Sukses

Cinta Sejati Mieke Wijaya yang Ditinggal Suami Tercinta

Cinta Mieke Wijaya pada Dicky Zulkarnaen bisa disebut cinta sejati hingga akhir hayatnya,

Liputan6.com, Jakarta - Mieke Wijaya dan Dicky Zulkarnaen merupakan pasangan yang memiliki cinta sejati. Sejak ditinggal suaminya untuk selamanya pada 10 Maret 1995, Mieke tetap setia dengan almarhum suaminya.

Tak jarang Mieke masih berziarah ke makam suaminya di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Dalam sebuah kesempatan akun @miekewijaya.z, sempat mengunggah potret saat Mieke sedang berziarah ke makam suaminya.

Ibunda Nia Zulkarnaen itu mengunggah potret sedang berdaoa di sisi makam suaminya. Mieke menyebut almarhum suaminya dengan kata "my love".

"Happy birthday my love 😇😙💖🌺🌹🌸🌷🌻," kata Mieke. Dalam potret itu tampak ia sedang mengangkat kedua tangannya. Di sisinya beberapa buket bunga yang indah.

Dalam unggahan yang lain, Mieke juga tampak sedang berdua dengan Dicky. Ia menyebut suaminya "Cintaku".

"With my beloved hubby, Dicky Zulkarnaen, 53 years ago.You are in my heart, in my thoughts, in my life, always ❤🌹😙 (Bersama suami tercinta, Dicky Zulkarnaen, 53 tahun yang lalu.Kamu ada di hatiku, dalam pikiranku, dalam hidupku, selalu ❤🌹😙)," ungkap Mieke Wijaya.

Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa malam, 3 Mei 2022. Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, pemilik nama lahir Miecke Marie De Rijder, sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Nia Zulkarnaen putri Mieke Wijaya mengatakan, kurang lebih satu bulan ibunya menjalani rawat inap di rumah sakit. Penyebabnya, karena penyakit diabetes dan juga kanker yang bersarang di tubuh ibunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Satu Liang Lahad

Cinta Mieke Wijaya pada Dicky Zulkarnaen hingga akhir hayat. Mieke tetap setia dengan lelaki yang disebutnya sebagai "cintaku" itu.

Sesuai dengan permintaan Mieke, ia ingin jenazahnya dimakamkan satu liang lahat dengan suaminya. Jenazah almarhumah Mieke akan di makamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada Rabu (4/5/2022).

Sesuai amanat yang diberikan, pemeran Tiga Dara itu akan dimakamkan satu liang dengan suaminya, Dicky Zulkarnaen."Insha Allah (dimakamkan) Rabu tanggal 4 Mei, ba'da dzuhur di Tanah Kusir. Rencananya, Mama satu liang dengan Papa, itu permintaan Mama," jelas Nia Zulkarnaen.

Ingin Lebaran Bersama

Namun jelang Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Mieke Wijaya minta pulang karena kangen dengan rumah dan ingin merayakan hari yang fitri bersama anak dan juga cucu-cucunya. Tapi semenjak Lebaran kondisi ibunya semakin menurun, seperti diberitakan kanal Showbiz Liputan6.com.

"Ibu itu pulang Rabu (Minggu lalu) karena pengen ngerayain Lebaran di rumah bareng. Beliau memang pengen kumpul pas Lebaran. Nah pas satu hari jelang lebaran memang kondisinya menurun," ujar Nia Zulkarnaen di rumah duka di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Selasa, 3 Mei 2022.

Selama sakit Mieke Wijaya tidak penah mengeluh tentang kondisi tubuhnya yang digerogoti diabetes dan kanker. Lantaran hal itu, anak-anaknya tidak pernah tahu kalau ternyata ibunya sedang menahan sakit akibat penyakit tersebut.

"Mama sakit diam saja kita semua tidak tahu. Ibu luar biasa, baik, tidak mau menyusahkan orang," kata Nia Zulkarnaen lagi.

 

3 dari 4 halaman

Tiga Piala Citra

Aktris senior Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa, 3 Mei 2022. Artis kelahiran Bandung, 17 Maret 1939 ini telah membintangi puluhan film layar lebar dikenal sebagai sosok yang murah senyum.

Ibunda Nia Zulkarnaen ini telah meraih tiga Piala Citra pada 1967, 1975, dan 1981 untuk film Gadis Kerudung, Ranjang Pengantin, dan Kembang Semusim. Tiga penghargaan tersebut untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Nama Mieke Wijaya tak hanya berkibar di dunia layar lebar, tapi juga di layar kaca. Peran Mieke sebagai Bu Broto dalam sinetron Losmen sangat membekas di hati pemirsa.

Satu hal yang membuat Mieke dikenang sebagian masyarakat karena dikenal sebagai artis yang murah senyum. Hal itu yang membuat banyak orang yang menyukainya.

4 dari 4 halaman

Murah Senyum

Dalam sejumlah potret yang diunggah akun Instagram @miekewijaya.z. Artis senior itu tampak selalu tersenyum dengan penuh ketulusan. Dalam unggahan akun tersebut, nyaris semua pose Mieke sedang tersenyum.

Innalillahi wainna ilaihi rojiiun. Telah meninggal dunia Mama, Nenek, kami tercinta Hj. MIEKE WIDJAJA pada hari Selasa, 3 Mei 2022 jam 19.30 dlm usia 82 thn. Mohon diampuni segala kesalahan2 nya & semoga Amal ibadahnya diterima Allah SWT.

Setelah disemayamkan di rumah duka yang terletak di Ampera Raya, Kemang, Jakarta Selatan, rencananya, jenazah Mieke Wijaya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Rabu (4/5/2022) siang.

"Rencana Pemakaman: Rabu, 4 Mei 2022, TPU Tanah Kusir ba'da Dzuhur. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kekhilafan Almarhumah semasa hidupnya. Semoga Almarhumah Husnul Khatimah," kata Nia Zulkarnaen, puttri Mieke Wijaya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.