Menyapa Desa Wisata Karanganyar di Magelang, Kaya Budaya dan Kearifan Lokal

Oleh Gilar Ramdhani pada 07 Mei 2022, 10:01 WIB
Diperbarui 09 Mei 2022, 11:41 WIB
Desa Wisata Karanganyar di Magelang
Perbesar
Desa Wisata Karanganyar di Magelang.

 

Liputan6.com, Magelang Wisata Anda DiIndonesiaAja berlanjut ke Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pesona wisata di daerah ini bukan hanya seputar Candi Borobudur yang menjadi warisan dunia. Di daerah ini ada sebuah desa wisata yang kaya akan budaya dan kearifan lokalnya, yaitu Desa Wisata Karanganyar.

Desa Wisata Karanganyar merupakan salah satu penerima penghargaan Anugerah Desa Wisata Tahun 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari kota Yogyakarta dan 10 menit dari Candi Borobudur, wisatawan bisa menikmati beragam pesona alam pedesaan, budaya hingga kuliner khas Karanganyar.

Terdapat beragam homestay dan penginapan yang dapat dipilih wisatawan bila ingin menghabiskan beberapa hari di desa ini. Anda bisa menginap di Balkondes & Homestay Karanganyar di Desa yang memiliki fasilitas setara hotel berbintang, atau di rumah warga untuk merasakan sensasi kehidupan masyarakat pedesaan.

 

Desa Wisata Karanganyar di Magelang
Perbesar
Desa Wisata Karanganyar di Magelang.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Misalnya saja memeras susu kambing etawa dan meminum langsung susu hasil perasan yang dipercaya memiliki khasiat bagus untuk menjaga imun tubuh. Selain itu, Anda juga bisa belajar membuat kerajinan seperti wayang suket, bentuk tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput ilalang.

Untuk membawa cinderamata dari desa ini, tak perlu khawatir. Karena ada banyak ragam kriya dan souvenir menarik yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh kreatif lokal Desa Wisata Karanganyar. Dan untuk mengisi perut, Anda wajib sekali menikmati Ikan Beong yang diolah menjadi mangut super pedas dan biasanya disajikan dengan olahan sayur.

Aktivitas terakhir, adalah menikmati sajian kopi Ndugal khas Desa Wisata Karanganyar dari Gardu Pandang sembari mencuci mata dengan view Candi Borobudur dan gunung-gunung di sekitar. Sungguh menarik dan lebih yakin untuk wisata DiIndonesiaAja.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya