Sukses

Bekas Rumah Mewah Mendiang Gianni Versace di New York Dijual Seharga Rp1 Triliun

Gianni Versace membeli rumah mewah itu pada 1995, dua tahun sebelum ia ditembak mati.

Liputan6.com, Jakarta - Bekas rumah mewah yang pernah ditempati mendiang Gianni Versace akan dijual dengan harga penawaran 70 juta dolar AS atau sekitar Rp1 triliun. Mendiang desainer Italia itu membeli mansion megah tersebut pada 1995 dan merombak ulang interiornya, menurut Sotheby's International Realty.

Mansion yang dibangun pada 1950 itu menawarkan kesempatan pembeli untuk hidup seperti bangsawan dan memiliki sebagian properti bersejarah di dunia fesyen. Di dalamnya terdapat 17 kamar berdekorasi mewah yang tersebar di enam lantai.

Versace mendesain kediamannya dengan gaya Barok Italia yang khas. Dikutip dari CNN, Kamis, 5 Mei 2022, lantainya terbuat dari marmer Italia dan parket Austria. Terdapat lima perapian, dinding, dan langit-langit yang dicat, serta mosaik. 

Properti di New York itu menghadap ke Fifth Avenue dan berbatasan langsung dengan Central Park. "Kejeniusan dan visi Versace terungkap lewat empat lantai pertama. Masing-masing menghadirkan cita rasa legendaris sang desainer dan caranya meresapi rumah," demikian informasi tambahan yang dipasang.

Setiap lantai mansion memiliki tema berbeda. Pintu masuk langsung berhadapan dengan tangga marmer dan galeri yang dibatasi pola kunci Yunani sebagai elemen dekoratif. Terdapat taman bertingkat dengan dinding kanvas yang dilukis tangan yang terinspirasi gaya manor neoklasik Inggris.

Di lantai tiga terdapat langit-langit yang yang menyerupai kubah Kapel Sistina, di samping panel Versace abad ke-19 yang dipugar yang bersumber dari palazzo Florentine. Lantai atasnya menawarkan spa kamar mandi ganda yang digambarkan oleh informasi penawaran itu sebagai "salah satu yang termegah di kota." Sementara, di lantai lima dan enam terdapat kamar tidur sekaligus ruangan bergaya Maroko.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Beli

Dikutip dari Wall Street Journal, dengan harga Rp1 triliun, pemilik baru nantinya akan bisa memiliki rumah mewah bekas properti Versace yang berlokasi di East 64th Street. Bangunan enam lantai itu menempati lahan seluas 1.316 meter persegi dan halaman seluas 280 meter persegi.

Versace membeli mansion itu seharga 7,5 juta dolar AS atau sekitar Rp100 miliar pada 1995 atau setara 14,34 juta dolar AS saat ini. Angka itu setara dengan Rp200 miliar atau bernilai dua kali lipat dari harga 27 tahun lalu.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada Juli 1997, Versace meninggal pada usia 50 tahun setelah menjadi korban pembunuh berantai Andrew Cunanan yang saat itu masih berusia 27 tahun. Versace terbunuh di tangga depan mansionnya yang berlokasi di Pantai Miami. 

Kisah pembunuhan desainer kondang itu ditayangkan dalam serial FX pada 2018 berjudul Pembunuhan Gianni Versace: Cerita Kejahatan Amerika. Sementara, properti yang menjadi TKP kini dioperasikan sebagai hotel mewah bernama Villa Casa Casuarina.

 

3 dari 4 halaman

Perubahan Layout

Pemilik properti Versace saat ini adalah seorang manajer dana lindung nilai berkebangsaan Swedia bernama Thomas Sandells dan istrinya Ximena Sandell. Pasangan itu membeli rumah tersebut pada 2005 seharga 30 juta dolar AS atau setara Rp432 miliar dari keluarga Versace.

Hingga saat ini, empat lantai pertama di properti itu tetap mempertahankan fitur yang ditata Versace sendiri, termasuk lantai marmer, langit-langit dan dinding yang dicat, serta kolom klasik. Pasangan itu juga memulihkan sederet sentuhan.

"Kami merestorasi dan merenovasi rumah itu secara menyeluruh dengan melibatkan tim seniman untuk menghormati warisan luar biasa yang ditinggalkan Gianni Versace," ujar pasangan itu.

Hanya dua lantai teratas yang didesain ulang. Itu termasuk ruang media bergaya Maroko dan ruang permainan yang mencakup permainan arcade. 

Fasilitas lain dari rumah ini termasuk jendela bergaya Perancis yang menghadap ke taman teralis di bawah. Balkon yang membentang di sepanjang bagian belakang properti juga menghadap ke ruang hijau itu.

"Rumah itu seperti pergi ke 'Alice in Wonderland' Gianni Versace," ujar Nikki Field dari Sotheby's International Realty.

 

4 dari 4 halaman

Sosok Versace

Versace lahir pada 2 Desember 1946 di Reggio Calabria, Italia. Masa kecilnya dipengaruhi dua hal: sejarah Yunani Kuno dan seniman pop art Andy Warhol.

Ia merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh dalam dunia mode abad ke-20. Versace muncul dengan koleksi independen pertamanya di Milan pada 1978.

Menurut Museum Victoria dan Albert, ia membangun merek dengan saudaranya, Santo, dan saudara perempuannya, Donatella. Desainnya dikenal karena siluetnya yang menggoda dan bakat teatrikalnya.

Desainnya itu telah dikenakan pesohor budaya pop, termasuk Naomi Campbell, Jennifer Lopez, dan Elton John. Versace ditembak mati di tangga vilanya di Miami Beach pada 1997. Sejak kematiannya, Donatella Versace terus memimpin visi kreatif merek tersebut. Sekarang, merek itu berada di bawah perusahaan AS Capri Holdings, yang membeli label tersebut pada 2018.  (Natalia Adinda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.