IU Sumbang Rp1,1 Miliar di Hari Anak Korea Selatan

Oleh Komarudin pada 06 Mei 2022, 14:41 WIB
Diperbarui 06 Mei 2022, 15:13 WIB
IU. (Instagram/ dlwlrma)
Perbesar
IU sosok dermawan yang mendonasikan kekayaannya 100 juta won atau Rp1,1 miliar (Instagram/ dlwlrma)

Liputan6.com, Jakarta - IU termasuk salah satu artis K-Pop yang begitu murah hati dalam mendonasikan kekayaannya. Bertepatan di Hari Anak Korea Selatan pada 5 Mei 2022, ia berdonasi sebesar 100 juta won atau Rp1,1 miliar.

Donasi tersebut diserahkan ke Green Umbrella Children's Foundation. Hal itu ia lakukan sebagai wujud kepeduliannya pada anak-anak dan sesama, dilansir dari Allkpop, Jumat (6/5/2022).

Donasi dari IU akan digunakan untuk mendukung biaya hidup bagi keluarga dan orangtua tunggal yang berpenghasilan rendah. Ia juga membantu anak-anak yang dibesarkan kakek-nenek mereka dan renovasi fasilitas yang mendukung anak-anak.

Kebaikan hati IU memang sudah dikenal sejak masa debutnya. Ia telah banyak membantu anak-anak dan berdonasi pada pihak yang membutuhkan.

Pada 24 Desember 2021, misalnya, pelantun lagu Celebrity ini terungkap menyumbangkan 200 juta won atau setara Rp2,3 miliar ke ChildFund Korea. Agensinya, EDAM Entertainment, mengonfirmasi bahwa IU menyumbangkan masing-masing untuk pasien kanker dan anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah.

Sebagian dari donasi akan digunakan ChildFund Korea atas nama keluarga berpenghasilan rendah untuk menutupi tagihan pemanas dan membeli pakaian hangat. Uang donasi tersebut juga akan digunakan untuk mendukung beasiswa bagi anak-anak dan remaja yang dibesarkan kakek-nenek mereka.

Sebagian lain dari donasi akan digunakan oleh Rumah Sakit ASAN Seoul untuk membayar pengobatan dan operasi wanita dan anak-anak penderita kanker. "Ini adalah saat yang sulit ketika semua orang merasa lelah, tapi saya ingin berbagi perasaan hangat dan membantu mereka yang membutuhkannya. Saya harap semua orang dapat menghabiskan musim dingin yang hangat tanpa ada tetangga yang ditinggalkan," kata IU.

Pemilik nama asli Lee Ji Eun ini secara teratur memberikan sumbangan untuk amal. Donasi itu terutama untuk mendukung orang-orang yang mengalami kesulitan ekonomi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ulang Tahun

IU. (Instagram/ dlwlrma)
Perbesar
IU. (Instagram/ dlwlrma)

Kemudiaan saat berulang tahun pada tahun lalu, IU menyambut momen istimewa ini dengan merogoh kocek 500 juta won atau sekitar lebih dari Rp6,2 miliar.

Bukan untuk pesta meriah, penyanyi 29 tahun (umur Korea) ini menggunakan uang tersebut untuk berdonasi. Bintang drama My Mister tersebut tercatat berdonasi pada sejumlah yayasan.

Beberapa di antaranya adalah Yayasan Kanker Anak Korea, grup pendampingan untuk anak dengan penyakit langka Yeouldol, dan Pusat Dukungan untuk Lansia yang Hidup Sendiri.

Donasi ini tak diberikan IU atas nama dirinya pribadi, tapi mengatasnamakan Uaena, nama fandom-nya.

"IU ingin melakukan hal yang menghangatkan atas nama Uaena pada hari ulang tahun terakhirnya di usia 20-an untuk membayar cinta luar biasa yang ia terima sepanjang kariernya," begitu pernyataan agensi IU.


Cincin Penggemar

IU. (Instagram/ dlwlrma)
Perbesar
IU. (Instagram/ dlwlrma)

Dalam peringatan debutnya yang ke-10 pada 2018 lalu, IU memberi hadiah cincin untuk Uaena. Cincin ini spesial, karena memiliki desain ukiran pola gelombang suara yang menandakan kalimat "Violets, aku selalu di sisimu." Dilansir dari Koreaboo, Violets adalah julukan yang diberikan IU untuk penggemarnya.

Sejak saat itu, IU sering terlihat mengenakan cincin ini, mulai dari saat konser, di bandara, pemotretan sampul album, hingga sederet acara resmi.

Bukti lain bahwa IU begitu dekat dengan para stafnya adalah ia kerap hadir dalam momen istimewa mereka, termasuk pernikahan. Tak cuma hadir sebagai tamu, ia ikut bernyanyi sebagai ucapan selamat untuk mempelai.

Salah satu video bahkan sempat viral, saat dua penari latar IU menikah. Ketika lagu Good Day dinyanyikan IU, kedua mempelai sontak ikut menarikan koreografi lagu ini.

 


Dianggap Mirip Komedian

IU
Perbesar
IU. (Instagram/ dlwlrma)

IU kerap disebut-sebut mirip dengan komedian wanita Shin Bong Sun. Meski disandingkan dengan sosok pelawak yang memiliki paras berbeda dengan "pakem" kecantikan konvensional di negaranya, IU ternyata sama sekali tak marah.

Hal ini membuat Shin kagum kepadanya. "IU sama sekali tak pernah menunjukkan bahwa dia terganggu atau tersinggung karena ini. Dia bahkan bilang, 'Unnie, fansku ingin memanggilki Bong Seonnie!" kata dia dalam sebuah acara radio, diwartakan SBS News.

IU juga memuji sang komedian yang membawakan lagunya di sebuah acara TV. "Tentu saja IU sangat berbakat di bidang musik, tapi dia juga punya kepribadian yang hebat," kata Shin.

Hari Anak Korea Selatan  merupakan hari libur nasional.  Tanggal 5 Mei dipilih karena memudahkan masyarakat untuk mengingatnya, dilansir dari laman 90daykorean. 

Asal-usul Hari Anak di Korea Selatan berasal dari tahun 1920-an oleh aktivis kemerdekaan dan hak anak Bang Jeong-hwan. Bang Jeong-Hwan, yang mulai menggunakan kata 어린이 (eorini) berarti "anak-anak". Hari Anak awalnya diselenggarakan setiapl 1 Mei, tetapi karena bertepatan dengan Hari Buruh, maka Hari Anak dipindahkan ke 5 Mei. 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya