Sukses

Buka di Hari Kedua Lebaran, Simak Harga Tiket dan Persyaratan Masuk Ragunan

Buka di Lebaran Hari Kedua, Simak Harga Tijket dan Persyaratan Masuk Ragunan

Liputan6.com, Jakarta - Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, termasuk destinasi keluarga yang sangat diminati. Di hari libur, termasuk saat libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, Ragunan tetap bukan dan selalu diserbu banyak pengunjung.

Menjelang libur lebaran, berbagai destinasi wisata keluarga diburu oleh masyarakat yang ingin berlibur. Begitu pula dengan Taman Margasatwa Ragunan.Ragunan merupakan kebun binatang modern yang menyajikan keanekaragaman hayati dan hewani.

Dengan luas sekitar 147 hektare, kebun binatang ini dihuni oleh 2.009 ekor satwa dan ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon. Ragunan menjadi destinasi wisata yang memuat sumber ilmu pengetahuan untuk mengawali langkah pelestarian kehidupan alam liar.  Karena fungsi inilah, Ragunan sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Di hari pertama Lebaran, Ragunan memang selalu tutup. Baru di hari kedua Lebaran tempay wisata ini dibuka.

Bagi yang ingin berkunjung, berikut penjelasan tentang Taman Margasatwa Ragunan lengkap dengan cara beli tiket, jam bukanya dan persyaratan masuknya di masa pandemi ini., diansir dari akun Instagram dan laman resmi Taman Margasatwa Ragunan, 29 April 2022.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ragunan termasuk angat murah. Menurut laman resmi Ragunan Zoo, berikut rincian lengkapnya:

PerbesarTiket pengunjung

Dewasa: Rp4000,-/orang

Anak-anak: Rp3000,-/orang

 

Tarif penitipan kendaraan atau parkir

Bus besar, truk besar, dan mobil box besar: Rp15.000,-/hari

Bus kecil, Truk kecil, mobil box kecil, dan pick up besar: Rp12.500,-/hari

Mobil sedan, minibus/sejenis, termasuk dalam bentuk pickup kecil: Rp6.000,-/hari

Sepeda motor, dan kendaraan roda tiga: Rp3.000,-/hari

Sepeda: Rp1.000,-/hari

 

Tarif masuk Pusat Primata Schmutzer

Hari Selasa s.d Jumat (usia 3 tahun ke atas): Rp6.000,-/orang

Hari Sabtu s.d Minggu / libur nasional (usia 3 tahun ke atas): Rp7.500,-/orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Beli Tiket

Tiket masuk Ragunan kini hanya bisa dibeli secara online. Sejak pandemi Covid-19 melanda, pengunjung tidak diperkenankan lagi membeli tiketnya secara offline di loket yang tersedia. Berikut tata cara beli tiket Ragunan yang bisa Anda simak:

1. Melakukan pendaftaran

Anda bisa melakukan pendaftaran dengan mengunjungi situs https://ragunanzoo.jakarta.go.id/. Kemudian, pilih menu Info Pengunjung dan klik Pendaftaran Kunjungan untuk mengakses formulirnya.

2. Isi formulir pendaftaran

Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada halaman formulir yang harus diisi pada H-1 kunjungan. Formulir pendaftaran tersebut hanya bia digunakan sesuai dengan tanggal yang tercantum.

Isi data diri Anda pada formulir pendaftaran berupa nama, NIK, email, nomor ponsel dan lainnya. Nantinya, akan dibatasi 1 NIK untuk mendaftarkan 5 orang saja. Jika sudah selesai mengisi formulir, klik Kirim.

3. Unduh tiket

Tiket online akan dikirimkan melalui email yang Anda isi pada formulir pendaftaran. Proses ini membutuhkan waktu yang agak lama, sekitar 30 menit sampai 1 jam.

3 dari 4 halaman

Syarat dan Cara Masuk Ragunan

Setelah mendapatkan tiket online yang dipesan pada H-1 kunjungan, Anda bisa langsung mendatangi Ragunan dengan membawa bukti tiket tersebut. Sertakan foto identitas diri atau KTP ke loket yang tersedia.Kemudian, tunjukkan bukti pendaftaran dan sertifikat vaksinasi Covid-19. Beli Jakcard atau top up saldo untuk akses masuk. Selanjutnya, ikuti aturan kebijakan dan protokol kesehatan selama berkunjung.

Syarat Masuk Ragunan

Berikut beberapa syarat masuk Ragunan yang harus Anda patuhi:

1. Pengunjung diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan antara lain wajib menggunakan masker, membawa handsanitizer dan menerapkan social distancing.

2. Pengunjung wajib scan QR code PeduliLindungi Vaksinasi Minimal Dosis 2

3. Pelayanan verifikasi pendaftaran online di loket mulai pukul 07:00 s/d 14:30 WIB dan jam operasional kunjungan mulai pukul 07.00 s/d 15.00 WIB (Waktu Dapat Berubah Tanpa Pemberitahuan Lebih Lanjut)

4. Jumlah pengunjung maksimal kapasitas 75 persen per hari (Selasa s/d Minggu)

5. Tiket masuk yang digunakan tetap menggunakan Jakcard

6. Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan berhak untuk mengubah, menyesuaikan, menambah, atau menghapus salah satu syarat dan ketentuan ini, dan/atau mengubah, menangguhkan atau menghentikan setiap aspek dari pendaftaran online ini.

7. Dilarang menggunakan atau menyalah gunakan fasilitas ini untuk tujuan melanggar hukum.

4 dari 4 halaman

Masuk Ragunan pakai kartu apa?

Untuk bisa mengunjungi Ragunan, Anda bisa menggunakan Jakcard. Kartu akses ini bisa dibeli di semua loket Taman Margasatwa Ragunan dengan top up Saldo minimal Rp. 10,000.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan top up di Halte Busway. Bukan hanya Ragunan, Jakcard juga bisa digunakan di Monumen Nasional, Museum Kota Tua dan Transjakarta.

Jam Buka Ragunan

Sama seperti tempat wisata lainnya, Ragunan juga mulai beroperasional pada pagi hari. Bagi yang ingin berkunjung dan masih belum tahu Ragunan buka jam berapa, simak jadwal selengkapnya berikut ini:

1. Sejak pandemi, jam operasional Ragunan dibatasi menjadi pukul 07.00 - 14.30 WIB. Kebun binatang ini buka setiap Selasa-Minggu.

2. Khusus hari libur nasional yang jatuh pada hari Senin, Taman Margasatwa Ragunan tetap dibuka, dan hari libur satwa dialihkan pada hari berikutnya.

3. Per 18 Februari 2022, aturan Ganjil Genap tidak lagi diberlakukan di Ragunan.

Sejak 23 Oktober 2021, Ragunan sudah dibuka untuk umum. Pembukaan tempat wisata ini dilakukan di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2 di DKI Jakarta. Namun, pihak Ragunan kini hanya menerima pengunjung dengan kapasitas 75 persen per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.