12 Tips Dapur Tetap Bersih Selama Lebaran

Oleh Asnida Riani pada 03 Mei 2022, 05:01 WIB
Diperbarui 03 Mei 2022, 05:01 WIB
Cloud Kitchen Makin Menjanjikan untuk UMKM Kuliner di Masa Depan
Perbesar
Ilustrasi dapur tetap bersih selama Lebaran. (dok. Gareth Hubbard/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Karena Lebaran tidak pernah lepas dari makan-makan, Anda mungkin jadi salah satu yang menghabiskan lebih banyak waktu di dapur untuk menyiapkan berbagai sajian. Bukan perkara mudah memasak menu dalam berbagai pilihan, dan mungkin porsi lebih banyak. Tapi, tantangannya tidak berhenti di situ.

Menjaga dapur tetap bersih selama proses memasak supaya setelahnya Anda tidak terlalu bekerja keras membersihkan ruangan ini tentu penting. Tidak ribet sebetulnya jika Anda mengetahui sejumlah trik untuk memastikan dapur tidak terlalu berantakan, apalagi sampai kotor di sana-sini.

Berikut beberapa triknya seperti dikutip dari The Kitchn, Senin, 2 Mei 2022.

1. Pakai "mangkuk sampah"

Gunakan mangkuk sampah sebagai salah satu "kunci kebahagiaan di dapur." Alih-alih berjalan ke tempat sampah atau tempat kompos dengan segenggam kulit atau sisa bahan masakan, gunakan mangkuk di meja tempat Anda masak untuk menggabungkan semua limbah memasa.

Ini juga lebih efisien dan akan menghemat waktu. Namun demikian, akan lebih baik jika sebelumnya sudah dipersiapkan semua bahan yang dibutuhkan, sehingga limbah bahan masakan bisa minimal atau bahkan tidak ada sama sekali.

2. Lapisi talenan dengan alas potong yang fleksibel

Saat mengambil talenan besar dan mencoba memasukkan seikat sayuran cincang ke dalam wajan? Setengah dari mereka mungkin jatuh ke lantai. Karena itu, Anda disarankan menggunakan alas potong yang tipis dan fleksibel di atas talenan.

Ketika tiba waktunya untuk memindahkan sayuran, jadi Anda tinggal mengambil lapisan tersebut, bukan seluruh papan talenan. Do samping, ini akan lebih mudah memasukkan berbagai bahan yang sudah dipotong ke dalam wajan tanpa tumpah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Keluarkan Tempat Sampah Daur Ulang dari Lemari

5 Bagian Penting Kitchen Set yang Wajib Dipelajari Sebelum Membeli
Perbesar
Ilustrasi dapur tetap bersih selama Lebaran. (dok. Dekoruma)

Untuk proses memasak di mana Anda mungkin menggunakan banyak makanan kaleng atau kotak, sebaiknya ambil tempat sampah daur ulang dari lemari. Setelahnya, taruh wadah tersebut di dekat konter, sehingga Anda dapat memasukkan semua sampah kemasan sekaligus saat membukanya.

4. Segera ambil apa saja yang jatuh di lantai

Mengambil, misalnya stroberi yang menggelundung ke bawah lemari atau atau pasta yang jatuh dari kotak, sekarang akan menghemat pembersihan nanti. Karena baru jatuh, efeknya mungkin hanya lengket, tidak melekat dengan bantel ke lantai dan susah untuk dibersihkan.

5. Masukkan sendok takar yang dapat digunakan kembali ke dalam cangkir

Jika  menggunakan sendok takar yang Anda tahu akan digunakan lagi, taruh ke dalam cangkir agar tidak melupakannya dan mengeluarkan sendok takar yang baru. Selain menghemat waktu, kebiasaan ini juga membuat sendok tetap rapi. Alhasil, Anda tidak akan merapikan lebih banyak barang ketika sudah selesai memasak.


6. Bebersih Sebelum Memasak

Cocok buat mereka yang di kosannya itu ada dapur.
Perbesar
Ilustrasi dapur tetap bersih selama Lebaran. (dok. unsplash)

Membersihkan dapur sebelum memasak dengan semangkuk air sabun panas adalah cara yang bagus untuk menghemat pembersihan. Ini juga mengkonsolidasikan hal-hal kotor. Alih-alih berkeliaran di meja, mereka semua ada di satu tempat. Pada catatan yang sama, mulailah memasak dengan mesin pencuci piring kosong.

7. Gunakan splatter screen di atas kompor

Menggunakan splatter screen saat menumis atau menggoreng akan menghemat banyak sekali pembersihan nanti. Minyak yang tidak terciprat ke mana-mana tentu membuat Anda akan lebih senang setelah selesai memasak. Ketimbang banyak permukaan, tentu lebih baik Anda hanya membersihkan satu splatter screen.

8. Isi botol dengan air sabun

Menyediakan sebotol penuh air sabun membuat Anda lebih mungkin untuk menyemprotkan noda-noda kotor sesegera mungkin. Itu juga bisa dipakai untuk menyeka konter, alih-alih membiarkannya jadi berkerak dan sulit untuk digosok. Dengan sudah tersedianya sebotol berisi air sabun, Anda tidak berpikir pekerjaan bebersih jadi menambah langkah lain selama memasak.


9. Memasak Secara Perlahan

lemari dapur
Perbesar
Ilustrasi dapur tetap bersih selama Lebaran. (dok. Rustic Vegan on Unsplash)

Perlahan dan hati-hati dalam mengukur dan memotong, lalu menyeka di antara setiap langkah, mungkin merupakan cara paling efektif untuk memasak dengan lebih rapi. Mungkin tidak akan bisa langsung rapi, tapi tidak ada salahnya mencoba.

10. Bersihkan peralatan masak setelah digunakan

Jangan tunggu menumpuk dan nantinya malah membuat Anda lebih malas untuk bebersih. Dengan menyicil membersihkan peralatan masak dan menaruh kembali ke tempatnya, Anda sebenarnya sudah membantu diri sendiri menghindari pembersihkan yang melelahkan nantinya.

11. Jangan pernah menaruh peralatan kotor di atas meja

Anda bisa mengambil tisu, lap, atau piring kecil untuk meletakkan sendok sup atau garpu. Juga, membuang sisa makanan yang ada di microwave. Tapi, jangan biarkan peralatan kotor ada di atas meja dan menambah noda baru untuk dibersihkan nantinya.

12. Atur rak penyimpanan

Anda mungkin menyimpan sebagian besar peralatan masak dan peralatan makan di rak. Tetap terlihat rapi saat Lebaran, Anda perlu menatanya dengan baik, selain memudahkan menemukannya saat dibutuhkan.

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan
Perbesar
Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya