Sukses

Jadi Wanita Pemimpin, Ini Cara Maria Magdalena Bekerja di Lingkungan yang Inklusif

Posisi yang dilakoninya dituntut untuk mampu menciptakan 'nilai' perusahaan, agar dapat disepakati sebagai salah satu budaya perusahaan (inklusif).

Liputan6.com, Jakarta Ketika bicara tentang kepemimpinan dalam bekerja, penekanan ciri dan isu maskulin dan feminin tak lagi ditonjolkan. Kini sejumlah lembaga bahkan perusahaan mulai menciptakan industri profesional dengan lingkungan inklusif yang mengedepankan keadilan gender. 

Salah satu perusahaan yang mendukung inklusivitas adalah FWD Insurance, tempat Maria Magdalena bekerja sebagai Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan. Peran Maria dalam posisi ini bisa dibilang berpengaruh besar terhadap perusahaan. 

Itu karena posisi yang dilakoninya dituntut untuk mampu menciptakan 'nilai' perusahaan, agar dapat disepakati sebagai salah satu budaya perusahaan (inklusif). Tentunya budaya 'patuh' ini menjadi faktor penentu keberhasilan, bukan hanya bagi Maria secara khusus, tapi juga bagi FWD sebagai perusahaan asuransi. 

"Di dalam perusahaan, FWD Insurance mendukung inklusivitas yang penuh dengan wanita kuat dan memiliki kehidupan mereka serta hidup secara maksimal. Kami menciptakan budaya yang beragam dan inklusif, di mana semua orang dapat dihargai karena keunikannya dan membawa yang terbaik," ujar Maria. 

Dalam rangka mendukung semangat inklusivitas ini, FWD Insurance menghadirkan tiga program unggulan untuk menginspirasi perempuan agar lebih berani. Tiga program yang mengandung misi pemberdayaan perempuan itu adalah HERoic, Leaders from Within, dan juga FWD Bebas Berbagi. 

Melalui nilai-nilai kepemimpinan, literasi keuangan, serta nilai lainnya, perempuan dipersiapkan menjadi sosok yang lebih kuat dan keluar dari stereotip yang tumbuh sekian lama di tengah masyarakat. 

"Dari sini, kami ingin membantu mereka agar memiliki pandangan yang lebih baik terhadap asuransi sebagai alat untuk membantu mereka dalam pengelolaan keuangan serta metode untuk manajemen stres, sehingga setiap perempuan, bahkan setiap orang dapat menjalani kehidupan yang lebih membuat mereka bisa bebas melangkah," jelas Maria. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membuka Ruang untuk Bertukar Gagasan

FWD Insurance bahwa setiap perempuan dapat bebas melangkah dan berani berani mewujudkan versi mereka sendiri dalam merayakan kehidupan. Salah satunya adalah program HERoic. 

Program yang berjalan sekitar dua tahun ini didesain untuk membekali perempuan-perempuan muda Indonesia di FWD Insurance, agar dapat berkarya dan berkontribusi terhadap gerakan-gerakan kesetaraan gender di Indonesia. 

Tahun ini, fokus utama HERoic untuk penguatan aliansi bersama para alumni HERoic 2021. Program lainnya yang dijalankan adalah kolaborasi FWD Insurance dengan Plan International Indonesia, organisasi nirlaba yang memiliki misi besar terhadap pemberdayaan perempuan, yang melahirkan program Girls Leadership Academy (GLA) ‘batch 2’.

Maria menjelaskan, dalam kolaborasi tersebut, sembilan orang alumni dari program HERoic turut serta menjadi youth mentor bagi 50 perempuan muda peserta GLA ‘batch 2’. 

"Tugas mentor ini antara lain mendampingi proses belajar dan diskusi peserta, menjadi teman bertumbuh dalam proses mentoring group, serta mendampingi proses pembuatan dan eksekusi project social campaign peserta," katanya. 

Selain HERoic, FWD Insurance kembali melanjutkan Program FWD Bebas Berbagi yang dimulai bulan ini atau bertepatan dengan Hari Kartini. Program literasi keuangan ini menargetkan berbagai kalangan, mulai dari kaum muda, pengusaha atau UMKM, dan penyandang disabilitas. 

"Kami percaya bahwa inklusivitas dan keberagaman akan membantu kami memahami nasabah dengan lebih baik karena mereka juga memiliki beragam kebutuhan dalam hal perlindungan. Kami ingin menginspirasi para perempuan Indonesia untuk terus berani memilih jalan yang dia inginkan, baik itu menjadi seorang career woman, working mother, dan leader di mana pun mereka berada," ungkap Maria. 

Dengan adanya program ini, FWD Insurance ingin agar perempuan hebat diluar sana dapat memperjuangkan emansipasi wanita dan kesetaraan gender. Tujuannya tak lagi agar perempuan Indonesia dapat terus merayakan hidup (celebrate living) dan dapat memegang kendali penuh atas hidup mereka. 

3 dari 4 halaman

Berani Pilih Jalan yang Diinginkan Tanpa Khawatir

FWD Insurance percaya bahwa inklusivitas dan keberagaman akan membantunya lebih memahami nasabah yang juga memiliki beragam kebutuhan dalam hal perlindungan. 

Maria menjelaskan, sejalan dengan visi perusahaan mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi, FWD Insurance pun fokus memberikan fresh customer experience. Maria percaya bahwa asuransi adalah source of empowerment yang memungkinkan untuk bisa celebrate living dan menjalani passion tanpa rasa khawatir risiko keuangan yang bisa timbul akibat hal tak terduga dalam hidup.

"Maka dari itu, fokus kami adalah mengembangkan pengalaman berasuransi yang menyenangkan dengan menghadirkan produk-produk yang mudah dipahami, mudah dibeli, dan mudah dalam klaim serta didukung oleh teknologi digital," katanya. 

FWD Insurance pun mempermudah akses nasabah dalam membeli produk perlindungan sesuai dengan cara yang mereka inginkan. Caranya melalui kanal digital, seperti website fwd.co.id. 

Selain itu, FWD Insurance juga memperluas akses pembelian produk melalui kolaborasi dengan aggregator atau insurtech seperti Traveloka, Pasar Polis dan LifePal, dengan dukungan dari pialang asuransi. Tak hanya  melalui jalur eCommerce, nasabah juga bisa mendapatkan produk FWD Insurance melalui jalur keagenan, bancassurance dan corporate care.

Dengan semangat ini,  FWD Insurance juga menggelar berbagai kampanye yang turut menyampaikan pesan yang sama. Di antaranya kampanye undian berhadiah yakni #ProteksiOn Lucky Draw bertajuk ‘Proteksi On, Passion On’ pada 2021 yang menyampaikan pesan mengenai pentingnya memiliki perlindungan asuransi agar masyarakat bisa bebaskan langkah berani jalani passion tanpa rasa khawatir karena memahami bahwa FWD Insurance selalu hadir memberi dukungan. 

Beberapa kampanye lain yang dijalankan adalah Everyday Heroes. Maria mengatakan, di awal 2021 kampanye ini mendorong setiap orang untuk menjadi pahlawan dalam hidup mereka, dengan berani membuat keputusan dalam hidup. FWD Insurance pun memampukan nasabah untuk berani melangkah dengan peace of mind karena sudah terlindungi. 

Kemudian pada 2019, FWD Insurance meluncurkan kampanye video literasi berjudul ‘Malin Kondang’ yang menyuarakan pesan mengenai manfaat memiliki asuransi yang dikemas dalam bentuk menarik, mengambil cerita rakyat ‘Malin Kundang sebagai latar belakang. 

"Di tahun yang sama, kami juga memiliki kampanye FWD #UnstoppablePassion, sebuah kampanye yang bertujuan mendukung nasabah mengejar passion mereka dan celebrate living dengan program Unstoppable Music dan Unstoppable Cities," kata Maria. 

4 dari 4 halaman

Perkuat Ekosistem Digital

FWD Insurance tak pernah berhenti memberi kemudahan kepada para nasabahnya. Menjadi hal yang wajib, FWD Insurance, FWD Insurance pun memperkuat ekosistem digital, seperti menghadirkan layanan WhatsApp yang dapat diakses 24 jam/7hari secara real time. 

Juga ada FWD MAX yang merupakan one stop insurance solution application dengan beragam fitur yang memberikan kemudahan bagi nasabah serta layanan chatbot bernama ‘Fi’, untuk membantu menjawab pertanyaan dari nasabah terkait asuransi. 

"Dengan proses yang lebih sederhana, mudah dan cepat karena FWD MAX dapat diakses 24 jam/7 hari secara real-time melalui website fwd.co.id. Saat ini, Fi chatbot memiliki fitur baru yang memudahkan nasabah untuk terhubung dengan agen," jelas Maria. 

Nah, berkat beragam inovasi layanan yang dimiliki, FWD Insurance pun berhasil meraih penghargaan Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) pada awal Maret 2022, untuk FWD Call Center dengan kategori Call Center Life & Health Insurance. 

"Penghargaan ini menunjukkan komitmen kami untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah yang sejalan dengan visi perusahaan untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi," tutup Maria. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.