Sukses

9 Pola Makan Ari Lasso untuk Pemulihan Tubuh Usai Sembuh dari Kanker Limfoma

Sembuh dari kanker, Ari Lasso menjalani pola hidup sehat dan berhenti merokok.

Liputan6.com, Jakarta - Ari Lasso dikabarkan bersih dan dinyatakan sembuh dari sel kanker limfoma yang sempat bersarang di tubuhnya. Perjuangan Ari melawan kanker tentu bukan perkara mudah, selama kurang lebih 1 tahun dia berada diambang nasib yang tidak menentu.

Pada pertengahan 2021, mantan vokalis Dewa 19 ini divonis mengidap kanker limfoma yang langka. Hal ini berawal saat Ari hendak syuting untuk lagu terbarunya pada akhir Juli. Dia merasakan sakit di bagian perut.

Namun rasa sakit tersebut berbeda dari yang biasa dirasakan oleh pelantun lagu 'Cinta Sejati' itu. Saat kambuh untuk kedua kalinya, Ari Lasso pun mencoba pergi ke rumah sakit.

Setelah serangkaian tes kesehatan, akhirnya Ari menjalani operasi pembedahan total untuk mengangkat limpa. Hasilnya, pria 49 tahun ini masih harus menjalani pengobatan demi memulihkan tubuhnya setelah menjalani operasi tersebut.

"Jadi ternyata aku akan masih melakukan terapi lanjutan. Melakukan observasi untuk mengetahui apa yang harus dilakukan," terang Ari lewat kanal YouTube miliknya, ARI LASSO TV.

Usai operasi, ayah lima anak ini pun menjalani kemoterapi. Ari mengungkapkan rasa syukur karena kanker limfoma yang bersarang di tubuhnya bisa disembuhkan, dengan berbagai tahap perawatan yang harus dilaluinya. Kini, ia fokus pada pola hidup sehat dan berhenti merokok.

Dia pun juga menjaga pola makan dengan ketat dan sehat demi mendukung pemulihan tubuhnya. Lantas, bagaimana pola makan yang diterapkan Ari setelah operasi kanker? Dilansir dari kanal Youtube ARI LASSO TV dan berbagai sumber lainnya, berikut sembilan pola makan sehat yang dijalani Ari Lasso.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Konsumsi makanan sehat

Mengubah pola makan tentunya harus diiringi dengan mengedepankan menu sehat, mulai dari pemilihan bahan yang lebih sehat seperti makanan alami. Begitu pula dengan proses memasaknya yang juga sehat yaitu dengan cara rebus dan kukus.

"Tidak bisa makan sembarangan lagi. Cukup makan yang terjaga, minum juga begitu," ucapnya.

2. Menghindari gula

Selama menjalani kemoterapi dan pemulihan setelah operasi, Ari Lasso mengurangi konsumsi gula. Sebisa mungkin dia akan menghindari semua bahan makanan yang tinggi gula dan menggantinya dengan menu yang lebih sehat.

"Menerapkan pola makan yang baik, di mana gula harus sangat ditekan," ungkap Ari dalam podcast bersama Daddy Corbuzier.

3. Menghindari nasi

Karena menghindari gula, Ari Lasso pun memilih untuk tidak mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidratnya. Nasi, terutama nasi putih dikenal sebagai salah satu makanan yang tinggi kandungan gula dalam bentuk karbohidrat. Dalam 100 gram nasi terdapat 18,17 gram karbohidrat yang nantinya akan diubah tubuh menjadi gula.

3 dari 4 halaman

4. Konsumsi sayuran rebus

Sayur menjadi asupan penting dalam pemulihan tubuh setelah operasi. Begitu pula dengan Ari yang kini sering mengonsumsi sayur yang beragam seperti buncis, kentang, dan wortel. Supaya lebih sehat, dia mengonsumsi sayuran yang dimasak dengan direbus.

Sayuran rebus lebih mudah dikunyah dan dicerna oleh tubuh. Sayuran ini pun sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menderita masalah kesehatan.

5. Mengonsumsi kentang

Ari ,mengganti asupan karbohidrat dengan kentang. Karena cenderung lebih rendah gula, kentang jadi alternatif saat ingin mengontrol asupan gula pada makanan karena lebih rendah gula. "Gue lagi change (mengubah) ke kentang, yang gulanya tidak lebih tinggi dibandingkan nasi," jelasnya.

6. Perhatikan asupan karbohidrat

Ada beberapa karbohidrat yang mengandung gula tinggi. Apalagi karbohidrat sederhana yang ada pada nasi, pasta, mi, dan makanan olahan lain. Karena itu, Ari cukup memerhatikan asupan karbohidratnya. Selain kentang, shirataki juga bisa jadi sumber karbohidrat yang aman dikonsumsi.

4 dari 4 halaman

7. Sarapan buah

Ari memilih mengonsumsi buah ketika sarapan. Contohnya buah avokad yang kaya lemak tak jenuh. Selain itu ia juga makan pepaya dengan kandungan beta karoten untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ada juga bengkuang yang kaya kandungan antioksidan."Bersyukur bisa sarapan buah segar dibawah cuaca cerah dan indah. Doa saya kalian semua diberikan kesehatan dan sukacita bersama orang-orang tercinta," ujarnya dilansir dari akun Instagram @ari_lasso.

8. Tidak mengonsumsi makanan manis

Selain gula, Ari juga menghindari makanan manis. Usahanya dalam menekan konsumsi gula juga didukung dengan tidak mengonsumsi makanan manis. Gula atau glukosa dapat menjadi pemicu pertumbuhan sel kanker. Tidak heran jika dalam proses pemulihannya, Ari menghindari jenis makanan ini.

9. Mengonsumsi vitamin

Limpa pada dasarnya berguna sebagai penunjang sistem kekebalan tubuh. Setelah limpanya diangkat, Ari mengaku harus membangun sistem imunitas yang baru. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi vitamin.

"Bisa digantikan dengan vitamin. Nanti akan terbentuk pola keseimbangan baru di badan," terang Ari saat menjelaskan dari mana sistem imun terbentuk tanpa adanya limpa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.