Masjid 99 Kubah yang Didesain Ridwan Kamil Jadi Ikon Kota Makassar

Oleh Henry pada 09 Mei 2022, 13:17 WIB
Diperbarui 09 Mei 2022, 13:57 WIB
Masjid 99 Kubah yang Didesain Ridwan Kamil Jadi Ikon Kota Makassar
Perbesar
Masjid 99 Kubah yang Didesain Ridwan Kamil Jadi Ikon Kota Makassar.  foto: Instagram @masjidkubah99asmaulhusna

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selama ini juga dikenal sebagai arsitek. Ia telah merancang berbagai bangunan tertutama masjid. Tak hanya yang berada di Jawa Barat tapi juga di daerah lainnya di Indonesia.

Yang baru saja rampung adalah Masjid 99 Kubah Asmaul Husna di Makassar, Sulawesi Selatan. Ridwan Kamil mengaku bangga karena saat ini Masjid 99 Kubah Asmaul Husna menjadi ikon Kota Makassar.

Ia mengungkapkan bahwa konsep bangunan masjid tersebut didesain olehnya beberapa tahun lalu. Belum lama ini, Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya berkunjung ke Masjid 99 Kubah Asmaul Husna Makassar untuk melihat langsung kemegahan tempat ibadah tersebut.

"Hari ini pertama kalinya berkunjung ke masjid pinggir laut ini setelah dibangun, dan sekarang menjadi ikon Kota Makassar," tulis Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya pada 7 Mei 2022. Ia menjelaskan bahwa bangunan Masjid 99 Kubah Asmaul Husna ini dirancang pada 2016-2017 atas permintaan Gubernur Sulsel saat itu, Syahrul Yasin Limpo.

"Saya desain konsepnya tahun 2016-2017, atas permintaan Gubernur Sulsel saat itu Bapak @syasinlmpo," lanjutnya.  Dalam unggahan videonya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu memperlihatkan sketsa desain masjid tersebut sekitar lima tahun silam.

Setelah itu muncul kumpulan foto memperlihatkan kemegahan masjid yang terletak di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) tersebut.  Nama Masjid 99 Kubah Asmaul Husna karena memang kubahnya berjumlah 99 sesuai jumlah Asmaul Husna atau nama-nama Allah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kubah Ditata Bertingkat

Masjid 99 Kubah yang Didesain Ridwan Kamil Jadi Ikon Kota Makassar
Perbesar
Masjid 99 Kubah yang Didesain Ridwan Kamil Jadi Ikon Kota Makassar. foto: Instagram @ridwankamil

Ukuran 99 kubah itu dibuat kecil-kecil mengelilingi kubah besar.  Kubah-kubahnya ditata bertingkat dengan warna dominan jingga, kuning, dan merah. Masjid ini bisa menampung sekitar 13.000 jemaah.

Tak kalah menarik, pemandangan matahari terbenam sangat apik jika disaksikan dari Masjid 99 Kubah Asmaul Husna ini. Mantan Wali Kota Bandung itu berharap Masjid 99 Kubah Asmaul Husna bisa menjadi kebanggan penduduk di Sulsel khususnya warga Kota Makassar.

Sampai berita ini ditulis, unggahan itu sudah disukai lebih dari 122 ribu kali dan banyak mendapat pujian dari warganet. "MasyaAllah meni indah ya pak @ridwankamil 😍😍seindah liat bapak sama ibu @ataliapr yg makin lengket," komentar seorang warganet.

"Haturnuhun pisan, kang Emil kota kami dah punya mesjid yg indahnya masya Allah tabarakkallahuu .. dijepret dr sisi manapun tmpak sempurna 🥰🥰🥰🙏🏻🙏🏻🙏🏻," komentar warganet lainnya.

Masjid dengan nama serupa ternyata juga didesain Kang Emil dan sempat viral di tahun lalu. Lokasinya berada di Garding Serpong, Tangerang Selatan, Banten.


Nama Serupa

Masjid 99 Kubah yang Didesain Ridwan Kamil Jadi Ikon Kota Makassar
Perbesar
Masjid 99 Kubah yang Didesain Ridwan Kamil Jadi Ikon Kota Makassar. foto: Instagram @ridwankamil

Melalui kicauan di Twitter-nya, pria 50 tahun tersebut memberi sekilas informasi terkait desain rumah ibadah itu. "Ada yang kirim video ini dan bertanya. Saya jawab, Masjid Asmaul Husna ini ada di Gading Serpong," tulisnya.

Kang Emil menambahkan, masjid itu didesainnya sebelum jadi Wali Kota Bandung. "Temanya asmaul husna dengan tipe kaligrafi kufi yang tegak lurus, favorit saya. Semoga masjidnya selalu makmur. Aamin," terangnya.

Melalui rekaman singkat akun @amritsaraje pada Februari 2021, ornamen kaligrafi 99 nama Allah itu tampak menyelimuti bagian luar masjid, menyajikan desain interior begitu unik. Kendati mengadopsi warna hijau yang lekat dengan Islam, desainnya tak menyertakan kubah sebagaimana masjid pada umumnya.

Bukan mengadopsi bentuk setengah lingkaran seperti kebanyakan masjid, kubah bangunan rancangan Kang Emil ini hanya menyertakan aksen lengkungan yang semakin menjorok turun ke bagian belakang. Sementara, menara masjidnya terlihat menyerupai bambu runcing dengan simbol bintang dan bulan sabit.


Lebih Modern

Masjid Asmaul Husna
Perbesar
Masjid Asmaul Husna di Gading Serpong, Tengerang Selatan, Banten yang merupakan rancangan Ridwan Kamil. (dok. Instagram @snasution/https://www.instagram.com/p/BOHQ7MDD4jx/)

Tak hanya desain interior Masjid Asmaul Husna yang berhasil jadi sorotan, bagian dalamnya pun tak kalah menawan. Bahkan, desain interiornya bisa dikatakan tak kalah unik dari tampak luar dengan bentuk langit-langit berbeda dari kebanyakan bangunan serupa.

Atap di lantai dua masjid, di mana keseluruhannya bangunan ini terdiri dari tiga lantai, pun jadi titik yang disorot. Selain bentuknya unik, aksen bintang di dekat mimbar menambah pesona desain bagian dalam masjid yang terkesan lebih modern.

Aksen bintang itu sendiri terhubung dengan atap transparan di atasnya sehingga bisa memberi sedikit pemandangan ke arah langit. Sementara komponen lainnya bernuansa mewah, terdapat sentuhan tradisional di dalam ruangan ini.

Representasinya adalah mimbar berbahan kayu yang tampak kontras dengan dekorasi sekitar. Ia hanya tampak selaras dengan jam besar berdesain klasik yang berdiri tak jauh dari mimbar.

Infografis: Masjid Indah dan Ikonik di Indonesia
Perbesar
Masjid Indah dan Ikonik di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya