Sukses

Somasi Andhika Kangen Band untuk Tri Suaka dan Zidan serta Permintaan Maaf

Andika Kangen Band somasi Tri Suaka dan Zinidin Zidan akibat aksi parodi yang mereka lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Kuasa hukum Andika Kangen Band, Mario Andreansyah dan Wayan Saka mengungkapkan bahwa kliennya merasa dilecehkan atas aksi parodi Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Keduanya pun sudah mengucapkan permintaan maaf.

Tri dan Zinidin sempat memarodikan Andhika Mahesa saat menyanyikan lagu 'Penantian yang Tertunda'. Karena dinilai melecehkan, Andhika pun melayangkan somasi kepada dua penyanyi itu.

"Terkait dengan klarifikasi atau berita-berita yang sedang viral, kami dari kuasa hukum saudara Andika Kangen Band menyampaikan somasi terbuka terhadap saudara Tri Suaka atas viralnya parodi-parodi yang sedang beredar saat ini," ujar Mario Andreansyah dalam video yang beredar dan juga diunggah di kanal YouTube Citra Selebriti.

"Dalam video itu mereka menyanyikan dengan gestur tubuh yang melecehkan, mengolok-olok dan sambil tertawa-tawa. Jadi itu membuat seolah melecehkan klien kami," sambung Wayan Saka. Karena parodi itu, Andika pun merasa mengalami kerugian secara material, maupun non-material. Bahkan disebutnya bahwa produktivitas Kangen Band jadi terganggu gara-gara kasus ini.

"Klien kami sangat merasa dirugikan baik dari materiil dan immaterial atas perbuatan saudara TS dan ZZ. Atas perbuatan mereka, sangat mengganggu dan mengusik ketenangan klien kami dalam membuat video dan lagu baru 'Cinta Mati 2'," ujar kuasa hukum.

Andika melalui kuasa hukumnya pun memberi waktu tiga kali 24 jam kepada Tri Suaka dan Zidan untuk meminta maaf kepada Andika Mahesa melalui sejumlah media.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Permintaan Maaf

Tri Suaka pun menyampaikan permohonan maafnya kepada Andika Mahesa melalui media sosial. Hal itu karena banyaknya hujatan yang dilancarkan kepada Tri dan desakan permintaan dari Andika.

"Saya Tri Suaka, dengan adanya video ini saya ingin meminta maaf dengan bang Andika Kangen band dan juga Kangen band khususnya, dan juga buat Bang Rizal Armada, dengan adanya video Tri memparodikan gaya bernyanyi," ujar Tri Suaka di awal videonya.

"Semoga saja dengan adanya video ini, abang-abang memaafkan kesalahan Tri. Mungkin Tri waktu itu tidak tahu kalau itu bisa menyindir perasaan. Tapi InsyaAllah Tri tidak ada keinginan buat mengejek ataupun berniat buruk di konten itu karena itu juga yang merekam orang. Tri InsyaAllah dalam hati enggak ada keinginan menyinggung," tuturnya menyambung.

Tri juga respect sama karya-karyanya Andika. "Semoga dengan adanya video ini Abang memaafkan kesalahan Tri. Juga buat fans Kangen Band, siapa pun yang melihat video ini, maafkan kesalahan saya. Semoga ini menjadi pelajaran buat saya pribadi," Tri menambahkan.

3 dari 5 halaman

Promosikan Tri Suaka

Jauh sebelum masalah ini muncul, terungkap bahwa Andika Kangen Band justru menunjukkan sikap sebaliknya. Ia pernah menyanjung Tri Suaka dan mempromosikannya ke beberapa orang temannya.

"Jadi inget, gw itu tau ada band namanya Trisuaka itu dari @babang_andikamahesa malahan...Waktu itu lagi di jalan mau ke Semarang bulan puasa tahun lalu, dim rangka main ke rumah dek @juanzerlinda. Dan mbak @riris.amara," tulis akun @nickosalasa yang diunggah ulang oleh Andika Kangen Band pada Senin (25/4/2022).

Tak hanya mengenalkan Tri Suaka, Andika Kangen Band juga menyebut bahwa Tri Suaka adalah anak muda yang kreatif dan sedang naik daun.

"Bang Dika bilang: Ko, lu tau Trisuaka gk? Lah gw yg gk uptodate ini malah bilang: Apaan tuh? Komunitas Pencinta hewan? (Karena ada suaka2 nya gw pikir berbau2 alam gitu, hehehe... Maaf...)," cerita akun tersebut.

4 dari 5 halaman

Puji Tri Suaka

"Kata bang Dika: Bukan, ini anak2 muda kreatif lagi naik daun.. Coba deh liat di Youtube, keren2 loh..Waktu itu skip karena lagi di mobil buru2...," sambungnya.  

Akhirnya, baru kali ini lah ia tahu Tri Suaka karena masalah yang sedang hangat dibicarakan itu. Kendati demikian, ia berharap agar masalah Tri Suaka dengan Andika Kangen Band itu bisa selesai dengan baik dan jadi pelajaran.

"Eh, barang mah gw baru tau kemaren, oooh itu toh... Yowislah... Mudah2an bisa ambil hikmahnya...," tutupnya.

Tri Suaka mengukapkan bahwa ternyata video tersebut hanyalah rekaman dari live streaming di media sosial. Kala itu, Tri yang sedang bersama Zidan menanggapi challenge alias tantangan dari warganet.

5 dari 5 halaman

Live Streaming

"Itu video empat bulan yang lalu, lah. Sudah lama... Proses mau naik kelas, lah positive thinking-nya. Itu enggak ada angin enggak ada hujan tahu-tahu naik konten kayak gini," ungkap Tri Suaka saat berbicara dengan Ian Kasela di telepon.

"Itu lagi live, bang. Itu challenge mengikuti gaya penyanyi. Salah satunya Andika...," sambung Tri Suaka.

Dalam sebuah kesempatan, Ian Kasela mengungkapkan, "Harusnya enggak berani macam-macam dengan abangnya, seniornya, secara etika, secara sopan santun enggak bagus. Gua yakin, Tri juga, gua setelah bertemu sama dia, Tri Suaka secara pribadi jauh dari hal begini yang berani melecehkan orang, kayaknya enggak, deh," sambung Ian Kasela.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.