Niat Libur Lebaran 2022 di Pantai Pangandaran, Susi Pudjiastuti Terpaksa Pungut Sampah Buangan Turis Lokal

Oleh Asnida Riani pada 05 Mei 2022, 13:01 WIB
Diperbarui 05 Mei 2022, 13:01 WIB
Pantai Pangandaran
Perbesar
Susi Pudjiastuti bagikan video Pantai Pangandaran penuh sampah di libur Lebaran 2022. (dok. tangkapan layar video Twitter @susipudjiastuti/https://twitter.com/susipudjiastuti/status/1521823874467254272)

Liputan6.com, Jakarta - Dengan aturan penanganan COVID-19 yang semakin longgar, libur Lebaran 2022 kembali dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk kumpul keluarga. Di momen ini, tidak jarang yang memutuskan berlibur bersama, dan Pantai Pangandaran masih jadi salah satu tujuan wisata favorit.

Namun, ada yang tertinggal di antara hangat kebersamaan libur Idul Fitri 2022. Yang dimaksud adalah sampah, seperti dibagikan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melalui akun Twitter-nya, Rabu, 4 Mei 2022.

Lewat video berdurasi dua menit dan 12 detik tersebut, Susi memperlihatkan kondisi Pantai Pangandaran pada H+3 Idulfitri. "Lebaran membawa rezeki untuk masyarakat Pangandaran. Saya pun senang ekonomi bergerak pulih, Tapi mak sampahnya," tulisnya seraya menyertakan emoji menangis.

Di rekaman tersebut, Susi menyebut bahwa sampah yang ditemukannya di pinggir pantai kebanyakan berupa sedotan plastik. Ia berkata dalam video itu, "Awas kalau datang lagi ke (Pantai) Pangandaran, buang sampah begini (sembarangan), saya tenggelamkan."

"Hari ke-3 (Lebaran), mau main di Pantai (Pangandaran), tapi coba nih, ya ampun sedotan, ribuan sedotan. Jangan minum pakai sedotan kenapa sih. Mau main sama anak-anak (cucunya), ibunya harus kerja," ia menambahkan.

Pantai Pangandaran, Susi Pudjiastuti menyebut, di hari-hari biasa cenderung sepi dan bersih. "Pangandaran penuh dengan turis Lebaran ini. Jalan pun sudah macet, dan pantai kita pun penuh kembali dengan (sampah) plastik-plastik," tuturnya.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

>


Bawa Pulang Sampah

Susi Pudjiastuti Bahas Masalah Natuna di DPP PKS
Perbesar
Ilustrasi foto mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kondisi Pantai Pangandaran yang penuh sampah, Susi Pudjiastuti melanjutkan, membuatnya dan keluarga harus menghabiskan waktu 1--2 jam untuk membersihkan pantai sebelum bisa bermain. Ia menyebut, "(Sampah) plastiknya luar biasa," menambahkan bahwa banyak juga ditemukan berbagai sampah kemasan produk makanan.

"Para turis, para pengunjung Pantai Pangandaran, mbok iya tolong kalau beli makanan, sampahnya jangan dibuang begitu saja. Cari tempat sampah, masukkan ke dalam tempat sampah. Atau dibawa pulang saja. Nanti Anda kemari lihat begini (Pantai Pangandaran penuh sampah) kan juga tidak senang," ia mengatakan.

Lebih lanjut, ia menuturkan, dalam 10 menit, satu orang bisa mengumpulkan satu keranjang penuh sampah. "Anda kan datang karena senang dengan pantai kami. Jadi, jangan menyampah ya. Terima kasih," tutupnya.

Mengingat tingginya minat kunjungan wisatawan, kanal Regional Liputan6.com melaporkan, Polda Jabar mengimbau masyarakat agar menggunakan jalur alternatif Pantai Selatan ketika melakukan perjalanan wisata ke Pantai Pangandaran untuk menghindari kemacetan saat libur Lebaran 2022.

 


Jalur Alternatif

Menyapa Pagi dengan Berkuda di Bibir Pantai Pangandaran
Perbesar
Berkuda di pinggir Pantai Pangandaran. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, para wisatawan bisa memanfaatkan sejumlah jalur alternatif yang telah dicek dan disiapkan menuju Pantai Pangandaran. Menurutnya, puluhan ribu wisatawan terus berdatangan ke Pantai Pangandaran untuk mengisi libur Lebaran sejak H+2.

Karena itu, banyak dari mereka yang terjebak kemacetan parah hingga berjam-jam, dan tidak sedikit yang akhirnya mengurungkan niat berwisata. Adapun kepadatan kendaraan terjadi di jalur arteri menuju Pantai Pangandaran, yakni mulai dari kawasan Kota Banjar, hingga ke arah jalur selatan.

Menghindari kondisi tersebut, jika wisatawan berangkat dari daerah Bandung, jalur alternatif yang bisa dilalui adalah jalur wisata Ciwidey atau Pangalengan menuju ke arah Cidaun, Cianjur.

Kemudian, kata Ibrahim, para wisatawan bisa menelusuri jalur Pantai Selatan ke arah timur. Sebelum mencapai Pangandaran, nantinya para wisatawan juga akan menemukan sejumlah objek wisata lain, seperti Pantai Rancabuaya, Pameungpeuk, Cipatujah, Cikalong, Cijulang, dan Parigi.


Prediksi Kepadatan Wisatawan

Sebuah permainan watersport seperti Banana Sport, menjadi pemandangan biasa yang bisa dinikmati pengunjung saat menikmati pemandangan pantai Pangandaran, Jawa Barat
Perbesar
Sebuah permainan watersport seperti Banana Sport, menjadi pemandangan biasa yang bisa dinikmati pengunjung saat menikmati pemandangan pantai Pangandaran, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Wisatawan dari Jakarta juga bisa menikmati jalur alternatif Pantai Selatan mulai dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Nantinya, para wisatawan dari Jakarta juga akan menjumpai kawasan wisata lain sepanjang jalur tersebut, seperti Geopark Ciletuh, Pantai Ujung Genteng, Tegal Buleud, Agrabinta, dan Sindang Barang.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana memprediksi masyarakat yang memadati berbagai tempat wisata di Jawa Barat akan berlangsung hingga Minggu, 8 Mei 2022 atau H+5 Lebaran 2022. Namun, menurutnya, puncak kepadatan mobilitas masyarakat ke tempat wisata diprediksi akan terjadi pada Jumat, 6 Mei 2022 atau Sabtu, 7 Mei 2022.

"Kami harus membagi kekuatan personel untuk mengawasi semua objek wisata," kata Suntana.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, kepadatan wisatawan hanya ditemukan di Pantai Pangandaran. Padahal, pihaknya mengklaim sudah melakukan pengaturan agar objek wisata itu tidak terlalu penuh wisatawan.

Salah satunya dengan memberlakukan sistem buka-tutup di Pantai Pangandaran agar para wisatawan sebagian telah diarahkan ke objek wisata lain. Namun, mayoritas wisatawan tetap ingin masuk ke Pantai Pangandaran.

Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Balik Lebaran 2022
Perbesar
Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Balik Lebaran 2022
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya