Sukses

Kisah Pengungsi Yugoslavia Mencari Pemberi Uang Misterius dalam Penerbangan 23 Tahun Lalu

Seorang mantan pengungsi mengenang jasa dan mencari sosok yang memberinya uang 100 dolar AS dalam penerbangan untuk menyelamatkan diri dari perang di Yugoslavia.

Liputan6.com, Jakarta - Perang yang terjadi di berbagai belahan dunia selalu meninggalkan kisah duka juga menyentuh. Begitu pula cerita yang datang dari seorang perempuan yang dahulu adalah pengungsi akibat perang Yugoslavia dan kini mencari sosok misterius yang membantunya kala itu.

Dikutip dari CNN, Jumat (6/5/2022), perempuan itu bernama Ayda Zugay yang selama lebih dari dua dekade memegang amplop yang dapat ia ungkap sosok yang memberi. Zugay adalah pengungsi yang saat itu berusia 12 tahun dan mencoba melarikan diri dari bekas Yugoslavia bersama kakak perempuannya.

Waktu itu, ada orang asing yang menyerahkan amplop kepada mereka dalam penerbangan dari Amsterdam ke Minnesota, Amerika Serikat pada 1999 silam. Perempuan tersebut membuat mereka berjanji untuk tidak membukanya sampai mereka turun pesawat.

Kakak-adik itu terkejut saat menemukan anting-anting yang menjuntai dan uang kertas 100 dolar AS di dalamnya. Sebuah catatan yang ditulis di bagian luar amplop hanya ditandatangani dengan nama depan, yakni Tracy.

Selama hampir satu dekade, Zugay mengatakan bahwa dia telah berusaha untuk menemukan Tracy. Ia ingin Tracy tahu betapa berartinya hadiah itu.

Zugay membayangkan bahwa Tracy, atau bagi orang lain yang mendengar cerita itu, amplop itu mungkin tampak seperti isyarat kecil. Namun, Zugay menyebut bahwa untuk dia dan saudara perempuannya yang berusia 17 tahun saat itu, menganggap aksi Tracy itu lebih dari sekadar tindakan dermawan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sangat Berarti

Uang itu, katanya, membantu mereka makan sepanjang musim panas. Sementara, kedua bersaudara itu hidup dengan tinggal bersama saudara laki-laki mereka, yang adalah seorang mahasiswa di Iowa.

Itu masih membentuk cara kedua saudara perempuan menjalani hidup mereka 23 tahun kemudian. Zugay telah melihat amplop itu untuk mencari petunjuk, mengejar petunjuk, menghadapi keraguan, dan menemui jalan buntu.

Ia menghubungi hotel, maskapai penerbangan, dan perusahaan tur. Zugay berbicara dengan wartawan dan mengunggah di Reddit. Tapi sejauh ini, dia bilang dia belum menemukan Tracy. Jadi dia mencoba untuk melemparkan jaring yang lebih luas.

Beberapa organisasi advokasi pengungsi mengunggah video Zugay berbagi kisahnya di Twitter minggu ini. Mereka meminta publik untuk membantu dengan petunjuk apa pun.

"Saya ingin menemukan Tracy untuk berterima kasih padanya atas kemurahan hatinya, untuk kebaikannya, untuk empatinya, dan untuk menyambut saudara perempuan saya dan saya," kata Zugay. "Saya ingin tahu apakah Anda bisa membantu saya menemukannya. Pernahkah Anda mendengar anggota keluarga atau teman atau siapa pun berbagi cerita yang mirip dengan ini?"

3 dari 4 halaman

Beberapa Petunjuk

"Saya sangat menyesal bahwa pemboman negara Anda telah menyebabkan masalah keluarga Anda. Saya harap masa tinggal Anda di Amerika akan aman dan bahagia untuk Anda - Selamat datang di Amerika - silakan gunakan ini untuk membantu Anda di sini. Seorang teman dari pesawat -TRACY," begitu pesan yang tertulis di amplop tersebut.

Pesan tertulis di selembar alat tulis hotel yang kemungkinan tempat Tracy menginap. Di sudut kiri atas, "Holiday Inn Garden Court" dicetak dengan warna biru.

Amplop itu sendiri bukan satu-satunya hal yang menjadi petunjuk bagi Zugay. Ia mengatakan juga mengetahui beberapa detail lain dari penerbangan itu, beberapa dari ingatannya sendiri, dan beberapa detail yang dibagikan oleh saudara perempuannya.

Tracy yang memberi mereka amplop itu sedang bepergian dengan seorang teman, kata Zugay, dan dia mengira nama teman itu juga Tracy. Bagi Zugay, mereka tampak berusia akhir 30-an atau awal 40-an.

Salah satunya berambut cokelat dengan kuncir kuda dan yang lain memiliki rambut pirang sedang. Kedua perempuan itu membawa raket tenis yang mereka tempatkan di atas kepala di pesawat.

Mereka berbicara tentang bermain tenis di Paris. Zugay berpikir mereka mungkin telah tinggal di Minnesota, mungkin dalam beberapa jam dari Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul.

Zugay ingat membantu para perempuan itu dengan merajut. Zugay tidak bisa berbahasa Inggris pada saat itu, tetapi kakak perempuannya dapat lebih banyak berbicara.

4 dari 4 halaman

Pertemuan 23 Tahun Lalu

Dalam video terbarunya, Zugay menggambarkan siapa yang dia bayangkan sebagai Tracy berdasarkan petunjuk yang dia miliki. "Tracy, saat ini, akan menjadi perempuan paruh baya atau lebih tua yang luar biasa dalam tenis dan telah melakukan perjalanan untuk itu di masa lalu."

Zugay melanjutkan, "Dia terbang dari Paris, tempat dia menginap di Holiday Inn dan tempat dia bermain tenis, ke Amsterdam, tempat kami bertemu di penerbangan itu. Dia akan terbang dari Amsterdam ke Minnesota, dan ini terjadi pada 31 Mei 1999."

Zugay masih ingat perasaannya saat pertama kali membaca pesan di amplop itu. Dia memperhatikan bagaimana kata "aman" digarisbawahi.

"Ini adalah pertama kalinya saya merasa, seperti, lega. Ini adalah tempat yang aman, dan kita dapat membangun masa depan di sini," katanya. "Saya pikir itu sebabnya surat itu benar-benar beresonansi dengan saya pada waktu itu, karena kami berubah dari horor drastis seperti ini menjadi tindakan kebaikan yang indah ini."

Kakak Zugay, Vanja Contino, tidak mengingat banyak detail dari penerbangan itu sendiri. Namun, dia bilang dia ingat saat mereka membuka amplop dan menemukan 100 dolar AS di dalamnya.

"Kami berdua hanya saling memandang, saya dan saudara perempuan saya, dan hanya saling berpelukan," katanya. "Karena hanya itu yang kami miliki. Dan sungguh menakjubkan bahwa seseorang bersedia menghabiskan uang sebanyak itu untuk kami."

Zugay mengatakan hadiah itu mengejutkan pada hari-hari awal mereka di Amerika, tetapi semakin menjadi dengan berlalunya waktu. "Di bagian luar amplop ada pesan sambutan yang luar biasa," kata Zugay dalam video terbarunya. "Saya menghargai ini karena seiring berjalannya waktu, saya telah mengalami bahwa di sebagian besar tempat, sambutan seperti ini sangat jarang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.