Sukses

Penari Balet Kembali ke Panggung Saat Perang Berkecamuk di Ukraina

Para penari balet beraksi di atas panggung, meski perang Rusia dan Ukraina masih berkecamuk.

Liputan6.com, Jakarta - Invasi Rusia ke Ukraina seolah tak mematahkan semangat para penari balet kembali ke panggung. Para penonton diminta untuk mematikan telepon genggamnya. Pengumuman tak biasa kemudian muncul.

"Tamu yang terhormat, acara kami akan ditangguhkan jika ada peringatan serangan udara. Penari dan penonton harus pergi ke tempat perlindungan bom yang terletak di teater," katanya kepada orang banyak - pengingat pedih bahwa ini bukan malam biasa di teater, seperti dikutip dari CNN, Minggu, 1 Mei 2022.

Kemudian lampu redup, orkestra mulai bermain, dan seorang penari muncul di atas panggung dari sayap. Opera Nasional Lviv terpaksa ditutup pada 24 Februari 2022 ketika Rusia melancarkan serangan tanpa alasan dan kekerasan di Ukraina. Ini menyambut penggemar teater kembali untuk produksi penuh pertamanya pada Jumat malam.

"Dengan satu atau lain cara, perang mempengaruhi kita semua," kata direktur artistik opera, Vasyl Vovkun, kepada CNN. "Kami memahami bahwa cahaya harus mengalahkan kegelapan, bahwa kehidupan harus mengalahkan kematian, dan misi teater adalah untuk menegaskan hal ini."

Kota Lviv di bagian barat Ukraina telah muncul hampir seluruhnya tanpa cedera karena pertempuran sengit telah menghancurkan kota-kota di tempat lain di negara itu. Ribuan warga sipil yang melarikan diri telah transit melalui kota hub sebelum melakukan perjalanan ke negara tetangga Polandia dan sekitarnya.

Bagi mereka yang tertinggal di kota tangguh ini, penduduk perlahan-lahan belajar untuk hidup dengan perang. Kafe dan restoran di pusat kota kembali melakukan perdagangan yang ramai, jalan-jalan sekali lagi penuh dengan lalu lintas pejalan kaki dan penduduk telah kembali untuk berjalan-jalan santai di taman.

Memberikan tempat pelipur lara di tengah konflik yang berkecamuk adalah kekuatan pendorong di balik dimulainya kembali pertunjukan, kata Vovkun.' Untuk memulai, dia memilih balet klasik yang dimainkan dengan baik, "Giselle." Sebuah balet dua babak, menceritakan kisah seorang gadis petani cantik yang meninggal sebelum waktunya setelah dikhianati oleh pria yang dicintainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cinta akan Menang

Mantan menteri budaya dan pariwisata berusia 64 tahun itu menjelaskan: “Giselle juga memiliki semua nuansa suka dan duka, ada juga kematian dan juga kemenangan cinta. Dan nyatanya, topik ini konsisten hari ini. Bahkan ketika kita banyak mendengar tentang kematian, kita masih berharap, baik dalam pekerjaan ini maupun dalam hidup, bahwa cinta akan menang, hidup akan menang."

Sementara pilihannya terbukti populer - dengan tiket terjual habis - banyak kursi tetap kosong. "Meskipun kami hanya dapat menerima 300 orang karena kami hanya dapat menampung sebanyak itu di tempat penampungan, itu masih merupakan misi besar bagi kami," lanjut Vovkun.

"Untuk memberi orang sesuatu untuk melupakan berita ... di masa sulit ini, karena tidak ada kabar baik dalam perang. Dan bagi mereka untuk dibangkitkan secara spiritual selama perang, dengan melihat karya seni ini."

Menampilkan pertunjukan yang bagus adalah yang paling penting bagi pasukan seniman teater. Beberapa jam sebelum pertunjukan, staf produksi memeriksa tiga kali pencahayaan sementara yang lain memastikan setiap detail di lokasi syuting sempurna.

Di bagian dalam teater, pelanggan bergegas naik turun tangga, tutus di tangan. Sementara para penari berjalan terseok-seok di sepanjang koridor, kaki mereka yang berharga mengenakan sandal pelindung.

3 dari 4 halaman

Banyak Pengungsi

Dari salah satu ruang latihan, suara bass bergema di tangga sempit menuju ruang latihan di lantai paling atas. Di bagian lain gedung, balerina duduk dengan tenang saat stylist menggoda rambut mereka sebelum merapikan dan menjepit dengan kuat ke tempatnya.

Maria Malanchyn, 68, telah bekerja sebagai penata rias di lembaga budaya selama lima dekade. Dia mengatakan kepada CNN bahwa gedung opera dibutuhkan sekarang lebih dari sebelumnya.

“Menurut saya, budaya itu wajib, selalu, apalagi sekarang,” jelasnya. "Sekarang kami memiliki banyak pengungsi, itu sangat sulit bagi mereka. Tapi kami menunjukkan kepada mereka bahwa kehidupan bisa terus berjalan."

Daryna Kirik, 21, memainkan peran utama "Giselle." Seperti banyak orang di negara ini, hidupnya telah dijungkirbalikkan oleh perang dan kengerian di Bucha, di mana kuburan massal baru-baru ini ditemukan.

"Menari membantu mengalihkan perhatian dari apa yang terjadi," kata penyanyi solo itu. "Sebagian besar kerabat saya berada di wilayah Kyiv dan Kyiv sekarang. Ibu saya dan nenek saya dan saudara perempuannya selamat dari pendudukan di Bucha. Ibu saya berhasil mengevakuasi dirinya dan hewan peliharaannya. Sekarang dia aman di Polandia memulihkan sarafnya."

 

4 dari 4 halaman

Kembali ke Panggung

Bagi Kirik, kembali ke panggung telah memberinya tujuan baru dan kesempatan untuk mengekspresikan perasaannya melalui keahliannya. Dia mengatakan apa yang paling dia sukai dari bermain Giselle adalah "kesempatan untuk mengekspresikan emosi dalam adegan kegilaan. Semua emosi negatif yang terakumulasi untuk waktu yang lama dapat mengalir bersama dengan emosi karakter tersebut."

Dan selama beberapa jam, penonton dibawa menjauh dari kekacauan realitas. Kerumunan terpikat dengan setiap lompatan, angkat dan arabesque.

Pertunjukan yang hanya berdurasi dua jam itu tampaknya telah mencapai tujuannya untuk mengangkat semangat para hadirin."Setelah Anda mengunjungi tempat ini, Anda memahami bahwa hidup tidak dapat dikalahkan. Hidup kita tidak dapat dibom, atau dihancurkan oleh rudal atau senjata kimia atau nuklir," kata Victoria Pamararchuk, seorang jurnalis berusia 50 tahun, yang saat ini tinggal dengan keluarga besar di Lviv setelah meninggalkan rumahnya di wilayah Zhytomyr tengah.

Dengan senyum hangat, dia menambahkan: "Hidup tidak dapat dikalahkan ketika tempat-tempat seperti itu ada -- teater, opera, dan teater balet -- sementara orang-orang datang ke sini dan merasakan kegembiraan dengan suara-suara ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.