Sukses

Stasiun Kereta Tokyo Tak Akan Lagi Sediakan Tempat Sampah, Mengapa?

Pihak stasiun kereta Tokyo Metro akan sesegera mungkin menghilangkan tong sampah dari stasiun tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Selain inovasi, Jepang juga dikenal dengan kebijakan-kebijakan yang cukup menghebohkan. Salah satunya adalah tempat sampah yang akan dihilangkan dari stasiun kereta. Ada apa?

Dikutip dari Soranews24, Selasa (26/4/2022), banyak orang terkejut dengan paradoks Tokyo yang memiliki sangat sedikit sampah, tetapi juga sangat sedikit tempat sampah. Menemukan tong sampah di kota tersebut ke depannya akan kian sulit.

Hal ini dikarenakan Biro Transportasi Metropolitan Tokyo telah mengumumkan bahwa mereka akan menghilangkan semua tempat sampah dari stasiunnya sesegera mungkin. Tong sampah dihilangkan di stasiun Tokyo Metro (jaringan kereta bawah tanah Tokyo lainnya) pada Januari lalu.

Biro tersebut mengatakan bahwa keputusan pihaknya adalah untuk tindakan keamanan. Kebijakan ini akan dirasakan oleh penumpang yang menggunakan jalur kereta bawah tanah Asakusa, Mita, Oedo, dan Shinjuku, serta Nippori-Toneri Liner yang menghubungkan Stasiun Nippori dan Minumadai-shinsuikoen.

"Tidak mungkin bagi staf stasiun untuk terus memantau tempat sampah," kata biro itu dalam sebuah pernyataan.

Pada 2015, stasiun di jalur Asakusa, Mita, Oedo, dan Shinjuku (secara kolektif dikenal sebagai Toei Subway) beralih ke tempat sampah dengan bagian luar plastik bening. Hal ini membuat isi plastik itu dapat dilihat, dan juga memosisikan ulang tong sampah agar dapat selalu terlihat oleh karyawan gerbang tiket.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Segera Hilang

Dengan tidak adanya insiden terkait tempat sampah yang terjadi sejak saat itu, tidak jelas mengapa biro tiba-tiba merasa perlu untuk meningkatkan tindakan pencegahan. Namun, hal yang lebih mudah dilihat adalah manfaat ekonomi bagi Biro Transportasi Metropolitan Tokyo.

Biro tersebut pada 2021 mengatakan telah menghabiskan 100 juta yen atau sekitar Rp11,3 miliar untuk pengumpulan atau pembuangan sampah. Pihak biro memutuskan untuk menghilangkan biaya tersebut.

Kebijakan itu dinilai tak rumit lantaran mayoritas penduduk Jepang punya kebiasaan membawa pulang sampah mereka daripada membuang sampah sembarangan. Karena hal tersebut, mungkin menghilangkan tempat sampah di stasiun bukanlah keputusan yang sulit untuk dibuat.

Di sisi positifnya, kotak daur ulang untuk wadah minuman kosong akan tetap di tempatnya di sebelah mesin penjual otomatis stasiun yang ada di mana-mana. Namun, semua tempat sampah lainnya akan ditiadakan pada 9 Mei 2022 mendatang.

3 dari 4 halaman

Telah Dihilangkan

Dikutip dari Asahi, Selasa, 26 April 2022, pada Februari 2022 lalu, tempat sampah dengan cepat menghilang dari area metropolitan saat operator bergerak untuk membuat fasilitas mereka lebih aman untuk digunakan. Tokyo Metro Co. adalah operator terbaru yang hadir.

Pihaknya meniadakan semua tong sampah dari stasiunnya setelah berakhirnya jam kerja pada 16 Januari 2022. Tiga jenis tempat sampah dulu tersedia, yakni untuk kaleng dan botol kaca, barang-barang yang dapat dibakar, serta koran dan majalah.

Tempat sampah ditempatkan di total 239 tempat di stasiun Metro Tokyo. Namun, tempat sampah daur ulang di samping mesin penjual otomatis akan tetap ada.

Di masa lalu, Tokyo Metro biasanya membuang tempat sampah sementara sebagai tindakan pencegahan keselamatan bertepatan dengan acara seperti pertemuan puncak dan pertemuan internasional. Sekarang, tempat sampah sedang dihilangkan untuk selamanya karena masalah keamanan.

"Benda-benda mencurigakan terdeteksi pada banyak kesempatan di masa lalu," kata perwakilan Tokyo Metro.

Pejabat itu membantah bahwa tujuan dari penghapusan adalah untuk menghemat biaya untuk pemulihan sampah dan pembersihan. Tong sampah menghilang di sejumlah stasiun yang terus bertambah. Baik Tokyu Railways Co. dan Keio Corp. berhenti merawat tempat sampah setelah pengeboman kereta api Madrid pada 2004.

4 dari 4 halaman

Tindak Tegas

Seibu Railway Co., juga, menghilangkan tempat sampah di semua stasiunnya pada Maret tahun lalu. Pihaknya mengeluh bahwa orang semakin membawa sampah dari rumah mereka untuk dibuang di stasiun kereta api.

Faktor lainnya hanyalah masalah kebersihan mengingat jumlah masker yang dipakai sebagai perlindungan terhadap Covid-19 yang ditemukan dibuang di area stasiun. Tobu Railway Co. mengatakan sedang "bergerak untuk membuang" tempat sampah sebagai bagian dari anti-teror dan tindakan lainnya, sementara Odakyu Electric Railway Co. sedang "mempertimbangkan apakah" akan melakukannya.

Operator kereta api secara bersamaan menghilangkan tong sampah mereka setelah serangan gas saraf sarin pada sistem kereta bawah tanah Tokyo pada 1995 oleh sekte hari kiamat Aum Shinrikyo yang akhirnya merenggut 13 nyawa dan membuat ribuan orang sakit. Namun, mereka kemudian dipasang ulang secara bertahap atas permintaan pengguna, menurut kementerian transportasi dan sumber lainnya.

Banyak dari yang baru diperkenalkan kembali tempat yang transparan untuk memudahkan melihat apa yang dibuang. Kementerian menyerukan penghapusan sementara tempat sampah sebagai tindakan keamanan setiap kali serangan teror yang menargetkan jalur kereta api terjadi di luar negeri atau ketika acara internasional diadakan di Jepang.

Tinggal melatih operator untuk memutuskan apakah akan membuat perubahan permanen. East Japan Railway Co. (JR East) belum membuang tong sampah di stasiun. "Kotak sampah dipasang di tempat-tempat di mana staf dapat mengawasinya, jadi kami tidak memiliki rencana untuk memindahkannya," kata seorang pejabat JR East.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.