Sukses

Taman Mini Indonesia Indah Buka Hanya Saat Libur Lebaran 2022

Taman Mini Indonesia Indah hanya buka saat libur Lebaran 2022, mulai 30 April 2022 hingga 8 Mei 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan mengalami mobilisasi masyarakat yang meningkat pada libur Lebaran 2022. TMII yang sedang menjalani revitalisasi saat ini sudah dibuka.

"Hari ini (Sabtu, 30 April) mulai dibuka sampai dengan tanggal 8 Mei. Setelah itu ditutup kembali untuk dilanjutkan pembangunannya supaya Oktober bisa menerima (tamu) G20," kata Sandiaga Uno di TMII, Jakarta Timur, Sabtu (30/4/2022).

Bagi masyarakat Indonesia yang tidak mudik dan masyarakat Jakarta yang berada di Jaabodetabek, Taman Mini merupakan tujuan wisata favorit. Taman Mini juga memiliki track record yang eksis dan kunjungan yang tinggi.

"Hari pertama ditargetkan 50 ribu (pengunjung) yang akan mengunjungi Taman Mini dengan protokol kesehatan yang ketat. Karena masih dalam proses pembangunan, maka pengunjung dibatasi hanya 50 ribu," ucap Sandiaga. Wisatawan dari Inggris pun sudah tiba di Taman Mini.

Sandiaga mengatakan hatinya sangat dekat dengan Taman Mini karena ia besar di sana karena ibundanya pernah punya usaha kerajinan tangan. Sementara itu, Taman Burung merupakan hasil desain om-nya, Ir. Zain Rahman.

Kata Sandi, Kemenparekraf ingin terus menyiapkan aktivitas yang menarik di Taman Mini. Mereka yang ingin foto seperti pernikahan di Sumatera Barat, di sini juga disediakan.

"Mereka bisa foto-foto dan ada tari talempong. Kami juga mengajak masyarakat yang break Ramadhan untuk mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah," ujar Sandiaga Uno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Liburan di Jakarta

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan apa yang disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno sejalan dengan program DKI Jakarta menyambut libur Lebaran dengan kampanye Lebaran di Jakarta.

Ia menyebut alternatif wisata di Jakarta. Beberapa di antaranya wisata kuliner, belanja, wisata taman kota, wisata taman atraksi, dan wisata bahari dan Kepulauan Seribu.

"Berkaitan dengan taman wisata, Taman Mini Indonesia Indaah adalah salah satu unggulan kawasan wisata yang berada di Jakarta. Jika mas Menteri punya histori dengan Taman Mini Inddonesia Indah, kami pun begitu, Mas Menteri. Kami sempat lomba tata upacara bendera di Tugu Api Pancasila sehingga kami punya histori sendiri," ucap Andhika. "Saya mengajak masyarakat untuk liburan di Jakarta," imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

11 Wahana

Sementara itu, Injourney berharap Taman Mini Indonesia Indah menjadi ikon baru wisata Indonesia. Direktur Eksekutif TMII, I Gusti Putu Ngurah Sedana menjelaskan bahwa akan ada beberapa wahana yang akan dibuka selama pekan lebaran meskipun TMII masih dalam tahap renovasi.

"Dalam menyambut libur lebaran kali ini akan ada 11 wahana yang dibuka, seperti Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar, Kereta Gantung, Taman Legenda Keong Emas, Skyworld, PP IPTEK, SS Waterpark, Istana Anak-Anak Indonesia, Museum, dan Anjungan Daerah," ujarnya.

Taman Mini Indonesia Indah akan zero emission. Dalam kunjungan itu, Sandiaga Uno jadi orang pertama yang naik mobil listrik yang ada di Taman Mini. "Ke depannya Taman Mini akan zero emisi di sini," ungkap Putu.

4 dari 4 halaman

Gunakan Mobil Listrik

Dalam lawatannya kali ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Uno beserta rombongan disambut oleh Direktur Keuangan, Investasi, Manajemen Risiko dan SDM PT. TWC BPRB, Palwoto, Executive Vice President TMII, I Gusti Putu Ngurah Sedana, Finance, Human Capital & General Affair Assistant Vice President, Leonardus Adityo Nugroho, serta Commercial Assistant Vice President, Dwi R. Atmodjo.

Rombongan masuk melalui Pintu Masuk 3 TMII dan meninjau kesiapan Protokol Kesehatan, Peduli Lindungi, E-Ticketing, dan Pos Pengamanan (pospam) Terpadu Lebaran TMII tahun 2022.

Dilanjutkan menuju Anjungan Sumatera Barat dengan menggunakan Mobil Listrik. Di sana Sandiaga Uno disambut dengan Tari Pasambahan, serta melalukan peninjauan sekilas Anjungan Sumatera Barat dan pekerjaan proyek Kementerian PUPR RI area Pedestrian dan Archipelago.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.