Sukses

Rangkaian Mi Instan Gantikan Karangan Bunga saat Pemakaman di Thailand

Kehadiran karangan bunga digantikan ratusan bungkus mi instan yang dirangkai mirip karangan untuk menghormati pemakaman di sebuah kuil di Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi tradisi mengirimkan karangan bunga kepada keluarga atau kolega yang ditinggalkan orang terkasih selama-lamanya. Namun, pemandangan berbeda kali ini terjadi di Thailand.

Alih-alih karangan bunga, mi instan dirangkai menjadi karangan untuk menghormati pemakaman secara tidak biasa. Peristiwa itu terjadi di sebuah kuil di Provinsi Phitsanulok, Thailand utara, dilansir dari The Thaiger, Kamis, 21 April 2022.

Dalam pajangan yang megah, ratusan bungkus mi Mama dan makanan kering lainnya ditata layaknya karangan bunga. Mi instan yang ditata apik itu diletakkan sekitar peti mati mendiang.

Prabhali Konghoon meninggal dunia dengan tenang pada usia 68 tahun. Semasa hidup, rupanya lelaki itu memiliki keinginan unik untuk pemakamannya yang akhirnya diwujudkan oleh kerabatnya, kemarin, di Kuil Wat Ban Pa di Distrik Mueang.

Ia meminta dibuatkan pemakaman unik kepada kerabatnya. Prabhali tidak ingin mereka menghabiskan uang untuk membeli bunga segar yang akan dibuang setelah pemakaman.

Dia justru meminta mereka untuk membelanjakan uangnya untuk sesuatu yang akan berguna setelah pemakaman selesai. Salah satunya mi instan.

Lebih dari 500 bungkus mi instan, 400 cangkir mie instan, 20 karton susu, bungkus cokelat panas milo, gulungan tisu toilet, botol minyak goreng, dan kecap ikan, disusun seperti karangan bunga. Selanjutnya, makanan dan minuman tersebut diikat dengan pita dan ditempatkan di sekitar "rumah" Prabhali, yakni peti mati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disumbangkan

Setelah pemakaman selesai, semua perbekalan yang telah dibeli itu disumbangkan ke panti asuhan dan panti jompo yang membutuhkan. Kerabat Prabhali mengatakan bahwa mereka menghabiskan jumlah uang yang sama untuk membeli mi dan makanan kering seperti yang mereka belanjakan untuk bunga segar.

Selain dekorasi, pemakaman tersebut menampilkan semua kebiasaan umum pemakaman umat Buddha di Thailand. Salah satunya seperti nyanyian dari para biksu.

Selama ini, bunga seperti tak bisa lepas dari prosesi pemakaman di Thailand. Ada orang yang orang yang menaruh bunga cendana untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum.

Ada juga yang membawa bunga hydrangea. Bunga Hydrangea diketahui melambangkan rasa syukur, rahmat dan keindahan. Warnanya melambangkan cinta, harmoni, dan kedamaian.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Disukai Masyarakat

Tak hanya di Indonesia, masyarakat Thailand juga menyukai mi instan. Dilansir dari berbagai sumber, di Thailand terdapat sebuah restoran bernama Good Noodle yang ramai didatangi para turis dari berbagai negara, yang terdapat di sebuah swalayan.

Keberadaan Good Noodle terbilang unik, karena di kota yang terkenal dengan masakannya yang lezat, restoran ini secara eksklusif menyajikan mi instan. Di restoran ini pengunjung dapat menikmati mi dari harga yang paling murah hingga premium.

Restoran ini bahkan tak tanggung-tanggung menyajikan sebanyak 70 jenis mi dari berbagai negara yang sediakan di rak-rak. Sebut saja beberapa mi instan dari Thailand, China, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, tak terkecuali Indonesia.

Para pembeli bebas memilih rasa sesuai selera mereka, memasak, hingga menyantapnya secara langsung di restoran itu.  Mereka juga dapat mencoba berbagai jenis mi dengan harga terjangkau.

Selain itu, daripada harus membeli bahan tambahan dalam porsi penuh, Good Noodle Bangkok menyiapkan porsi ukuran individual yang dapat mereka pilih. Setelah pembeli memutuskan jenis mi yang dipilih, mereka dapat membayar per bungkus.

4 dari 4 halaman

Sesuai Keinginan

Untuk melengkapi kenikmatan menyantap mi, para pembeli juga bisa menambahkan taburan topping, seperti kol, jamur, udang, keju parut, telur rebus, dan banyak lagi yang lain. Kehadiran swalayan tersebut rupanya mendapat sambutan hangat dari masyarakat Thailand. Keberadaan Good Noodle tersebut menjadikan lokasi itu sebagai surganya mi instan.

Mi memang selalu menggoda banyak orang. Selain di Good Noodle,  Thailand juga memiliki Pad Thai. Pad Thai merupakan makanan  Thailand sejenis mi goreng.

Cara memasaknya, mi ini  dicampur dengan udang, tauge, tahu, dan campuran telur dengan dibumbui minyak ikan, gula aren, cabai, jeruk nipis, dan sedikit kacang tanah. Makanan ini banyak dijumpai di kedai-kedai pinggir jalan maupun di restoran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.