Sukses

Gandeng UMKM dan Masyarakat Setempat untuk Dukung Perayaan Trisuci Waisak 2022 Di Candi Pawon

Masyarakat sekitar kawasan Candi Pawon juga terlihat antusias menghadiri pesta rakyat yang bersamaan dengan Waisak.

Liputan6.com, Jakarta - Hari raya trisuci Waisak 2566 bertepatan pada Senin 16 Mei 2022. Hari raya agama Buddha tersebut dirayakan untuk mengenang kelahiran dan kematian sang Buddha.

Dalam rangka memperingati Trisuci Waisak, MECCAYA Group kembali mendukung penyelenggaraan kegiatan sosial, budaya dan keagamaan yang diadakan selama dua hari pada tanggal 14 dan 15 Mei 2022 di kawasan Candi Pawon, kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Acara diawali dengan pelaksanaan vaksinasi booster keliling dan bakti sosial bagi masyarakat sekitar kawasan Candi, serta Festival Merti Bumi Karuna. Di momen itu, umat Buddha melakukan upacara pelepasan ikan dan burung bersama dengan masyarakat, serta melangsungkan kegiatan pelestarian alam berupa penanaman pohon dan pembersihan lingkungan di sekitar sungai Progo.

Sedangkan pada tanggal 15 Mei 2022, 1st Annual Borobudur International World Peace & Prosperity Event sukses diselenggarakan sebagai puncak acara. Festival internasional ini diawali dengan doa lintas agama, yang dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai tokoh Indonesia maupun mancanegara, antara lain Kepala staf Presiden, Moeldoko, Dalai Lama dan aktor Hollywood, Steven Seagal yang turut memberikan sambutan melalui video.

Jeffry Yunus, ketua panita penyelenggara, dalam sambutannya menyampaikan “1st Annual Borobudur International World Peace & Prosperity Event ini diadakan dengan harapan agar Candi Pawon dapat menjadi simbol pengingat pentingnya perdamaian dunia, serta upaya bersama untuk memulihkan UMKM setempat agar dapat segera bangkit paska Pandemi Covid-19”

Acara kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan seni budaya nusantara sebagai wujud nyata Bhinneka Tunggal Ika, antara lain Tarian Kinara Kinari dan Tarian Candi Pawon, doa dari 5 tokoh agama, serta peresmian dua prasasti sebagai simbol perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Masyarakat sekitar kawasan Candi Pawon juga terlihat antusias menghadiri pesta rakyat yang diselenggarakan, dan turut menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya, serta memberi dukungan bagi saudara-saudara umat Buddha yang sedang merayakan Trisuci Waisak.

Rangkaian kegiatan ini turut dihadiri perwakilan-perwakilan antara lain President World Peace, Dewan Pertimbangan Presiden RI, Kantor Staff Presiden RI, keraton, raja-raja Nusantara, tokoh agama dan budaya Nusantara, Camat Borobudur, Camat Muntilan, Ketua Umum Walubi, Ketua Permabudhi, serta organisasi dan tokoh nasional dan internasional dari 13 negara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Peranan UMKM

Ricky Surya Prakasa, selalu president director MECCAYA Group, menyampaikan pentingnya mengusung filosofi menciptakan nilai bersama dengan masyarakat setempat atau Creating Shared Values (CSV) dalam menyukseskan kegiatan ini.

“Selain berkolaborasi dengan pemda dan berbagai mitra organisasi, kami juga menggandeng UMKM lokal seperti untuk dapat berkontribusi, antara lain melalui penataan dan dekorasi area festival dengan Payung Nusantara, pementasan tari dan pertunjukan seni oleh sanggar budaya setempat, serta pemberdayaan kerajinan setempat sebagai cenderamata untuk para tamu kehormatan” ujarnya.

Ricky berharap dengan diselenggarakannya 1st Annual Borobudur International World Peace & Prosperity Event, Candi Pawon dan kawasan Borobudur dapat terus terpromosikan sebagai destinasi wisata super prioritas, serta wisata religi bagi umat Buddha di seluruh dunia.

“Melalui ragam kegiatan sosial, budaya dan keagamaan ini, MECCAYA Group berharap dapat mengangkat kembali berbagai tradisi menarik terkait perayaan Trisuci Waisak, serta membangun antusiasme wisatawan lokal dan mancanegara untuk turut berpartisipasi dan merayakan festival ini setiap tahun” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.