Sukses

Akhir Cerita Seorang Pria yang Tepergok Merusak Bunga Dekorasi Idul Fitri Tetangganya

Dekorasi Idul Fitri yang berada di bagian depan rumah ini berupa tanaman anggrek.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Idul Fitri 2022, warganet dihebohkan unggahan memperlihatkan seorang pria di Singapura tepergok merusak bunga dekorasi Lebaran tetangganya. Cerita ini pun berlanjut dan untungnya tidak makin membuat darah mendidih.

Mothership melaporkan, Jumat, 6 Mei 2022, pria itu memutuskan membeli anggrek segar untuk disumbangkan pada tetangganya, menggantikan bunga yang ia rusak. Pengguna Facebook yang menggunakan nama Faik Robocop pun berbagi kelanjutan cerita tersebut lewat unggahan di akun pribadinya.

Ia menulis dalam keterangan unggahan, "Dari lubuk hati saya, saya sangat senang dan bersyukur atas anggrek baru yang Anda berikan pada Keluarga saya. Saya berdoa pada Tuhan agar memberkati Anda dan keluarga Anda hari ini dan selama sisa hidup Anda."

Faik menambahkan bahwa sebagai seorang Muslim, ia percaya bahwa "jika Anda melakukan sesuatu yang baik, Anda akan mendapat pahala suatu hari, terutama selama bulan suci ini."

Sebelumnya, pengguna Facebook yang menggunakan nama Zizie Caipirinha mengunggah rekaman seorang pria merusak bunga rumahnya. "Pagi-pagi bawa gunting, datang ke luar rumah orang untuk merusak dekorasi Hari Raya?" tulis wanita itu. "Bersedia bangun saat fajar hanya untuk melakukan ini?"

Unggahan itu disertai rekaman CCTV yang menunjukkan pria yang dimaksud mendekati deretan anggrek yang dipasang di luar flat Housing Development Board (HDB) pada pukul 5.28 pagi, waktu setempat. Tampak di sana bahwa pria itu mengenakan topi biru, serta kaus dan celana abu-abu.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Pria itu kemudian mulai memotong bagian kepala bunga anggrek. Ketika selesai, pria itu membuang segenggam bunganya ke tanah, dan melepas kepala satu bunga lagi yang ada di lantai. Seolah tidak puas dengan kerusakan yang telah ditimbulkan, pria itu membidik sekelompok tanaman lain yang ditempatkan di dekat lift.

Kali ini, ia hanya menarik tanaman keluar dari pot dan melemparkannya ke atas tembok pembatas. Pria itu kemudian berjalan keluar dari kamera, mengamati jejak kehancuran yang ditinggalkannya.

Menurut unggahan di Facebook, aktivitas pagi pria itu telah jadi "kebiasaan tahunan." "Ini telah berlangsung setiap tahun setiap kali Hari Raya sudah dekat," tulis keterangan unggahan tersebut.

"Ia bahkan tidak (tinggal) di lantai yang sama. Jadi apa masalahnya?!!!" Beberapa komentator meminta si pemilik akun untuk membuat laporan polisi mengenai masalah ini. Namun, melihat bagaimana cerita tersebut berakhir dengan bahagia, sepertinya tidak ada laporan polisi yang dibuat karena insiden tersebut.

3 dari 4 halaman

Bebersih Rumah Setelah Lebaran

Menuju penghujung minggu libur Lebaran berakhir, Anda mungkin sedang mempersiapkan agenda bebersih rumah. Selain melepas dekorasi khas Idul Fitri, membersihkan sederet sudut tempat tinggal juga masuk dalam rencana kali ini.

Menurut Germany Brilliant, langkah pertama dalam tahap ini adalah mencuci peralatan untuk membersihkan rumah. Alat seperti sapu, pel, lap, atau spon pasti sering digunakan saat Lebaran. Bakteri sangat mudah bersarang di alat ini setelah digunakan. Ada baiknya, bersihkan dulu peralatan kebersihan rumah.

Rendam sapu, pel, atau lap dengan larutan deterjen. Setelah direndam, coba jemur di bawah sinar matahari. Ini bisa dilakukan kapan saja setelah selesai menggunakan alat pembersih. Jika dilakukan secara rutin, alat tersebut tidak terasa lembap sehingga perkembangbiakan kuman tidak akan bersarang terlalu lama.

Lalu untuk spon, cobalah berendam di air panas yang sudah dicampur deterjen. Diamkan beberapa menit dan peras saat dibilas dengan air. Setelah itu, alat-alat tersebut bisa dipakai untuk membersihkan rumah.

 

4 dari 4 halaman

Membersihkan Kamar Mandi

Kemudian, singkirkan pakaian dan peralatan makan yang menumpuk. Tumpukan pakaian dan peralatan makan yang kotor setelah digunakan jadi pemandangan yang biasa terlihat setelah Lebaran. Jika dibiarkan begitu saja, akan ada lebih banyak tumpukan. 

Bahkan, jangan menunggu pakaian kotor dan peralatan makan menumpuk. Peralatan makan yang sudah dipakai disarankan langsung dicuci di wastafel di dapur. Dengan begitu, Anda tidak memiliki banyak tanggung jawab pekerjaan rumah untuk hari berikutnya.

Lalu, bersihkan dinding kamar mandi dengan cuka dan lemon. Selain dapur, kamar mandi jadi tempat paling kotor setelah lebaran. Bagian samping toilet, dinding, dan sudut kamar mandi terkadang jadi sulit dibersihkan, apalagi jika kerak atau noda menempel di sana.

Untuk membersihkannya, coba semprotkan cuka pada dinding kamar mandi. Diamkan sejenak, lalu siram dengan air panas sambil digosok menggunakan sikat yang lembut. Setelah disikat, diamkan kembali dan bilas hingga bersih.

Selain cuka, lemon juga bisa dioleskan pada dinding yang berkerak atau penuh noda. Siram perlahan dengan air panas. Kemudian gosok dinding dengan kuas. Bilas secara menyeluruh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini