Sukses

Mengintip Gedung Serena Williams yang Dibangun Nike Seluas 140 Lapangan Tenis

Nike bangun gedung perkantoran dengan nama Serena Williams sebagai bentuk penghargaan kepada petenis legendaris Amerika Serikat itu.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bentuk penghormatan kepada petenis dunia Serena Williams, Nike membuka gedung perkantoran terbesar di Oregon, Amerika Serikat. Gedung tersebut seluas satu juta kaki persegi atau 92.903 meter persegi atau setara dengan 140 lapaangan tenis.

Gedung Serena Williams (SW) merupakan yang terbesar di Nike World Headquarters. Ini juga tempat tim penciptaan konsumen Nike memiliki akses ke ruang lab seluas 200.000 kaki persegi atau seluas 18.580 meter persegi.

Keberadaan ruang lab itu memungkinkan mereka menguji ide-ide baru dalam mengembangkan, mempresentasikan, dan memperdagangkan produk Nike. Penghuninya menghabiskan hari-hari mereka untuk berkolaborasi dan menciptakan masa depan olahraga. Mereka mengerjakan desain, wawasan konsumen, konstruksi wanita, pria, dan anak-anak, serta merchandise produk pakaian dan alas kaki, dikutip dari News.Nike, Jumat, 29 April 2022.

“Seluruh bangunan membuat Anda terkesima. Setiap elemen, ke mana pun Anda berjalan, adalah kesempatan untuk terinspirasi. Saya berharap gedung ini mendorong orang untuk mengeluarkan yang terbaik dari diri mereka dan untuk bermimpi lebih besar dari yang mungkin mereka perkirakan,” kata Serena Williams.

Tidak ada komitmen Nike untuk memperjuangkan atlet yang lebih kuat daripada melalui investasinya yang tak tertandingi dalam desain dan laboratorium penelitian kelas dunia. SW, dirancang oleh Arsitektur Skylab yang berbasis di Portland bekerja sama dengan Mark Parker, Ketua Eksekutif NIKE, Inc., dibangun di atas warisan Nike dan mengikuti dedikasi yang sama untuk kemajuan.

Ruang khusus di SW terdapat ruang pamer dan ruang kerja seluas 140.000 kaki persegi atau 13 ribu meter persegi, perpustakaan alas kaki, laboratorium warna, dan Olympia Theater berlantai dua dengan 140 kursi yang dinamai sesuai nama putri Serena.

Sementara itu, ruang kerja dikuratori untuk menginspirasi setiap kelompok kerja masing-masing dan diisi dengan cerita tentang atlet, olahraga, inovasi, dan budaya Nike. 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

648 Panel Surya

Ruang imersif dengan proyeksi visual sampul 180 derajat memungkinkan tim Nike memvisualisasikan data dengan cara yang benar-benar baru dan menghidupkan produk dalam skala baru.

Arsitektur telah lama menjadi katalis kreatif bagi Nike. Manifestasi bentuk dan fungsi mengikuti jejak, bangunan ini mewujudkan warisan Serena sebagai kekuatan untuk perubahan positif.  "Ini adalah seni dalam sains LeBron James Innovation Center, yang memungkinkan kami untuk mengenal dan melayani atlet dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya,” kata John Hoke, Chief Design Officer.

Perhatian untuk menciptakan masa depan diimbangi dengan perhatian SW untuk melindungi planet ini. Lebih dari 20 persen SW, yang bersertifikat LEED Platinum, terdiri dari konten daur ulang yang dipanen dan diproduksi secara lokal.

Semua itu dilengkapi dengan 648 panel surya, menambah penghematan biaya energi yang diantisipasi sebesar 41 persen dibandingkan dengan bangunan dasar. Selain itu, bangunan ini terletak di samping lahan basah yang dilindungi federal, dan desainnya melestarikan dan melengkapi lingkungan dengan ribuan spesies tanaman asli.

3 dari 4 halaman

Bocoran dari Serena

Sebelumnya, petenis putri legendaris Amerika Serikat ini rupanya sempat membocorkan rencana besar itu. Proyek tersebut dibangun oleh Nike yang merupakan sponsor sang bintang.

Hal itu diungkapkan Serena dalam sebuah postingan Instagram pribadinya, @serenawilliams, yang menyambut gembira rencana Nike tersebut. “Tahun yang luar biasa, pertama-tama Juara Grand Slam, lalu bayi yang luar biasa dan pernikahan yang penuh keajaiban dan sekarang bagaimana dengan Gedung? Nike baru saja umumkan akan menamai Gedung baru mereka dengan nama saya. Saya merasa tersanjung,” ungkap Serena sebagai keterangan foto.

Serena bukan satu satunya orang dalam dunia olahraga yang namanya didedikasikan oleh Nike. Ada empat kampus yang dibangun Nike, tiga di antaranya dinamai berdasarkan orang-orang yang punya pengaruh besar di olahraga.

Gedung Serena merupakan gedung terbesar dari empat bangunan yang ada. Sementara dua bangunan lainnya akan dinamai Sebastian Coe-peraih dua kali emas Olimpiade cabang lari, dan pelatih timnas basket Amerika, Mike Krzyzewsky.

4 dari 4 halaman

150 Ruang Konferensi

Desain bangunan dimaksudkan untuk fleksibilitas yang memungkinkan perubahan tata letak atau peralatan kantor tanpa konfigurasi ulang arsitektur. Fokus pada pergerakan menghasilkan banyak tangga untuk konektivitas vertikal dan menonjolkan momen kolaborasi, baik formal maupun informal, dikutip dari Forbes.

Dengan 150 ruang konferensi hingga 23 dapur kecil dan "ruang rig" untuk meletakkan proyek di dinding atau ruang istirahat kecil di lorong dan jembatan. Susan Barnes, kepala sekolah Skylab, mengatakan "idenya adalah merancang sebanyak mungkin ruang kolaboratif yang fleksibel".

Dengan sayap yang terhubung, taman luar ruangan di lantai yang berbeda, hanya dapat diakses oleh penghuni gedung. Masing-masing taman bertema berbeda, kebun akan tumbuh seiring waktu dan bisa dijadikan tempat lain bagi karyawan untuk bertemu.

Dari tema ruang utama dan kafe hingga lubang di langit-langit kafetaria yang mengingatkan pada bingkai raket tenis atau lampu yang melacak lokasi kartu as Williams di AS Terbuka. Di dalam serambi utama ada 23 kolom kaca, masing-masing berisi sepotong memorabilia Williams, mewakili 23 kejuaraan besar yang telah dimenangkan Williams.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.