx dikenal pun juga di ajak😂," cetus seorang pengguna TikTok. "ga kebayang bagian cuci piring 😳," sahut warganet lainnya.

"Sukses selalu buat apapun yang di kerjakan oleh @Kangpoto WIRAKHA, semoga cepat tersemogakan. Amin," harap seorang pengguna TikTok yang lain.

 


Komentar Wirakha

Kangpoto Wirakha
Perbesar
Kangpoto Wirakha mengatakan rombongan dari calon pengantin pria memang sebanyak 3000 orang (dok.TikTok/Kangpotowirakha/sundanese.guy)

Menurut Kangpoto Wirakha, tamu ada yang akan datang sebanyak 3000 hanya bercanda. Ternyata, besoknya saat tamu pengantin pria datang, tamunya memang sebanyak itu.

"Aku kaget soalnya seumur-umur memoto di dunia per weddingan, baru kali ini lihat seserahan tim pengantin pria sebanyak itu. Saya moto banyak banget, tapi belum sampe ke ujungnya," ujar dia. "Aku nggak menyangka videonya seviral ini, guys," imbuhnya.

Dalam video yang tampak, iring-iringan calon pengantin pria itu baru rombongan ibu-ibu. Sementara di bekakang mereka, ada masih banyak rombongan bapak-bapak.

Menurut Kangpoto Wirakha, tradisi pernikahan di Majalengka terbilang masih kompak. Para tetangga, saudara, ikut mengantar seserahan dan calon pengantin ke rumah calon pengantin perempuan.

"Pengantin pria dan wanita itu masih satu desa, hanya beda dusun saja. Karena lokasinya nggak jauh, calon pengantin pria dan rombongannya nggak naik mobil, mereka jalan kaki rame-rame ke lokasi calon pengantin wanitanya," papar dia.

 


Berjalan Lancar

Calon pengantin pria bawa rombongan 3000 orang
Perbesar
Calon pengantin pria membawa rombongan 3.000 orang saat acara seserahan pernikahan yang berlangsung di Desa Ciranca, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Senin, 9 Mei 2022 (dok.TikTok/Kangpotowirakha/@sundanese.guy)

Ia juga menjelaskan tentang kekhawatiran para warganet, tentang makanan, dan yang mencuci piring. Ia mengatakan acara pernikahan tersebut berjalan sangat lancar.

"Karena mungkin tamu sebanyak itu juga sudah diperhitungkan oleh pihak yang punya hajat. Mereka telah memperhitungkan makanannya berapa banyak," kata tukangpoto Wirakha.

Ia menyebutkan bahwa ada dua lokasi prasmanan. Setibanya para tamu, mereka dipersilakan untuk makan lebih dahulu. "Setelah itu, baru acara (pernikahan) dimulai. Acara semuanya berjalan lancar," tegas dia.

Ia mengatakan untuk mengerjakan pemotretan pernikahan tersebut, ia harus menginap semalam di Majalengka. Ia mengetahui jumlah tamu yang akan datang sebanyak 3.000 orang dari keluarga calon pengantin wanita.

"Besok tamunya ada 3.000 orang," kata dia, menirukan ucapan keluarga calon pengantin wanita. "Eh, ternyata, benar adanya."

Ia benar tak menduga video tersebut mendapat tanggapan dari masyarakat. "Tadi aja, yang nonton di TikTok sudah 12 juta. Di Instagram juga banyak banget yang repost, sampai Bapak Ridwan Kamil," ucap dia.

 

Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Perbesar
Infografis Gaun Pernikahan Raisa (Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya