Sukses

Bukan Barang Berharga, Viral Pengumuman Kehilangan Rendang di Tempat Cuci Mobil

Hal tersebut bermula saat ayahnya tak sengaja memasukkan rendang itu ke mobil orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hidangan yang kerap disajikan ketika Lebaran adalah rendang. Makanan ini pun kerap dibuat dalam jumlah banyak untuk disantap bersama keluarga.

Cara pembuatan rendang memang tak mudah. Namun hasilnya biasanya sepada karena rasanya yang enak dan tahan lama. Tak heran kalau rendang sering jadi stok makanan di rumah.

Tapi pernahkah Anda terbayang rendang yang sudah susah payah dibuat dalam jumlah banyak justru tak sengaja hilang sebelum Lebaran? Hal ini seperti yang dialami pemilik akun Twitter @Saktiaoktavni.

Wanita bernama Saktia ini bercerita bahwa rendang sebanyak 4 kilogram untuk disantap keluarganya terbawa oleh mobil lain. Hal tersebut bermula saat ayahnya tak sengaja memasukkan rendang itu ke mobil orang lain.

Awalnya, mereka mencuci mobil. Setelah selesai, rupanya 4 kilogram rendang itu justru masuk ke kendaraan milik orang lain. Sayangnya, rendang itu tak kunjung ditemukan. Wanita ini lantas membuat pengumuman tentang hal tersebut di media sosial.

"Guys, bagi yang cuci mobil tadi sore di Kalimalang dan mobilnya Rush atau Xpander hitam, ada rendang 4 kilogram keluarga gue wkwkwkwkwk. Karena bokap guee pas cuci mobil salah masukin rendang ke mobil orang," tulis wanita ini pada pengumuman yang diunggah pada 1 Mei 2022.

Pengumuman itu pun jadi viral karena banyak yang tak menyangka seseorang akan kehilangan rendang karena salah mobil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Ditemukan

Wanita ini juga memberi ciri-ciri rendang milik keluarganya. Ia menyebutkan rendang itu baru selesai dimasak menggunakan bumbu asli Minang. Rendang tersebut terakhir kali dilihat pada 17.25 WIB di Kalimalang dan masuk ke mobil Rush atau Xpander hitam.

"Bagi yang menemukan semoga hidupnya senikmat rendang itu," tulisnya dalam unggahan tersebut.Hingga hari H Lebaran, rupanya rendang itu masih belum ditemukan. Jadi, keluarganya melalui momen Lebaran seperti biasa meski tanpa kehadiran 4 kilogram rendang di rumah.

"Temen2 makasih ya yg udh pada bantu cariin rendang, sampai hari ini belum ketemu dan saya sekeluarga sudah ikhlas walaupun sampai hari ini belum makan rendang," cuit wanita itu pada Selasa (3/5/2022). Cuitan ini lantas jadi viral dan menarik banyak perhatian warganet.

Beragam komentar memenuhi unggahan tersebut. Uniknya, sejumlah warganet mengkhawatirkan kondisi ayah wanita itu setelah kehilangan rendang. "Nggak kebayang itu mamanya seberapa murka sama ayahnya hahaha," komentar seorang warganet.

3 dari 4 halaman

Makanan Terenak

"Empat kilogram astaga itu banyak banget. Masaknya pasti super capek tapi habis itu nggak jadi dimakan hahaha," timpal warganet lainnya. "Sehat selalu buat si bapak. Semoga si ibu bisa membukakan pintu maaf selebar-lebarnya di hari yang fitri," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Wanita yang membagikan informasi kehilangan tersebut adalah Saktia Oktapyani, mantan personel JKT48. Saktia merupakan anggota generasi kedua JKT48. Ia mengumumkan kelulusannya dari JKT48 pada 12 Januari 2019. Saat ini, Saktia bekerja sebagai podcaster dan presenter.

Rendang merupakan makanan tradisional dari Sumatra Barat yang sangat populer bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia internasional. Makanan yang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN itu pun selalu sukses membuat orang tergiur.

Meski begitu, memasak rendang bukanlah hal mudah. Selain butuh banyak bumbu, proses pembuatannya pun cukup makan waktu. Karena itu, kehadiran beragam bumbu instan untuk membuat rendang bisa membantu mempersingkat waktu. 

4 dari 4 halaman

Proses Pembuatan

Namun, seorang pria asal Jepang rupanya lebih tertarik mengolah daging sapi menjadi rendang dengan caranya sendiri. Proses pembuatan rendang itu dibagikan secara singkat melalui akun TikTok @bayashi.tiktok.

Semua langkah dalam video tersebut dilakukan dengan sangat cepat. Pria ini pun mencoba rendang buatannya dan tampak sangat puas dengan hasilnya. Bayashi tampak mengacungkan jempol usai menyantap rendang yang tampilannya lebih mirip kalio.

Meski begitu, video ini berhasil menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan pada 4 Februari 2022 ini.

Ada yang merasa salut. Ada juga yang menilai cara masaknya beda dengan orang Indonesia pada umumnya, terutama penggunaan kacang mete karena jarang yang menggunakannya.

"Nah ini baru rendang, dari mentah. Nggak digoreng dulu," komentar seorang warganet. "Ini rendang versi premium. Bumbunya elit banget," komentar warganet lainnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.