Sukses

Andy Lau Pamer Ngepel Lantai Kamar Sendiri, Warganet Merasa Senasib

Andy Lau mengunggah aksinya mengepel lantai lewat akun media sosial pribadinya.

Liputan6.com, Jakarta - Status pesohor global tersemat pada nama Andy Lau. Meski begitu, aktor asal Hong Kong tersebut ternyata tak ragu turun tangan langsung mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Pemeran Yoko dalam serial Return of Condor Heroes itu baru saja mengunggah video ia mengepel lantai berdurasi 30 detik lewat akun Douyin pribadinya, aplikasi mirip TikTok, pada Jumat, 6 Mei 2022.

Dikutip dari laman South China Morning Post, Senin (9/5/2022), sosok Andy yang kini berusia 60 tahun nyaris tak dikenali. Dengan potongan rambut hitam berponi, ia mengenakan kaus sederhana dan menggulung celana jogingnya. 

Dengan semangat, ia mengepel lantai kamar tidur menggunakan alat pel bergagang hijau. Gerakannya gesit dan terlihat berpengalaman. Ia terlihat menggeser koper agar bisa menjangkau area bawah meja samping tempat tidur lebih leluasa.

Dalam kolom keterangan, ia menuliskan dalam aksara China yang berarti, "1 Mei berlanjut". Tanggal 1 Mei yang dimaksud adalah Hari Buruh yang dimaknai dengan arti sebenarnya. 

Di tengah video itu, ia juga menyisipkan pesan, "Jangan malas, keempat sudut harus dibersihkan." Di akhir video, Andy Lau yang mengenakan masker berpose sambil tersebut dan melambai ke kamera.

Terlepas apakah itu bermaksud untuk beriklan atau bukan, video tentang Andy Lau mengepel kamar dengan cepat jadi viral. Hanya dalam dua hari, video itu berhasil disukai 3,6 juta kali dan mengundang lebih dari satu juta komentar. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Dianggap Palsu

Aksi Andy Lau jelas menarik perhatian. Sebagian warganet mengaku tak percaya bila sosok yang mengepel lantai itu adalah sang bintang Asia. 

"Siapa lagi yang merasa ini bukan Andy Lau sebenarnya?" tulis seorang warganet. Sementara, yang lain berpikir video tersebut diunggah oleh akun palsu.

Namun, tak sedikit yang terkejut dengan tindakannya. "Bahkan megabintang membersihkan rumahnya sendiri. Aku tak merasa terlalu buruk sekarang!" tulis warganet.

"Dia terlihat ganteng meski sedang mengepel lantai," imbuh yang lain.

"Saya tadinya hanya melewati (video) itu saja tanpa memikirkan apapun untuk dilihat, tapi akhirnya memutar ulang (video) setelah menyadari itu Andy Lau."

"Dia terlihat sangat terlatih mengepel lantai."

Namun, beberapa orang mempertanyakan mengapa Andy harus memakai masker di rumahnya sendiri. Mereka juga kaget mengapa bintang film itu memilih pakai alat pel tradisional daripada robot pembersih yang semestinya mampu ia beli.

3 dari 4 halaman

Jaga Badan

Tak ada yang menampik bahwa aktor bernama lengkap Andy Lau Tak-wah itu masih awet muda. Posturnya juga masih tegap. Hal itu diyakini berkat kerja keras dan disiplin yang luar biasa. Ia dikatakan rela puasa nasi selama bertahun-tahun.

Dilansir dari Today, Kamis (9/12/2021), hal ini diungkap oleh sutradara Hong Kong Wong Jing, saat tampil dalam acara variety show China, Hi Director. Kala itu, ia sedang ngobrol dengan Han Xue dan Fan Chengcheng.

"Andy Lau enggak makan nasi dalam 10 tahun.. Gaya hidup seperti ini bukan untuk manusia." kata dia saat menanggapi omongan Fan Chengcheng.

Ia kemudian membagikan cuplikan video ini di Weibo miliknya. Ia menjelaskan bahwa disiplin diri bagi para artis ini adalah hal yang wajib.

Wong Jing menambahkan, "Menjadi seleb mungkin kelihatan glamor di permukaan, tapi sulit membayangkan kerja keras yang mereka lakukan di balik layar."

4 dari 4 halaman

Naik Kelas Ekonomi

Sikap membumi Andy Lau sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Ia pernah ketahuan naik pesawat ekonomi menuju Malaysia, pada pertengahan 2019. Meski telah mengenakan topi, masker, kacamata hitam, tetap saja wajahnya diketahui penumpang lainnya.

Bahkan, tak segan salah satu penumpang untuk mengabadikan Andy Lau di ponselnya dan diikuti penumpang lain. Momen itu juga bukan kali pertama bagi Andy Lau. Ia juga ketahuan duduk di kursi ekonomi setelah seorang pramugari Tiongkok berbagi foto dirinya dengan Andy Lau di media sosial.

Semula, sang pramugari tidak yakin Andy Lau menerima permintaannya untuk selfie. Betapa terkejutnya wanita ini saat Andy mau foto bersama dengan dirinya. Fotonya bersama Andy Lau langsung diposting di Weibo.

"Aku sangat senang! Aku merasa bahwa inilah takdirku bisa bertemu dengannya. Orang-orang mengatakan bahwa kami mirip dan aku setuju. Aku merasa sangat diberkati dan aku akan merasa bahagia sepanjang tahun," tulisnya, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.