Kuliner Jalur Mudik Brebes, Tegal dan Pemalang, Ada Sate Blengong sampai Lontong Dekem

Oleh Henry pada 25 Apr 2022, 17:02 WIB
Diperbarui 25 Apr 2022, 23:05 WIB
Menu Maksi:  Lezattnya Sate Blengong Tegal yang Beda
Perbesar
Menu makan siang ini sungguh tidak saja lezat tapi unik, sate blengong dari Tegal Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Pulang kampung atau mudik di Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran di tahun ini tentu sangat ditunggu-tunggu.  Bakal banyak warga yang mudik Lebaran di tahun ini.

Bagi Anda yang sudah beberapa tahun tidak mudik, Anda mungkin ingin kembali melakukan kebiasan lama. Anda akan pulang ke kampung halaman sambil mencicip berbagai kuliner lezat yang menggugah selera, terutama bagi yang melakukan perjalanan darat.

Tiap wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Tengah, tentu punya hidangan dengan cita rasa khas. Dalam "Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa" yang disusun Kementerian Perhubungan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Polri, Direktorat Jenderal Hubungan Darat, dan Jasa Raharja, ada banyak daerah di Jawa Tengah yang termasuk dalam titik mudik.

Di antaranya adalah Brebes, Tegal dan Pemalang.  Kabupaten Brebes terletak di bagian Utara paling Barat Provinsi Jawa Tengah.

Penduduk Kabupaten Brebes mayoritas menggunakan bahasa Jawa yang yang mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain, biasanya disebut dengan Bahasa Jawa Brebes. Brebes merupakan kabupaten yang cukup luas di Jawa Tengah.

Sebagian besar wilayahnya adalah dataran rendah. Bagian barat daya merupakan dataran tinggi, sedangkan bagian tenggara terdapat pegunungan yang merupakan bagian dari Gunung Slamet. Brebes punya sejumlah kuliner khas yang lezat dan sayang buat dilewatkan.

Salah satunya adalah Sate Blengong. Blengong adalah hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Teksturnya mirip bebek yang memiliki serat, tapi lebih lunak dan lembut saat dikunyah. Menyantap daging blengong akan memberi sensasi baru dari segi tekstur rasa.

Tempat makan yang dianjurkan adalah Kupat Sate Blengong Kasturii. Lokasinya di Jalan KH Hasyim Ashari, Pasar Batang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kuliner Brebes Lainnya

Sate Tegal Kambing Muda
Perbesar
Sate Tegal Kambing Muda. foto: istimewa

Selain itu ada satai kambing muda yang sangat digemari di Brebes. Anda bisa menikmati satai kambing muda di Warung Makan Sate Kambing Muda Pak Jahid. Warung ini berada di Jalan H Muchlas 220, Ketanggungan, Dukuhturi Dua, Dukuhturi, Brebes.

Rumah makan ini menyajikan beragam masakan dari daging kambing. Setiap harinya warung yang telah berusia 25 tahun ini menghabiskan empat ekor kambing, bahkan saat Lebaran bisa mencapai 15-20 ekor kambing per harinya. Menu andalannya adalah Sate Kambing Muda, Sop Kambing Muda dan Gulai Kambing Muda.

Kuliner khas lainnya di Brebes adalah Kupat Glabed. Sepiring hidangan Kupat Glabed asal Brebes biasanya disantap di pagi hari menjelang berangkat kerja

Kupat Glabed sendiri merupakan sajian yang terdiri dari potongan ketupat dan disajikan dengan sayur pepaya muda bersantan yang dicampur dengan potongan daging sapi. Rumah makan yang direkomendasikan adalah Kupat Glabed Sate Blengong Ibu Inah. Lokasinya di Kauman, Brebes dan buka setiap hari dari pukul 15.00 sampai 23.00 WIB.


Kuliner khas Tegal

Cookpad Indonesia Luncurkan Gerakan Berbagi 1000 Tusuk Sate
Perbesar
Sate Kambing Batibul Bang Awi. (Sumber Foto: areamagz.com/Bintang.com)

Beralih ke Tegal. Kota Tegal merupakan salah satu Kota di Provinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah keseluruhan 39,5 km persegi dan terbagi menjadi 4 Kecamatan dan 27 Desa. Kota Tegal memiliki wilayah seluas 39,68 Km persegi atau kurang lebih 3.968 hektare.

Dilihat dari letak geografis, posisi Kota Tegal sangat strategis sebagai penghubung jalur perekonomian lintas nasional dan regional di wilayah Pantai Utara Jawa ( Pantura ). Meski dikenal dengan warung tegal atau warteg yang ada di hampir seluruh wilayah Indonesia, Tegal juga punya makanan khas yang justru belum pernah ditemui di warteg.

Contohnya adalah Sate Kambing Batibul.  Batibul merupakan singkatan dari Bawah Tiga Bulan, artinya dagung kambing yang digunakan berusia di bawah tiga bulan.  Karena memakai daging muda, satai batibul punya rasa yang khas.

Satai kambing ini dibakar dengan dilumuri bumbu racikan khusus, sehingga aromanya jadi lebih harum. Anda bisa mencobanya di rumah makan Sate Kambing Batibul Bang Awi di Jalan Raya Ujungrusi, Adiwerna, Tegal.

Selain itu ada Sauto Tauco. Dalam Sauto rasa yang dominan adalah tauconya yang sekaligus menjadi ciri khas soto Tegal ini. Sauto Tegal konon katanya berasal dari gabungan kata soto dan tauco.

Sehingga sebenarnya Sauto itu adalah soto sama seperti soto-soto dari daerah lain. Tempat yang jadi rekomendasi adalah Sauto Tauco Tegal Sedap Malam. Lokasinya ada di Jalan Raya Talang no. 320, Tegal.


Kuliner Pemalang

Kuliner Pemalang
Perbesar
Nasi grombyang, kuliner khas Pemalang, Jawa Tengah. (dok. Instagram @mosyakur/https://www.instagram.com/p/BqUDxo1l3xE/)

Beralih ke daerah lainnya di Jawa Tengah yaitu Pemalang. Kabupaten Pemalang terdiri atas 14 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Pemalang. Pemalang juga piunya berbagai makanan khas yang tak kalah menarik.

Ada Nasi Grombyang yaitu sejenis nasi campur. Nasui ini merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang. Anda bisa mencobanyaj di warung Nasi Grombyang di Jalan LRE Martadinata, Kelurahan Pelutan, Pemalang.  Lalu ada juga Sate Loso. Kalau satai biasanya memanfaatkan daging sapi, kambing ataupun juga ayam, kuliner dari Pemalang ini menggunakan daging kerbau.

Bumbunya ada dua macam, bumbu kacang dan juga bumbu satai. Uniknya, satai ini biasanya disajikan bersama dengan sup yang berisi tulang muda, urat dan juga taoge. Rekomendasi tempat makannya adalah Sate Loso Khas Pemalang (Sate Kerbau). Tempatnya berada di Jalan Urip Sumoharjo No. 327, Pelutan, Pemalang. Rumah makan ini buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

Terakhir, ada Lontong Dekem.  Kuliner khas Pemalang ini tidak kalah enak dengan yang kuliner lainnya. Makanan ini merupakan lontong yang dipadukan dengan satai khas dekem.

Anda bisa mencobanya di warung Lontong Dekem Pak Dradjat. Tempatnya di Jalan Mochtar, Kebondalem, Pemalang, Jawa Tengah. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 sampai 22.00 WIB.

Infografis journal_Persiapan Mudik Lebaran 2022
Perbesar
Persiapan Mudik Lebaran 2022
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya