Sukses

Tampilan Unik Wanita Pakai Baju Lebaran Bertema Mermaid

Wanita asal Malaysia memilih gaya berbeda dengan mendesain baju Lebaran ala mermaid atau putri duyung.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang tentu ingin tampil yang terbaik di momen Lebaran. Bahkan, tidak sedikit yang sudah mempersiapkan baju baru sejak jauh hari. Demi tampil maksimal saat Lebaran, penampilan seorang wanita pun menjadi sorotan. Wanita tersebut tampak mengenakan gaun model mermaid.

Biasanya, ada yang membeli baju baru atau sengaja membuat seragam keluarga. Tak jarang pula ditemui model baju Lebaran yang didesain unik.

Dilansir dari akun TikTok @prince.syed.shahid, baju Lebaran seorang wanita asal Malaysia langsung mencuri perhatian. Akun tersebut membagikan beberapa video yang sempat viral. Kain yang dipakai sebenarnya sudah seragam dengan keluarganya.

Namun wanita ini memilih gaya berbeda dengan mendesain gaunnya ala mermaid alias putri duyung.  Gaun tersebut berwarna abu-abu bermotif floral.

Pada bagian pinggangnya terdapat hiasan dengan warna senada. Lalu pada bagian bawah gaunnya diberi tambahan ekor mermaid yang tampak mengembang. Ekor mermaid itu cukup panjang sampai menyentuh lantai. Wanita itu terlihat melangkah dengan hati-hati saat keluar-masuk rumah.

Pada video lainnya, wanita ini juga memperlihatkan potretnya bareng keluarga lain. Saat sedang merekam video, wanita ini sempat jatuh karena menginjak gaunnya sendiri.

Ia tampaknya ikut bercanda dengan mengatakan bahwa gaun yang dipakainya ini berasal dari kain gorden. "Ini semua pakaian yang saya jahit menggunakan kain gorden, tahun ini (bajunya) bisa untuk menyapu," ucap wanita tersebut sambil tertawa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkesan Ribet

Sampai berita ini ditulis, salah satu video yang diunggah pada 2 Mei 2022, sudah ditonton lebih dari 8,9 juta kali dan mendapatkan lebih dari 14 ribu komentar.  Beragam komentar pun membanjiri unggahan tersebut.

Ada yang mempertanyakan alasan memilih desain baju mermaid untuk hari Lebaran. Ada juga yang mengaku gagal paham dan menyebut baju tersebut justru terkesan ribet.

"Bisa nyapu lantai dan lap multifungsi kawan kawan," komentar seorang warganet. "Dia yang pakai, aku yang nggak bisa jalan takut kesrimpet nyungsep," timpal warganet lainnya.

"Ngebayangin pas mau ke WC, ribet banget pasti," komentar warganet lainnya.

Memakai baju baru merupakan tradisi yang tidak bisa dilepaskan dari perayaan Idul Fitri tersebut. Bagaimana Islam memandang fenomena tersebut? Apakah ada anjuran dari Rasulullah SAW untuk memakai baju baru sewaktu Lebaran.

3 dari 4 halaman

Mengenakan Pakaian Terbaik

Melansir kanal Regional Liputan6.com, alam sebuah hadis, Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk mengenakan pakaian terbaiknya di dua hari raya yakni, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

"Diriwayatkan dari Al-Hasan bin Ali RA, ia berkata, ‘Rasulullah SAW telah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakaian terbaik yang kami temukan." (HR Al-Baihaqi dan Al-Hakim).

Selain hadis di atas, terdapat atsar yang menerangkan masalah memakai baju baru pada saat lebaran adalah sebagai berikut.

Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa Ibnu Umar RA memakai baju terbaiknya di dua hari raya.” (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Abid Dunya dengan sanad shahih).

 

4 dari 4 halaman

Tak Harus Baru

Berdasarkan hadis dan atsar sahabat di atas, maka memakai baju terbaik di saat lebaran bukan hanya persoalan adat semata, melainkan Rasulullah SAW dan sahabat juga melakukan.

Oleh sebab itu, para ulama mujtahid seperti Imam Syafi’i dalam kitab Al Umm mengatakan bahwa dirinya merasa senang jika dalam dua hari raya orang hendaknya ke luar dengan baju terbaik yang ia temukan. Dua hari raya yang dimaksud ialah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Adapun yang dimaksud baju terbaik sebagaimana yang disampaikan pakar fikih mazhab Maliki Syekh Ahmad bin Ghunaim An-Nafrawi yang dimaksud dengan baju terbaik (yang disunahkan) dalam hari raya adalah baju baru, meskipun berwarna hitam.

Meskipun demikian, jika tidak memiliki kemampuan untuk membeli baju baru kita tidak usah memaksakan diri. Dalam kondisi seperti ini, maka cukup kita mencari baju terbaik di antara baju-baju yang telah kita miliki untuk dipakai di Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.