Jelajah Keunikan Desa Wisata Bonjeruk di Lombok Tengah

Oleh stella maris pada 30 Apr 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 30 Apr 2022, 12:27 WIB
Jelajah Keunikan Desa Wisata Bonjeruk di Lombok Tengah
Perbesar
Desa Wisata Bonjeruk. (Indonesia.travel.id)

Liputan6.com, Lombok Tengah Berada di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Desa Wisata Bonjeruk merupakan salah satu desa yang istimewa. Gimana tak istimewa, desa ini bukan hanya menawarkan keindahan pesona alamnya, tapi juga ada berbagai keunikan di dalamnya. 

Ketika menginjakkan kaki di desa ini, kamu akan disuguhkan pemandangan sawah yang membentang luas dan sederet pohon kelapa yang nyiur melambai. Kamu juga akan disambut dengan pertunjukan musik tradisional, yaitu Gendang Beleq. 

Kalau dilihat dari sejarahnya, Gendang Beleq yang ada #DiIndonesiaAja ini adalah musik yang dimainkan untuk melepas pasukan perang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Desa Wisata Bonjeruk.
Perbesar
Desa Wisata Bonjeruk.

Kini, Gendang Beleq mengalami perubahan fungsi, yaitu digunakan sebagai musik penyambutan kedatangan para tamu hingga disajikan dalam sejumlah acara kebudayaan. 

Selain itu, Desa Bonjeruk juga memiliki bangunan tua bergaya arsitektur Eropa yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Oh ya, di Desa Wisata Bonjeruk ini juga terbilang lengkap, loh!

Itu karena desa wisata ini sudah dilengkapi dan didukung sejumlah fasilitas, seperti tempat ibadah, toilet yang bersih, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), serta sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment sustainability).

Desa Wisata Bonjeruk.
Perbesar
Desa Wisata Bonjeruk.

Untuk mendukung perkembangan desa, Kemenparekraf juga memberikan sejumlah pelatihan kreatif bagi warga di Desa Wisata Bonjeruk. Menariknya lagi, masyarakat di desa ini mencoba meningkatkan kualitasnya dengan melakukan program pembelajaran Bahasa Inggris. 

Jadi jangan kaget ya, ketika kamu tiba di Desa Wisata Bonjeruk, masyarakatnya fasih berbahasa Inggris. Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana keindahan dan keunikan Desa Wisata Bonjeruk, simak selengkapnya di video di bawah ini ya!

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya