Sukses

Perubahan Iklim Hantam Produksi Beras, Jangan Buang Makanan Sia-Sia

Bagaimana perubahan iklim bisa menghantam produksi beras di dunia?

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan iklim berdampak pada produksi dan perdagangan beras. Oleh karena itu, penting untuk mengubah kebiasaan membuang makanan sia-sia karena semua itu berharga.

Pemborosan makanan terlah menjadi masalah selama beberapa tahun terakhir, termasuk di Singapura. Pada 2021, negeri singa menghasilkan 817.000 ton limbah makanan, melonjak dari 665.000 ton pada 2020, menurut data yang dirilis oleh Badan Lingkungan Nasional minggu ini. Padahal, negara itu berambisi untuk menjadi negara dengan zero-waste alias nol sampah. D

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat (22/4/2022), terlepas dari kampanye bertahun-tahun, publik butuh lebih banyak edukasi, kata Profesor Paul Teng, Ajun Senior Fellow (Ketahanan Pangan) di S Rajaratnam School of International Studies. "Teknik penghematan yang diusulkan sudah dikenal dan diluncurkan – beli dan masak hanya apa yang Anda butuhkan, kurangi ukuran porsi, dan seterusnya. Tapi perubahan pola pikir masih belum meluas."

Sementara itu, David Chen, salah satu pendiri Golden Sunland, sebuah perusahaan beras lokal, setuju bahwa “pola pikir belum ada”, terutama untuk beras. "Seringkali, komunikasi kita tentang sisa makanan terkait dengan nilai makanan. Sangat sulit untuk beras karena beras itu murah, dalam hitungan dolar dan sen."

"Anda masih mendengar (orangtuamu) menyuruhmu menghabiskan bahan-bahannya, biarkan nasinya saja. Itu diteruskan."

Dia beralasan konsumen 'terlepas' dari mana beras berasal dan siapa yang menanamnya, padahal koneksi dapat dibentuk dengan membiarkan mereka menanamnya sendiri. Ia berkata, ketika konsumen dididik, mereka akan tahu bahwa sepiring nasi bukan hanya satu dolar yang mereka bayar, tetapi juga penjumlahan dari emisi air dan karbon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program Menanam Padi

Itulah sebabnya perusahaan saat ini mengadakan program menanam padi, dengan harapan dapat memperluasnya lebih jauh. "Anda ingin mengembangkan dan menanamkan pola pikir pada generasi berikutnya, dan karena sekolah adalah tempat mereka menghabiskan sebagian besar hari-hari mereka, tampaknya tempat paling logis untuk memulai percakapan ini."

"Hal yang menarik adalah kesuksesan tidak harus memiliki dampak … dan memberi mereka pelajaran kehidupan nyata tentang pengalaman yang dialami produsen makanan Anda setiap hari saat mereka menyediakannya untuk kami," kata Chen.

Cara Kurangi Sampah Beras

1. Beli hanya apa yang Anda butuhkan

Rumah tangga yang tidak banyak mengonsumsi beras dapat mempertimbangkan untuk membeli beras dalam jumlah yang lebih sedikit, kata Badan Pangan Singapura (SFA). Misalnya, rumah tangga dua orang yang jarang memasak nasi dapat membeli beras 1 kg bungkus, bukan 5 kg atau 10 kg karung.

Buka bungkus beras hanya saat Anda perlu, dan jangan membuka banyak bungkus sekaligus. Anda juga harus mencoba menghabiskan sekantung beras dalam waktu sebulan.

2. Simpan Beras dengan Benar

Meski beras memiliki masa simpan yang lama, Anda tetap harus menyimpannya dengan benar – idealnya dalam wadah tertutup rapat di tempat kering yang sejuk. Setelah stok beras yang ada habis, cuci dan keringkan wadahnya sebelum diisi kembali dengan beras yang baru.

3 dari 4 halaman

3. Hati-Hati dengan Beras Merah

Perlu dicatat bahwa beras merah memiliki umur simpan yang lebih pendek daripada beras putih, kata Tong Seng Produce (TSP), yang mendistribusikan beberapa merek beras.

"Yang membuat beras merah tidak hanya lebih bergizi daripada nasi putih, tetapi juga ekstra pedas dan gurih, adalah masih menempelnya dedak dan kumannya, yang mengandung minyak yang kaya akan lemak baik dan tak jenuh."

Minyak ini bisa menyebabkan beras merah lebih cepat busuk daripada beras putih. Untuk menghindari hal ini, seseorang harus membeli dalam jumlah yang lebih kecil, katanya.

Idealnya beras disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Jika disimpan dalam wadah kedap udara, itu bisa tetap baik selama sekitar enam hingga sembilan bulan, tambah TSP.

 

4 dari 4 halaman

4. Waspada Kutu Beras

Anda juga harus secara teratur memeriksa beras Anda untuk memastikan kutu kecil, yang dikenal sebagai kutu beras, tidak ada.

"Keberadaan kumbang penggerek dapat diidentifikasi melalui tanda-tanda seperti lubang bundar di biji-bijian beras, dan peningkatan tingkat kelembaban di mana biji-bijian mungkin terasa lembab," kata SFA.

5. Gunakan sisa makanan untuk buat makanan baru

Hanwell Holdings, yang mendistribusikan nasi Royal Umbrella, juga merekomendasikan beberapa cara untuk menggunakan nasi sisa. Seseorang dapat menggunakannya untuk membuat arancini yang digoreng, yakni bola nasi Italia isi yang dilapisi dengan remah roti. Resep lainnya termasuk menggunakannya untuk nasi goreng, atau sebagai roti nasi untuk burger nasi Jepang.

Anda juga dapat mencoba menggunakan nasi sisa untuk membentuk kulit pizza, atau memasukkannya ke dalam puding mangga, menurut resep yang disumbangkan oleh rumah tangga setempat untuk panduan memotong sisa makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.