Sukses

Cara Melakukan Tes MBTI, Apa Sih Manfaatnya?

Konten tes MBTI boy grup Korea Selatan, BTS, membuat tes psikologi ini kembali berada di tengah lampu sorot publik.

Liputan6.com, Jakarta - Konten tes MBTI boy grup Korea Selatan, BTS, membuat tes ini kembali berada di tengah lampu sorot publik. Sementara tidak sedikit pengguna yang sudah familiar dengan tes MBTI, beberapa di antaranya mengaku masih belum sepenuhnya memahami konsep tes tersebut.

Melansir Talk Space, Sabtu (7/5/2022), Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) pada dasanya merupakan tes kepribadian. Itu biasanya didasarkan pada atribut psikologi dan digunakan untuk menentukan kekuatan, serta tipe kepribadian yang berbeda di tempat kerja atau pengaturan lain.

Rangkaian tes kuesioner dapat memberi gambaran tentang persepsi subjek, pengambilan keputusan, keterampilan kepemimpinan, dan atribut lain yang dapat berkontribusi pada kesuksesan pribadi maupun profesional.

Tes MBTI sebenarnya meminjam teori psikologi Carl Jung tentang fungsi psikologi dominan: sensasi, intuisi, perasaan, dan pemikiran. Teori menunjukkan bahwa fungsi-fungsi ini mewarnai cara seseorang memecahkan masalah dan berinteraksi dengan orang lain.

Terlepas dari asalnya dalam teori psikologi, MBTI secara tradisional digunakan dalam pengaturan bisnis, tapi telah dipertanyakan karena kurangnya validitas dan ketelitian ilmiah. Konon, Myers-Briggs terus digunakan organisasi di seluruh dunia untuk membantu individu memahami dan menerapkan kekuatan pribadi mereka.

Jadi, bagaimana sebenarnya cara melakukan tes MBTI? Ada beberapa cara untuk mengikuti tes Myers-Briggs, baik secara resmi maupun tidak. Tes penilaian kepribadian Myers-Briggs resmi tersedia di situs web MBTI: mbtionline.com/en-US/Products/For-you.

Tes ini memerlukan biaya 49,95 dolar AS (sekitar Rp724 ribu). Layanannya juga termasuk laporan yang dapat diunduh, sesi pembelajaran interaktif, kiat, serta alat lain terkait hasil tes MBTI Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tes MBTI Alternatif

Lebih lanjut dijelaskan bahwa selain tes MBTI resmi di situs webnya, ada juga tes alternatif yang mencerminkan perhitungan Myers-Briggs, tapi hasilnya menggunakan terminologi atau kualifikasi mereka sendiri. Tes jenis ini sering disebut sebagai "pencari tipe" atau "tes kepribadian."

Beberapa opsi yang memberi Anda hasil yang mirip dengan MBTI adalah 16Personalities NERIS Type Explorer, Truity’s TypeFinder, dan Humanmetrics Jung Typology Test.

Tes ini gratis, tapi hasilnya mungkin berbeda dari penunjukan MBTI resmi. Jika mencari penilaian dari buku Myers-Briggs, Anda mungkin ingin mempertimbangkan tes resmi.

Tes Myers-Briggs terdiri dari 90-plus pertanyaan, dengan hanya ada satu pilihan saat memilih di antara dua opsi. MBTI kemudian mengelompokkan subjek jadi 16 tipe kepribadian berbeda, menggunakan kombinasi dari sebutan kepribadian berikut.

Introvert (I) vs. Ekstrovert (E)

Introvert cenderung mempertimbangkan dunia dari perspektif internal, membiarkan ide dan kreativitas mereka mengalir dari dalam diri. Introvert cenderung melampirkan lebih banyak nilai emosional pada pikiran dan keputusan mereka.

Sedangkan, ekstrovert mendapatkan inspirasi melalui interaksi dengan orang lain. Pandangan eksternal ini cenderung membuat ekstrovert lebih kolaboratif.

3 dari 4 halaman

Klasifikasi MBTI

Intuitif (N) vs. Sensorik (S)

Tipe intuitif lebih fokus pada masa depan dengan mengenali pola dan proses untuk memiliki pemahaman lebih besar tentang hasil potensial. Sementara tipe sensorik cenderung hidup lebih pada saat ini dan mengandalkan pandangan holistik melalui penggunaan indra mereka.

Berpikir (T) vs. Merasa (F)

Tipe berpikir mengambil pendekatan objektif terhadap situasi, dan lebih mengandalkan analisis kausal dan data untuk membantu membentuk opini atau keputusan mereka.

Tipe perasaan menempatkan bobot yang cukup besar pada nilai-nilai eksternal sebagai bagian dari pengambilan keputusan, memberi lebih banyak penekanan pada aspek subjektif dari suatu situasi, dan mempertimbangkan perbedaan pribadi.

Persepsi (P) vs. Penjurian (J)

Tipe persepsi adalah mereka yang mengikuti arus, menikmati fleksibilitas, dan spontanitas dalam hal agenda atau keputusan. Lalu, tipe penjurian mengambil pendekatan yang terorganisir untuk hidup, dan lebih suka bahwa acara direncanakan atau dijadwalkan agar berjalan semulus mungkin.

4 dari 4 halaman

Apa Sih Manfaatnya?

Pada akhirnya, Forbes melaporkan, hasil tes MBTI dapat membantu Anda lebih memahami diri sendiri dan bagaimana Anda bekerja dan berinteraksi dengan orang-orang dalam hidup Anda. Ini terutama ketika Anda membandingkannya dengan hasil orang lain.

Kemudian, para pemimpin dapat menggunakan hasil MBTI mereka sebagai kerangka kerja untuk jadi lebih sadar diri akan perilaku dan bagaimana hal itu memengaruhi orang lain. Bergantung pada seberapa kuat kecenderungan introvert/ekstrovert, Anda dapat mengukur dengan lebih baik bagaimana menyusun hari Anda.

Seorang ekstrovert perlu keluar dan berkeliling, dan tidak di satu tempat seperti yang disukai seorang introvert. Ekstrovert lebih suka berada di sekitar orang untuk sebagian besar hari, sedangkan seorang introvert baik-baik saja tidak bergaul dengan orang lain.

Mungkin penggunaan terbaik dari hasil MBTI datang dalam memahami orang lain. Ketahuilah tidak semua orang terhubung seperti Anda, dan itu hal yang baik. Carilah tipe yang berbeda dari Anda. Belajarlah untuk menghargai perspektif dan pandangan mereka yang berbeda.

Dengan menggabungkan kesadaran diri dengan peningkatan kesadaran orang lain, Anda akan lebih mungkin menjalin hubungan yang bermakna dan produktif di tempat kerja dan di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.