Sukses

Kontroversi Met Gala 2022 Belum Reda, Kim Kardashian Malah Pakai Gaun Lain Marilyn Monroe

Kali ini, Kim Kardashian memakai gaun yang dikenakan Marilyn Monroe ke Golden Globes 1962.

Liputan6.com, Jakarta - Kontroversi sepertinya belum mau memisahkan diri dari sosok Kim Kardashian. Di tengah kritik atas keputusan mantan istri Kanye West tersebut memakai gaun Marilyn Monroe ke Met Gala 2022, ia malah mengenakan busana ikonis lain dari aktris legendaris tersebut.

"Untuk melengkapi malam saya setelah The Met, saya mendapat kehormatan berganti busana (memakai gaun) Marilyn Monroe (rancangan) Norman Norell yang dikenakan ke Golden Globes 1962. di mana ia menerima Penghargaan Henrietta untuk Film Favorit Dunia," Kim menulis keterangan unggahan pada Jumat, 6 Mei 2022.

Perempuan 41 tahun itu melanjutkan, "Dalam pencarian saya untuk menemukan gaun manik-manik (buatan) tangan Jean Louis yang saya kenakan ke gala, saya menemukan @heritageauctions memiliki gaun berpayet hijau ikonis milik Marilyn."

Lebih kebetulan lagi, florist Kim, Jeff Leatham, memperoleh penghargaan Golden Globe Monroe sejak malam itu, menjadikannya aksesori sempurna untuk maestro mode. "Saya melihat ini semua sebagai tanda bahwa semua bintang sejajar. Ini akan selamanya jadi salah satu hak istimewa terbesar dalam hidup saya untuk dapat menyalurkan (tampilan) Marilyn dengan cara ini," tulisnya.

Ia mengakhiri keterangan unggahannya dengan berterima kasih pada Lelang Julien dan Leatham karena "membantu membuat memori ini menjadi mungkin."

Dalam penampilan pertama di Met Gala 2022, Kim Kardashian memakai gaun ikonis yang sebelumnya dikenakan mendiang Marilyn Monroe saat menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Presiden John F Kennedy pada 19 Mei 1962. Gaun yang kemudian dikenang dalam momen "Happy Birthday, Mr. President" ini dikenakan Monroe tiga bulan sebelum ia meninggal dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Didesain Jean Louis, gaun ikonis Marilyn Monroe tersebut bernilai 12 ribu dolar AS (sekitar Rp174 juta) dan kabarnya memiliki desain sangat ketat. Tidak heran, Kim Kardashian dikabarkan harus menurunkan berat badan sampai tujuh kilogram demi bisa memakainya.

Namun, tindakan Kim memakai baju bersejarah ini menuai kritik dari para pakar. People melaporkan, seperti dikutip Sabtu (7/5/2022),  profesor dari Fashion Institute of Technology Dr. Justine De Young mengatakan, keputusan Kim memakai gaun Monroe "tidak bertanggung jawab dan tidak perlu dilakukan."

"Ia (Kim) bisa memesan replika yang sangat mirip dengan aslinya. Gaun ikonis yang merupakan bagian dari sejarah Amerika tidak seharusnya mendapat risiko kerusakan hanya untuk membesarkan ego dan foto-foto," ia mengatakan. 

Seperti diketahui, selama ini gaun tersebut disimpan di Museum Ripley's Believe It or Not!, Florida, Amerika Serikat. Scott Forner, sejarawan dan kolektor yang fokus dalam topik tentang Monroe, mengatakan bahwa tindakan ini terbilang mengkhawatirkan. 

 

3 dari 4 halaman

Dibuat Khusus untuk Marilyn Monroe

Lebih lanjut Forner berkata, "Gaun ini dibuat secara khusus untuk Marilyn Monroe. Ini bukan pakaian yang dibeli jadi. Ini dibuat oleh desainer pemenang Academy Award Jean Louis, yang mendesain kostum untuk dua film terakhir Marilyn: The Misfits dan Something's Got to Give."

Ia menyatakan, saat memesan gaun ini pada sang desainer, Monroe secara khusus menginstruksikan bahwa ia ingin mengenakan gaun yang bakal jadi legenda, dan "yang hanya bisa dikenakan Marylin Monroe." Monroe berdiri tanpa sehelai pakaian, sementara gaun tersebut didesain mengikuti lekuk tubuhnya. 

"Dalam hal ini, ukuran Kim Kardashian berbeda dengan Marilyn. Secara logis, bisa diasumsikan bahwa kain dan jahitannya bisa tertarik," kata Forner menambahkan.

Popularitas keluarga Kardashian dan Jenner, termasuk Kim, membuat mereka jadi "tamu wajib" Met Gala sejak 2013. Setiap anggota keluarga Kardashian selalu menggunakan pakaian glamor dan mewah saat berjalan di karpet merah Met Gala.

 

4 dari 4 halaman

Tampilan Met Gala dari Tahun ke Tahun

Di Met Gala 2013, Kim Kardashian mengenakan gaun ketat bermotif bunga-bunga Givenchy. Kala itu, ia sedang hamil anak pertamanya, North West, hasil hubungan dengan rapper Kanye West yang saat itu masih berstatus kekasihnya.

Tahun-tahun setelahnya, Kim hampir pasti tampil glamor dengan tema berbeda ketika menghadiri acara tersebut. Baru pada Met Gala 2017 ia memilih tampil polos. Saat itu, Kim mengenakan gaun putih rancangan Vivienne Westwood. Penampilannya yang "terlalu sederhana" sempat menuai kritik.

Hingga akhirnya penampilan Kim berubah drastis di Met Gala 2021 yang digelar di masa pandemi COVID-19. Tampilan Kim saat itu banyak dinilai sebagai "yang paling aneh dan menghebohkan."

Page Six mencatat, Kim mengenakan busana Balenciaga serba hitam rancangan direktur kreatif rumah mode itu, Demna Gvasalia. Ia tampil dalam balutan kaus tunik, bodysuit, sarung tangan siku, dan panta leggings dengan sepatu hak tinggi built-in.

Yang jadi sorotan adalah topeng yang menutupi seluruh wajahnya. Ia pun melengkapi tampilan dengan hair extension sepanjang 190 centimeter. Penata rambut Kim Kardashian, Chris Appleton, mengungkap harga rambut ekor kuda itu di Instagram Story "Ask Me Anything" bahwa itu menelan biaya 10 ribu dolar AS (sekitar Rp142 juta). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.