Rekomendasi Sandiaga Uno untuk Destinasi Wisata di Jakarta Selama Libur Lebaran 2022

Oleh Putu Elmira pada 01 Mei 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 01 Mei 2022, 17:54 WIB
Melihat Progres Pembangunan Rumah Betawi di Setu Babakan
Perbesar
Pemandangan proyek pembangunan Perkampungan Budaya Betawi di tengah Setu Babakan, Jakarta, Kamis (3/1). Kawasan tersebut nantinya akan dihiasi dengan berbagai bangunan bertema Betawi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merekomendasikan sederet destinasi wisata di Jakarta bagi mereka yang tidak mudik selama libur Lebaran 2022. Salah satunya adalah destinasi legendaris Taman Mini Indonesia Indonesia atau TMII.

"Untuk masyarakat Indonesia yang tidak mudik, masyarakat Jakarta yang ada di Jabodetabek, Taman Mini ini merupakan wisata yang favorit," jelas Sandiaga Uno di Taman Mini Indonesia Indonesia, Jakarta Timur, Sabtu, 30 April 2022.

Sandiaga Uno menyampaikan TMII memiliki track record yang cukup eksis dengan kunjungan yang sangat tinggi ditargetkan hari pertama akan dihadiri lebih dari 50 ribu orang sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Meski, kapasitasnya TMII 100 ribu orang dan bisa menampung 75 ribu orang, tapi karena ini masih masa pembangunan diambil keputusan bahwa hanya dibatasi kunjungannya.

"Saya tadi sudah memantau protokol e-ticketnya juga QR Code-nya menjaga jarak dan semuanya memakai masker," tambahnya.

Sandiaga menambahkan, bahkan TMII telah kedatangan wisatawan mancanegara dari Manchester dan London, Inggris. "Jadi ini tentunya menjadi harapan kami Taman Mini segera terevitalisasi untuk membangkitkan ekonomi, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja," terangnya.

Selain itu, Sandiaga Uno juga punya rekomendasi wisata lainnya bagi mereka yang tinggal di sekitar Jakarta. Adapun tiga destinasi wisata utama yang disebutkan Sandi adalah TMII, Taman Impian Jaya Ancol, dan Taman Margasatwa Ragunan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pulau hingga Pecinan

Agus Yudhoyono berenang ke Pulau Untung Jawa
Perbesar
Pulau Untung Jawa (Liputan6.com/ Putu Merta Surya Putra)

"Selain daripada tiga destinasi utama, ada Setu Babakan, Kampung Wisata Pulau Kelapa, ada juga Untung Jawa, dan Pecinan Glodok, ini juga menjadi pemenang 50 besar Desa Wisata," ungkap Sandiaga Uno.

Ada pula beberapa destinasi unggulan lainnya, seperti Condet dan wisata belanja. Deretan pusat perbelanjaan telah menawarkan berbagai macam promosi hingga tak ketinggalan wisata kuliner di Jakarta yang sangat beragam.

"Jadi yang di Jakarta saja jangan khawatir, kita akan hadirkan program berwisata Lebaran di Jakarta Aja dan ada juga program-program staycation ini yang akan kita dorong," kata Sandiaga Uno.

Ia mengungkapkan, "Harapannya buat yang tidak mudik atau yang memang tinggalnya di Jabodetabek, ada peluang untuk tetap melakukan kegiatan wisata dan ekonomi kreatif."

Sandi juga merekomendasikan Hutan Kota di GBK sebagai ide destinasi wisata selama libur Lebaran yang di Jakarta saja. Di sana, pengunjung dan orang-orang terdekat dapat sekadar bersantai atau piknik.


Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Perbesar
Taman Mini Indonesia Indah (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sandiaga Uno menyebut Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan mengalami mobilisasi masyarakat yang meningkat pada libur Lebaran 2022. TMII yang sedang menjalani revitalisasi saat ini sudah dibuka.

"Hari ini (Sabtu, 30 April) mulai dibuka sampai dengan tanggal 8 Mei. Setelah itu ditutup kembali untuk dilanjutkan pembangunannya supaya Oktober bisa menerima (tamu) G20," kata Sandiaga Uno.

Selain itu, Sandiaga mengatakan hatinya sangat dekat dengan TMII karena ia besar di sana karena ibundanya pernah punya usaha kerajinan tangan. Sementara itu, Taman Burung TMII merupakan hasil desain om-nya, Ir. Zain Rahman.

Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Andhika Permata menyebut apa yang disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno sejalan dengan program DKI Jakarta menyambut libur Lebaran dengan kampanye Lebaran di Jakarta. Ia mengatakan alternatif wisata di Jakarta, seperti wisata kuliner, belanja, wisata taman kota, wisata taman atraksi, dan wisata bahari dan Kepulauan Seribu.

"Berkaitan dengan taman wisata, Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu unggulan kawasan wisata yang berada di Jakarta. Jika mas Menteri punya histori dengan Taman Mini Inddonesia Indah, kami pun begitu, Mas Menteri. Kami sempat lomba tata upacara bendera di Tugu Api Pancasila sehingga kami punya histori sendiri," kata Andhika. "Saya mengajak masyarakat untuk liburan di Jakarta."

Injourney berharap Taman Mini Indonesia Indah menjadi ikon baru wisata Indonesia. Direktur Eksekutif TMII, I Gusti Putu Ngurah Sedana menjelaskan bahwa akan ada beberapa wahana yang akan dibuka selama pekan lebaran meskipun TMII masih dalam tahap renovasi.

"Dalam menyambut libur lebaran kali ini akan ada 11 wahana yang dibuka, seperti Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar, Kereta Gantung, Taman Legenda Keong Emas, Skyworld, PP IPTEK, SS Waterpark, Istana Anak-Anak Indonesia, Museum, dan Anjungan Daerah," ujarnya.


Ragunan

FOTO: Libur Lebaran di Taman Margasatwa Ragunan
Perbesar
Wisatawan saat mengamati jerapah di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya Taman Margasatwa Ragunan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Mei 2022. Harga tiket masuk pengunjung adalah Rp4 ribu per orang untuk dewasa dan Rp3 ribu per orang untuk anak-anak.

Tarif masuk Pusat Primata Schmutzer untuk Selasa--Jumat (usia 3 tahun ke atas) adalah Rp6 ribu per orang, sedangkan Sabtu--Minggu / libur nasional (usia 3 tahun ke atas) Rp7.500 per orang. Untuk membeli tiket, pertama, pengunjung harus mendaftar di situs https://ragunanzoo.jakarta.go.id/. Kemudian, pilih menu Info Pengunjung dan klik Pendaftaran Kunjungan untuk mengakses formulirnya.

Anda akan diarahkan pada halaman formulir yang harus diisi pada H-1 kunjungan. Formulir pendaftaran tersebut hanya bia digunakan sesuai dengan tanggal yang tercantum.

Isi data diri Anda pada formulir pendaftaran berupa nama, NIK, email, nomor ponsel dan lainnya. Nantinya, akan dibatasi 1 NIK untuk mendaftarkan 5 orang saja. Jika sudah selesai mengisi formulir, klik Kirim. Tiket online akan dikirimkan melalui email yang Anda isi pada formulir pendaftaran. Proses ini membutuhkan waktu yang agak lama, sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Perbesar
Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya